Pilkada   2024/03/20 23:59 WIB

BARAJP Tentukan Sikap untuk Dukung Muflihun Maju Wali Kota Pekanbaru 2024-2029

BARAJP Tentukan Sikap untuk Dukung Muflihun Maju Wali Kota Pekanbaru 2024-2029
Ir. Marganda Simamora SH M.Si, Ketua DPD BaraJP Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara-JP) mulai membicarakan Pemiilihan Kepala Daerah [Pilkada] Pekanbaru yang akan digelar pada November 2024.

"Selain figur petahana, sejumlah sosok juga sudah mulai menampakkan diri ke publik yang juga masuk radar perbincangan para pemuda di Kota Pekanbaru."

“Kita tahu bulan November 2024 ini akan digelar Pilkada Pekanbaru, kita mau ada perubahanlah di kota ini, sudah lama saya rasa tidak ada perubahan yang signifikan di kota ini," kata Ir. Marganda Simamora SH M.Si, Ketua DPD BaraJP Riau dalam pernyataannya tadi Kamis (20/3/2024).

Marganda Simamora menuturkan, di Kota Pekanbaru setiap Pilkada jarang melibat aktifkan anak-anak muda, anak muda hanya dianggap sebagai objek aja.

“Kami menilai selama ini kami dianggap sebagai objek politik bukan subjek, jadi kami mau Pilkada 2024 ini kami melakukan gerakan bersama," ucap Marganda Simamora yang juga Aktivis Salamba ini.

Pemuda di BaraJP sebagai organisasi atau Ormas Politik tidak memungkiri mendukung Muflihun, S.STP., M.AP yang kini menjabat sebagai Pj Walikota Pekanbaru maju dalam kontestasi Pilwako 2024. 

"Beliau juga kader PDI Perjuangan yang turut mewarnai eksekutif dan legislatif," ujar Marganda.

Jadi hasil keputusan DPD BaraJP Riau hingga Pengurus Anak Cabang (PAC), mendukung Muflihun yang juga salah satu kader PDI Perjuangan maju sebagai Calon Walikota Pekanbaru 2024-2029. 

"Yang penting itu keluarga besar PDI Perjuangan. Yang maju Cawako kami dorong, dan kami kerahkan untuk mendukung, sebagai mesin penggerak politik. Agar kader yang maju bisa jadi dan terlantik," ucapnya.

"Kami juga melihat kader [Muflihun] berpotensi dan memiliki kapabilitas serta kapasitas untuk menjadi Calon Walikota Pekabaru. Itu baru kami dorong, Tapi sampai saat ini memang belum ada deklarasi yang maju untuk Cawako," ujarnya.

Muflihun adalah birokrat Indonesia yang menjadi Penjabat Wali Kota Pekanbaru sejak 2022 hingga diperpanjang kembali jabatannya mulai tanggal 23 Mei 2023 hingga akhir masa jabatan 2024.

Ia adalah mantan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau pada 2020-2022.

Muflihun, S.STP., M.AP. adalah birokrat Indonesia yang menjadi Penjabat Wali Kota Pekanbaru. Ia adalah mantan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau pada 2020-2022, putera kelahiran Pekanbaru:

Kelahiran: 22 Februari 1978 (usia 46 tahun)
Anak: Nabilah Juliani Putri Almer Meizaki Putri
Istri: Raja Rilla Mustafa

Muflihun termasuk tokoh yang populer di Kota Bertuah sejak dirinya menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wako Pekanbaru pada tahun 2022.

Setahun menjabat, di 2023, jabatan Muflihun sebagai Pj Wako Pekanbaru diperpanjang hingga kini.

Muflihun pernah menduduki jabatan cukup penting, diantaranya Camat Kuantan Mudik, Camat Sail dan Camat Sukajadi Kota Pekanbaru, Kabag Persidangan dan Produk Hukum hingga Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru.

Pria kelahiran asli Kota Pekanbaru pada 22 Februari 1978 ini juga menjalani pendidikan SD hingga SMA di Pekanbaru lalu diterima di Sekolah Tinggi Pemerintah Dalam Negeri (STPDN) dan lulus pada tahun 2000.

Muflihun lalu melanjutkan S2 di Universitas Wijaya Putra dengan konsentrasi Magister Administrasi Publik.

Muflihun menikah dengan Raja Rilla dan memiliki dua anak, yaitu Nabilah Juliani Putri dan Almer Meizaki Putra.

Berikut posisi yang pernah dijabat Muflihun :

  • Camat Kuantan Mudik (2002)
  • Kepala Sub Bagian Kelembagaan Sub Bagian Kelembagaan (2003)
  • Kepala Subbag Otonomi Daerah Subbag. Otonomi Daerah (2005)
  • Sekretaris Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru (2005)
  • Camat Sail Kota Pekanbaru (2006)
  • Camat Sukajadi Kota Pekanbaru (2011)
  • Kepala Bagian Persidangan Dan Produk Hukum Bagian Persidangan Dan Produk Hukum (2013)
  • Kepala Bagian Persidangan Dan Produk Hukum Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau (2016).
  • Plt Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (2020).
  • Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau (2020)
  • Penjabat Wali kota Pekanbaru (2022-2023), (2023-).

(*)

Tags : Barisan Relawan Jokowi Presiden, Bara JP Dukung Muflihun Maju Wali Kota Pekanbaru, Pilkada 2024-2029, Bara JP Tentukan Sikap Dukung Muflihun ,