Kampar   2021/01/31 17:2 WIB

Diskes Kampar Akui Hanya Beberapa Pejabat yang Hadiri Disuntik Vaksin Kedua

Diskes Kampar Akui Hanya Beberapa Pejabat yang Hadiri Disuntik Vaksin Kedua
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedi Sambudi

KAMPAR - Forkopimda di Kampar bersama sejumlah para tokoh masyarakat kembali dijadwalkan untuk suntik vaksin dosis kedua hari ini, Jumat 29 Januari 2021 kemarin. Vaksinasi ini dilakukan di Puskesmas Kuok. Ada 15 orang yang terdiri dari Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat yang dijadwalkan melakukan vaksinasi.

Sebelumnya kegiatan vaksinasi yang dijadwalkan dilakukan kegiatan vaksinasi periode kedua untuk Forkopimda dan tokoh masyarakat.adalah:

  1. Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto
  2. Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal
  3. Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid
  4. Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga
  5. Danyon 132/BS Mayor Inf M Syafii Nasution
  6. Kejari Kampar, Suhendri
  7. Ketua PN Bangkinang Riska Widiana
  8. Sekda Kampar Yusri
  9. Ketua Komisi II DPRD Kampar Zumrotun
  10. Dirut RSUD Asmara Fitra Abadi
  11. Kalaksa BPBD Kampar Afrudin Amga
  12. Kemenag Kampar Alfian
  13. Ketua MUI Mawardi Muhammad Saleh
  14. Kasi Promosi Dinas Kesehatan Kampar Ejon Asmanto
  15. Wakil Sekretaris PMI Nurzammi

Dari pantauan, saat dilakukan proses vaksinasi, banyak Forkopimda tidak hadir. Hanya beberapa orang saja yang hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Tidak seperti tahap pertama yang lalu, kegiatan vaksinasi yang dilakukan tidak seramai pada tahap pertama vaksinasi, yang dihadiri banyak Forkopimda.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedy Sambudi menuturkan pada tahap dua ini ada sejumlah Forkopimda tidak hadir. Alasan ketidakhadiran ini di antaranya karena tidak dapat divaksin karena adanya penyakit bawaan atau dalam istilah medis disebut komorbid.

Komorbid ini diketahui setelah hari sebelumnya para Forkopimda dan tokoh masyarakat ini melakukan medical check up. Terkait adanya komorbid ini termasuk didalamnya Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto. Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar belum di vaksin hari ini karena belum mengikuti medical check up. Terkait dengan siapa para tokoh masyarakat dan Forkopimda yang tidak bisa divaksinasi karena komorbid, Dedy Sambudi tidak menjelaskan terperinci.

Selain alasan komorbid, ada juga sejumlah pejabat yang tidak hadir untuk melakukan vaksinasi. Dedy menuturkan pada pelaksanaan vaksinasi hari ini, Kalaksa BPBP Kampar Afrudin Amga, Ketua Komisi II DPRD Kampar Zumrotun dan salah seorang perwakilan pekerja media berhasil diberikan vaksin. Selain itu, Ketua IDI Kampar Nur Aisyah dan Ketua IBI Kampar Satiti Rahayu melakukan vaksinasi yang kedua kalinya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Dedi Sambudi mengatakan, tidak semua tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Kampar divaksinasi dalam program vaksin Covid-19. Dijelaskannya, dari total 2467 orang tenaga kesehatan (nakes), hanya ada 1.219 orang saja akan divaksin. Menurutnya hingga saat ini dari 1.219 orang nakes yang akan divaksinasi tersebut, 452 orang diantaranya ditunda.

Sementara itu sebanyak 652 orang nakes tidak diberikan vaksin karena tidak lolos skrining dan selebihnya masih dikakukan pendataan ulang. Ia menuturkan seluruh nakes yang ditunda vaksinasi, pihak pemerintah akan kembali menjadwalkan ulang untuk dilakukan vaksinasi. Vaksinasi nantinya dilakukan mengikut pertimbangan kondisi nakes itu sendiri.“Kalau hasilnya ditunda berarti masih bisa kita berikan setelah ada perbaikan kondisi nakes,” ucapnya, Minggu (24/1/2021) .

Ia menuturkan penjadwalan vaksinasi ulang ini juga sama dilakukan untuk para Forkopimda yang sebelumnya batal vaksin di Kampar. Untuk diketahui sejumlah Forkopimda batal dilakukan vaksinasi sebelumnya diakibatkan tidak lolos skrining. Permasalahan tidak lolos skrining di dominasi oleh permasalahan kesehatan tekanan darah tinggi.

Penulis :Romi Yanto
Editor: Elfi Yandera

 

Tags : Vaksinasi Covid-19, Kampar, Vaksinasi ,