News   2023/10/24 11:46 WIB

Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat Siapkan Rumah Murah dan Layak Huni Untuk Masyarakat

Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat Siapkan Rumah Murah dan Layak Huni Untuk Masyarakat
Kepala Dinas (Kadis) PUPR Riau M Arief Setiawan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM -  Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat [HIMPERRA] dalam pembangunan sangat dibutuhkan.

"HIMPERRA sudah semestinya siapkan rumah murah dan layak huni untuk masyarakat."

"Di sinilah peranan dan pengabdian yang menjadi keharusan dan sekaligus menjadi tantangan bagi HIMPERRA Provinsi Riau ke depan, dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap perumahan," kata Kepala Dinas (Kadis) PUPR Riau M Arief Setiawan saat mewakili Wakil Gubernur Riau, Edy Natar pada Rakerda II HIMPERRA Riau, di Pekanbaru, Selasa (17/10).

Menurut M Arief Setiawan, sebelumnya sudah dilakukan kerja sama dengan pemerintah untuk kepentingan masyarakat terhadap atas rumah murah dan layak huni di Provinsi Riau ini.

Melalui Rakerda ini, pihaknya berharap HIMPERRA ikut menjadi bagian integrator stakeholder strategis dalam pembangunan perumahan di Provinsi Riau.

"Kami berharap HIMPERRA Riau terus memberikan kontribusi positif dalam pengembangan perumahan, serta ikut meningkatkan pertumbuhan investasi di Provinsi Riau salah satunya dalam mewujudkan perumahan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah," harapnya.

Ia merasa bahwa sinergitas dan keterpaduan program di bidang perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan harus menjadi prioritas bersama.

"Pemerintah pusat maupun daerah tentu tidak dapat bekerja sendiri dalam mencapai target, diperlukan kerja sama dari semua stakeholder seperti perbankan dari sisi pembiayaan, asosiasi dan pengembang perumahan bersubsidi dari sisi supply sebagai tujuan akhir," kata M Arief Setiawan.

Dia menjelaskan, pembangunan perumahan sebagaimana yang telah disebutkan merupakan salah satu bentuk kebutuhan primer masyarakat. Di mana, dalam hal penyediaan dan pembangunan perumahan, tidak dapat dipungkiri lagi merupakan sektor pelayanan umum masyarakat yang sangat vital sifatnya.

"Oleh karena itu, perumahan mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembentukan watak, serta kepribadian bangsa sebagai salah satu upaya membangun manusia seutuhnya, berjati diri, mandiri dan produktif," ungkapnya.

"Sehingga terpenuhinya kebutuhan tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia yang akan terus ada dan  berkembang sesuai dengan tahapan atau siklus kehidupan manusia," tandas M Arief Setiawan, seperti yang dilansir dari pgi. (*)

Tags : Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat, HIMPERRA, Rumah Murah dan Layak Huni, News ,