Pekanbaru   2023/12/18 9:16 WIB

Hujan Terus Mengguyur yang Mulai Terlihat Dampaknya, 'Excavator Dikerahkan untuk Normalisasi Sungai'

Hujan Terus Mengguyur yang Mulai Terlihat Dampaknya, 'Excavator Dikerahkan untuk Normalisasi Sungai'
Normalisasi sungai

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Musim hujan terus menunjukkan dampaknya yang sebagian lingkungan permukiman warga digenangi air.

"Keluhan warga soal hujan terus mengguyur berdampak banjir menjadi viral di berbagai media sosial."

"Saya selalu mewaspadai derasnya curah hujan ini, supaya permukiman warga tidak kebanjiran. Saya berupaya agar banjir bisa diantisipasi," kata Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution yang kelihatan tanggap terhadap perubahan cuaca yang memiliki dampak besar bagi lingkungan ini, Sabtu (16/12).

Sejumlah wilayah terkena dampak musim hujan, termasuk Kota Pekanbaru, membuat Gubri perlu melakukan tindakan cepat mengatasi masalah di permukiman yang tergenang air.

Excavator dikerahkan untuk normalisasi sungai, ini dalam upayanya menghadapi curah hujan yang tinggi. Tetapi Gubri Edy Nasution menyikapi perlu kewaspadaan terhadap potensi banjir.

Meski sibuk sebagai Gubernur Riau, Edy Nasution tidak ragu turun langsung ke lapangan. Ia memobilisasi alat berat excavator untuk membersihkan kawasan aliran sungai di jalan Suka Karya, Gang Suka Rela, Pekanbaru.

"Saya telah mengarahkan anggota saya ke sini, Alhamdulillah datang ke sini dicoba di normalisasi dan teratasi. Jadi panjang aliran anak sungai ini kurang lebih 1 kilometer. Sekarang bisa lebih lancar airnya," papar Edy Nasution.

Menyoroti pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, Gubernur Edy Nasution mengingatkan, normalisasi sungai bukanlah solusi mutlak jika perilaku tidak membuang sampah sembarangan tetap berlanjut.

Ia berharap seluruh masyarakat ikut aktif dalam menjaga kebersihan dan lingkungan.

"Sehingga saya juga tadi sampaikan ke pak RW dan pak RT, tolong yang begini (menjaga lingkungan) diikuti juga dengan kesadaran masyarakat," pesannya.

"Bangun komunikasi dengan masyarakat supaya jangan membuang sampah di sekitar sini, karena nanti nilai akhirnya enggak ada," sambungnya.

Edy Nasution menekankan bahwa upaya normalisasi sungai dan kesadaran masyarakat harus berjalan bersama-sama.

"Kita sudah coba normalisasi tetapi kesadaran (menjaga lingkungan) tidak diikuti akhirnya akan begitu lagi. Tapi kalau semua kita lakukan secara bersama-sama, kita lakukan normalisasi, kemudian kesadaran masyarakatnya juga kita bangun. Insyaallah semua bisa berjalan baik," tegasnya. (*)

Tags : musim hujan, hujan mengguyur permukiman, hujan deras jadi banjir, pekanbaru, excavator dikerahkan untuk normalisasi sungai atasi banjir,