News   2023/09/17 22:22 WIB

Kementerian PUPR Minta Panjang Flyover Soebrantas-Garuda Sakti Pekanbaru Jadi 400 Meter

Kementerian PUPR Minta Panjang Flyover Soebrantas-Garuda Sakti Pekanbaru Jadi 400 Meter
Ilustrasi panjang flyover

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta rentang jembatan rencana pembangunan jalan layang atau flyover di simpang Soebrantas-Garuda Sakti dengan panjang 400 meter.

"Panjang Flyover Soebrantas-Garuda Sakti Pekanbaru ditambah."

"Rencana pembangunan flyover garuda sakti panam, DED yang diminta kementerian elevasi hampir 400 meter ke arah panam," kata Kepala Dinas [Kadis] Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan [PUPR-PKPP] Riau, M Arief Setyawan pada wartawan, Jumat (15/9).

"Karena itu berdampak tak hanya dana, tapi juga pembebasan lahan warga, tetapi kita upayakan tetap melakukan perhitungan ulang," sambungnya.

Panjang yang diminta kementerian tak hanya berdampak banyaknya bangunan warga yang dibebaskan.

Kemudian, semakin besar pula ganti rugi lahan yang disediakan.

Terutama dari sisi arah Panam. Upaya memperpendek elevasi pun sedang dinegoisasikan dengan panjang 250 meter di kementerian.

Upaya negoisasi bergantung pada kajian tim teknis kementerian. Ini juga terkait dengan DED yang akan dirancang tim kementerian.

Seperti apa hasilnya, Arif berharap usulan memperpendek rentang flyover 250 meter tersebut bisa dipertimbangkan.

Namun jika hasil kajian kementerian tetap meminta seperti rencana awal, maka konsekuensinya akan banyak lahan dan bangunan warga yang dibebaskan.

"Sekarang sedang berproses oleh kawan-kawan di kementerian PU. Kalau bisa jangan sampai terlalu panjanglah," ujar Arief lagi.

Untuk DED flyover sendiri menurut Arief, sudah tuntas tahun depan. Namun Dengan catatan jika ganti rugi lahan sudah selesai.

Sedangkan untuk pekerjaan baru dimulai pada 2025 mendatang.

"Pembangunan flyover dan DED-nya sumber pendanaan dari kementerian. Kita pemerintah provinsi cuma ganti rugi lahan," ungkap Arief.

Menyinggung konsep rencana pembangunan flyover Soebrantas-Garuda Sakti memanjang dari arah Panam menuju Bangkinang, seperti flyover Soekarno Hatta-Tuanku Tambusai.

Sempat diwacanakan konsep flyover berbentuk melingkar flyover semanggi di Jakarta. Namun kemungkinan besar konsep memanjang dua arah menjadi pilihan. (*)

Tags : flyover, pembangunan flyover soebrantas dan garuda sakti, pekanbaru, panjang flyover soebrantas dan garuda sakti Jadi 400 meter, News,