Headline Riau   2024/05/09 21:2 WIB

Kota Pekanbaru Jadi Sorotan karena Investasinya Melampaui Rp1,6 T yang Menjanjikan

Kota Pekanbaru Jadi Sorotan karena Investasinya Melampaui Rp1,6 T yang Menjanjikan
Ilustrasi peti kemas

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kota Pekanbaru terus menjadi sorotan sebagai tujuan investasi yang menjanjikan.

"Kota Pekanbaru memiliki investasi melampaui Rp1,6 triliun."

"Total investasi yang masuk mencapai Rp1,6 triliun pada triwulan I tahun 2024. Kami berupaya untuk terus mengejar target yang ada," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Akmal Khairi, realisasi investasi tersebut terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA).

Pada Triwulan I tahun 2024, nilai investasi yang masuk ke Pekanbaru mencapai angka mengesankan, melampaui Rp1,6 triliun.

Menurut Akmal Khairi, Pemerintah Pusat menetapkan target investasi untuk setiap kabupaten kota, dan untuk Pekanbaru, targetnya mencapai Rp5,091 triliun.

Sementara itu, target Pemerintah Kota Pekanbaru sendiri sebesar Rp4,9 triliun.

Dari segi penyerapan tenaga kerja, pada Triwulan I, investasi PMDN menyerap sebanyak 2.353 tenaga kerja, dengan mayoritas berasal dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Sedangkan investasi PMA menyerap sebanyak 138 tenaga kerja, juga mayoritas dari TKI.

Pemerintah Provinsi Riau, melalui DPMPTSP Riau, telah menetapkan target realisasi investasi PMDN dan PMA untuk wilayah kabupaten kota se-Provinsi Riau.

Langkah ini didukung oleh penerbitan surat keputusan Kepala DPMPTSP Provinsi Riau.

Investasi yang terus mengalir ke Kota Pekanbaru tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, tetapi juga memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Hal ini menunjukkan potensi besar Kota Pekanbaru sebagai destinasi investasi yang menarik bagi para investor baik dari dalam maupun luar negeri. (*)

Tags : investasi, pekanbaru, kota pekanbaru jadi sorotan investor, investasi pekanbaru melampaui rp1, 6 T, pekanbaru menjanjikan,