Headline Traveling   2023/03/09 21:1 WIB

Para Pelancong Merekam Audio dalam Momen Perjalanan Wisata

Para Pelancong Merekam Audio dalam Momen Perjalanan Wisata

PARA pelancong sering berbicara tentang melihat dunia, tetapi inilah saatnya kita belajar mendengarkannya juga.

Pada suatu hari, ketika hujan musim panas turun, saya naik kereta api ke Kota Saint-Maurice di Swiss.

Langkah kaki saya membuat suara khas ketika menginjak lumpur dalam perjalanan menuju benteng abad pertengahan yang berada di atas tebing.

Setelah turun ke dalam gua yang gelap dan melintasi lorongnya yang remang-remang, saya akhirnya tiba di poin utama Grotte aux Fées (Gua Para Peri): air terjun setinggi 77 meter, yang menyembur dari pinggiran batu gamping, masuk ke dalam kolam tembus cahaya. 

Saat percikan air terjun itu bergema di gua dan membasahi jaket saya, saya memejamkan mata dan mengeluarkan ponsel saya untuk merekam deru kenyataan yang seperti mimpi, yang ada di depan saya.

Saya datang untuk mencari suara, bukan pemandangan.

Sepanjang perjalanan, saya mengumpulkan rekaman suara seperti orang lain mengumpulkan suvenir.

Di ponsel saya, ada rekaman langkah kaki yang lembut dan teredam serta bisikan di dalam The Art Institute of Chicago; bunyi klakson feri dari kapal uap di pelabuhan di Evian, Prancis; suara pedagang dan pembeli yang melakukan tawar-menawar dengan cepat dalam bahasa Italia di pasar Fontanella Borghese di Roma, Italia; kicau burung dan hembusan angin yang bertiup melalui Hutan Redwood di Marin, California; dan banyak lagi.

Sama seperti beberapa pelancong yang suka mengambil foto pemandangan atau makanan yang hendak mereka santap, saya mulai melakukan ini sebagai cara unik dan artistik untuk membantu saya mengingat beberapa detail paling menarik dari perjalanan saya.

Saya menemukan bahwa ketika saya mendengarkan kembali rekaman ini, saya dapat mengingat setiap tempat dan momen dengan cara yang berbeda dari hanya sekadar melihat gambar.

Ternyata ini mungkin karena otak kita mengingat suara secara berbeda dibandingkan dengan hasil dari indra lainnya.

Menurut Dr James Giordano, seorang profesor neurobiologi dan biokimia di Pusat Medis Universitas Georgetown di Washington DC, otak kita memproses informasi dan mengubahnya menjadi ingatan dengan menerimanya melalui indra kita, kemudian membuat kode dan menyimpannya – seperti komputer.

Ketika kita menerima informasi dan membuat kode dari informasi tersebut, itu bersifat jangka pendek; tetapi ketika kita menyimpannya, itu menjadi memori jangka panjang.

Informasi yang kita terima dan proses dengan telinga kita disebut memori echoic, yaitu mengingat dalam bentuk suara.

"Pikirkan otak sebagai mesin ruang dan waktu. Apa yang memungkinkan kita lakukan adalah benar-benar memindahkan diri kita maju dan mundur dalam waktu, melintasi ruang," kata Giordano.

"Memori echoic, persis seperti namanya, sebenarnya adalah gema dari sesuatu yang terjadi."

Giordano menjelaskan bahwa otak kita mengubah suara menjadi ingatan dengan cara yang hampir sama seperti yang kita lakukan dengan indra lainnya.

Namun, tampaknya kita jauh lebih baik dalam mengingat apa yang kita lihat dan sentuh daripada apa yang kita dengar.

Menurut sebuah penelitian di University of Iowa yang secara tepat disebut In one ear and out the other, sekelompok siswa berpartisipasi dalam dua eksperimen, di mana mereka mendengarkan suara, melihat gambar, dan memegang benda.

Pada percobaan pertama, siswa diminta untuk mengingat kembali apakah berbagai rangsangan itu sama atau berbeda setelah jangka waktu tertentu.

Yang kedua, mereka diminta untuk mengingat suara, gambar, dan objek setelah satu jam, sehari, dan kemudian seminggu.

Dalam kedua contoh, ingatan siswa tentang suara jauh lebih buruk daripada ingatan taktil atau visual mereka, dan semakin lama waktu berlalu, semakin besar jaraknya.

Penelitian ini tampaknya menunjukkan jika kita memotret sesuatu selama perjalanan dan merekam suara dari hal yang sama, gambar tersebut akan tampak lebih akrab bagi kita ketika kita melihatnya kembali di ponsel kita, sementara suaranya akan tampak lebih segar, dalam hal lebih baru atau lebih istimewa.

Mungkin ini menjelaskan mengapa mata saya cenderung berkaca-kaca ketika saya melihat-lihat gambar yang dapat saya ingat dengan jelas, sementara pikiran saya lebih mudah terbangun oleh suara yang membawa saya kembali ke suatu tempat.

Karena ingatan terhadap suara kita buruk, mungkin lebih penting untuk merekam suara daripada mengambil foto, sehingga kita dapat benar-benar mengingat kembali pengalaman tersebut.

Amy Poremba, profesor yang melakukan penelitian di University of Iowa, tampaknya setuju.

"Saya pergi ke Hawaii ke Big Island, dan ada pantai vulkanis hitam di sana. Pantai batu vulkanis hitam memiliki suara yang sangat khas. Mereka [membuat] suara denting kaca saat ombak menerpa mereka."

Poremba begitu terpesona oleh suara itu sehingga dia mengeluarkan ponselnya dan merekamnya. Setelah terbang pulang, dia berkata dia "mendengarkannya berulang kali".

Giordano menjelaskan, sama seperti aroma makanan tertentu yang dapat membawa kita kembali ke makanan yang sangat berkesan yang mungkin Anda temukan selama perjalanan, suara dapat memiliki efek pedih yang sama.

"Pengalaman kami tentang skenario tertentu sangat sering dikaitkan dengan aspek dan dimensi lain dari pengalaman tersebut," jelas Giordano.

"Bagi Anda, mendengarkan lonceng gereja tertentu bisa sangat menggugah. Itu [tidak hanya] membawa kita ke tempat itu secara pengalaman, tetapi juga secara emosional."

Sepertinya Poremba dan saya tidak sendirian dalam mempercayai soundscape menceritakan sebuah cerita.

Dalam beberapa dekade terakhir, ada kesadaran yang meningkat tentang bagaimana belajar mendengarkan dunia di sekitar kita dapat mengungkapkan bentuk penyerapan budaya yang sama sekali berbeda.

Pada 1996, Kementerian Lingkungan Hidup Jepang melakukan proyek berskala nasional yang disebut 100 Soundscapes of Japan: Preserving Our Heritage.

Inisiatif ini menyoroti pemandangan alam dan buatan manusia yang unik, yang mewakili "kekayaan dan keanekaragaman alam dan budaya Jepang", mulai dari es yang mengapung di Laut Okhotsk, burung bangau di tempat perlindungan di Tsurui, hingga tenun tangan tekstil rami kuno di Fukushima.

Tujuannya adalah untuk mendorong warga Jepang memulai perjalanan dan merasakan sendiri suara-suara ini.

Pada 2020, Lapland, Finlandia, meluncurkan kampanye soundscape yang menampilkan suara unik serupa di wilayah tersebut, termasuk kereta luncur kayu berderit yang digerakkan oleh huskies, kayu yang digergaji di hutan, dan derap rusa.

Organisasi seperti Quiet Parks International (QPI) baru-baru ini dibentuk untuk mempromosikan "pariwisata yang tenang" di seluruh dunia, mendorong para pelancong untuk tidak hanya melihat dunia, tetapi juga mendengarkannya.

Menurut ilmuwan lingkungan Lauren Kuehne, mencoba menyerap suara di sekitar Anda secara aktif saat bepergian membantu Anda memahami tujuan dengan cara yang berbeda.

"Kita sudah sangat terbiasa memperlakukan telinga sebagai pelengkap yang aneh, menganggapnya sebagai tempelan yang tidak penting," katanya.

"Menurut saya, begitu Anda mulai mendengarkan, begitu Anda benar-benar mulai mendengarkan, Anda mulai menghargai betapa besarnya dunia ini."

Pandangan ini digaungkan oleh Samara Kester, seorang pensiunan dokter pengobatan darurat yang kini bertugas di dewan QPI.

"Sebuah foto memiliki dua dimensi. Saat Anda melihat sesuatu yang Anda lihat [itu] mungkin 180 derajat, mungkin 270 derajat. Suara memiliki dimensi 360 [derajat]. Anda mendengarnya di sekitar Anda."

Kester menjelaskan bagaimana mengajar dirinya sendiri untuk menjadi pendengar yang lebih baik tidak hanya memperluas cakupan indra dalam perjalanannya, tetapi juga membantunya menghidupkan kembali perjalanannya begitu dia kembali ke rumah.

"Anda membenamkan diri di tempat itu lagi. Anda menciptakan kembali kenangan itu dan karenanya menciptakan kembali perasaan yang Anda miliki, yang sangat sulit untuk diungkapkan. Anda dapat mengalaminya kembali dan itu akan membawa Anda ke tempat sebelumnya."

Tapi bagaimana seseorang bisa menjadi pendengar yang lebih aktif dan lebih sadar?

Gordon Hempton, salah satu pendiri QPI, mengatakan dengan lebih memperhatikan suara di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjadi pendengar yang lebih baik dalam perjalanan kita.

"Dengarkan tempatnya. Dengarkan di mana Anda berada. Apa yang Anda rasakan? Perhatikan apa yang Anda rasakan."

Hempton mengatakan dengan melakukan latihan seperti itu di rumah dan di lingkungan baru meningkatkan "cakrawala pendengaran" kita.

Hempton mendorong para pelancong untuk pergi ke alam dan menerima perbedaan dalam cakrawala pendengaran kita seolah-olah kita adalah leluhur nomaden kita.

"Kita sebagai keturunan pemburu dan kelompok nomaden," katanya.

"Bumi adalah mesin musik bertenaga surya. Ke mana pun Anda pergi – bahkan jarak pendek di planet Bumi, suara berubah secara spasial di sekitar Anda. Tidak hanya itu, tetapi juga berubah seiring waktu. Jadi, saat kita memakai pendekatan ini … ke mana pun Anda pergi, [Anda akan memiliki] momen a-ha itu."

Berbulan-bulan setelah momen keluar dari gua yang gelap, di sisi lain dunia, di rumah saya di Los Angeles, saya mendapati diri saya menggunakan headphone dan mendengarkan kembali aliran air yang jatuh di dalam Gua Peri yang mistis.

Ketika saya memejamkan mata, saya bisa merasakan semburan air di kulit saya. Perasaan membiarkan telinga saya menuntun saya pada petualangan yang jauh. Secara mental, saya kembali ke sana – meski hanya sesaat. (*)

Tags : para pelancong, wisatawan, merekam audio dalam momen perjalanan, perjalanan wisata, pariwisata dan hiburan, alam,