Linkungan   2023/08/23 10:8 WIB

Perusahaan Daerah Air Minum Kritik Galian SPAM di Pekanbaru, 'yang Sudah Bikin Jalan Rusak dan Macet'

Perusahaan Daerah Air Minum Kritik Galian SPAM di Pekanbaru, 'yang Sudah Bikin Jalan Rusak dan Macet'

PEKANBARU - Pihak Perusahaan Daerah Air Minum [PDAM] Siak mengkritik soal galian pemasangan pipa Sistem Penyediaan Air Minum [SPAM] di Kota Pekanbaru menjadikan badan jalan banyak yang rusak berkahir macet.

"Galian SPAM di Pekanbaru bikin jalan rusak dan macet."

"Kalau Jalan Sudirman itu perkiraan Sepetember selesai. Ini kan proyek KPBU PDAM, proyek KPBU pusat, jadi kita (PDAM) sebagai penerima, kalau dalam kontrak kerjanya sampai September 2023 untuk tahap sekarang," kata General Manager Technic PDAM Tirta Siak Endrianto pada wartawan, Rabu (16/8).

Dia mengaku pihak SPAM belum juga memperbaiki sebagian beberapa rusa jalan. Kondisi itu dapat di lihat dari sisi dan kanan Jalan Jenderal Sudirman.

Bagian jalan yang sudah lama selesai, belum juga diperbaiki oleh kontraktor. Ada juga bagian jalan yang sebelumnya sudah ditimbun kembali ada aktivitas pengerjaan.

Bahkan, akibat pengerjaan yang berulang itu kini mengakibatkan kemacetan di Jalan Sudirman, tepatnya di depan RTH Putri Kaca Mayang. Ini sudah banyak dikeluhkan warga, bahkan ramai di media sosial (Medsos).

Endrianto mengatakan, bahwa program KPBU PDAM itu merupakan proyek pusat yang dikerjakan oleh PT TM. Sesuai kontrak, pengerjaan pipa di sejumlah ruas jalan itu selesai September mendatang.

Untuk pembangunan SPAM tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk tahap sekarang ini dimulai dari Simpang Tanjung Datuk dan kembali ke Jalan Tanjung Datuk

"Kalau tahap sekarang yang dikerjakan di sepanjang Sudirman dari Simpang Tanjung Datuk. Sebelah kanan sampai Simpang Tuanku Tambusai, dan sebelah kiri sampai Simpang Harapan Raya, belok kiri sampai Simpang Kapling, kemudian belok kiri lagi terus ke bawah sampai Jalan Soetomo, putar lagi sampai Tanjung Datuk. Itulah yang dikerjakan PT TM," jelasnya. (rp.muf/*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : sistem penyediaan air minum, galian spam buat jalan rusak, galian pipa spam jadi macet, jalan di Pekanbaru rusak dan macet, News Kota,