Seni Budaya   2024/03/30 16:53 WIB

Pemprov Riau Ikuti Event Spektakuler Carnival 2024 yang Sediakan 10 Ribu Penari dengan Target Rekor MURI

Pemprov Riau Ikuti Event Spektakuler Carnival 2024 yang Sediakan 10 Ribu Penari dengan Target Rekor MURI

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi (Pemrov) Riau mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan event spektakuler Carnival Lancang Kuning.

Rencananya event akbar ini akan berlangsung pada 3-5 Mei mendatang.

Dalam persiapan tersebut, 10 ribu penari Lancang Kuning sedang disiapkan untuk menjadi bagian dari pertunjukan.

Diharapkan mencatat Rekor MURI sebagai penari Lancang Kuning terbanyak yang pernah ada.

Menurut Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, keterlibatan 10 ribu penari Lancang Kuning ini melibatkan seluruh pelajar SMK dan SMA di Provinsi Riau.

Namun, tak hanya pelajar, pegawai Pemerintah Provinsi Riau juga turut dipersiapkan untuk ikut serta dalam pertunjukan tersebut guna mencatat rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Penari Lancang Kuning.

"Saat Carnival nanti kita menampilkan 10.000 penari Lancang Kuning yang harapannya pertunjukan tari ini nanti akan mencatat Rekor MURI sebagai penari Lancang Kuning terbanyak," ujar SF Hariyanto.

Carnival Lancang Kuning ini akan menjadi bagian dari rangkaian acara besar yang dilaksanakan di Pekanbaru Kota Bertuah, bersamaan dengan Gebyar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2024.

Event ini bertujuan untuk mengenalkan fashion dan kultur Provinsi Riau kepada masyarakat luas, dengan menampilkan berbagai hiburan seperti musik, tari, dan pameran ekonomi kreatif.

Dikutip dari MC.Riau.go.id, rangkaian acara besar dalam event Lancang Kuning Carnival termasuk Pawai Budaya, di mana setiap daerah akan menampilkan busana tradisional dengan konsep karnaval.

Selain itu, event ini juga akan mengangkat cerita sejarah, rakyat, tradisi, serta adat istiadat masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dengan keterlibatan ribuan penari Lancang Kuning dan berbagai rangkaian acara menarik, Carnival Lancang Kuning diharapkan dapat menjadi magnet bagi masyarakat untuk mengenal lebih dalam tentang kekayaan budaya Indonesia, khususnya Provinsi Riau. (*)

Tags : pemprov riau, event spektakuler carnival 2024, riau target rekor MURI,