Pekanbaru   2024/05/09 11:3 WIB

Prof Abdul Mu'ti Hadiri Silaturrahim Syawal 1445 H Muhammadiyah di Riau

Prof Abdul Mu'ti Hadiri Silaturrahim Syawal 1445 H Muhammadiyah di Riau
Sekum PP Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti menghadiri Silaturrahim Syawal Muhammadiyah di Riau.

Abdul Mu’ti mengimbau seluruh warga Muhammadiyah untuk membangun rasa kasih sayang antara satu sama lain.

Dalam ceramah dikegiatan Silaturrahim Syawal 1445 H Muhammadiyah Riau dilakukan di Ballroom Menara Bank Riau Kepri, Pekanbaru, Rabu (8/5/2024).

Abdul Mu'ti menyebut bahwa silaturrahim dapat memperpanjang umur dan memberkahkan harta.

"Bahwa manusia itu asalnya satu saudara. Karenanya harus membangun kasih sayang antara satu dengan lainnya. Silaturrahim dalam banyak hadis dijelaskan agar usia hidup kita panjang dan harta kita berkah," kata dia.

Terlebih dalam situasi politik seperti sekarang ini, Abdul Mu'ti menambahkan, menjaga silaturahmi adalah hal yang tepat.

Ia menekankan perlunya menghindari rasa ketidaksukaan tertentu dan berandai-andai mengingat masa lalu.

"Mengingat kita baru saja mengikuti dua peristiwa besar yaitu Pileg dan Pilpres. Untuk pilpres sudah ada keputusan MK," ujarnya.

"Karenanya kita beri kesempatan untuk pasangan presiden dan wakil presiden terpilih pak Prabowo dan Gibran untuk mewujudkan visi misinya," sebutnya.

Di akhir ceramahnya Abdul Mu'ti mengatakan bahwa Muhammadiyah akan senantiasa menjadi bagian dari masyarakat sipil, masyarakat madani yang berpartisipasi aktif.

"Karena diantara ciri demokrasi yang sehat itu adalah adanya public participation in civic life, partisipasi masyarakat dalam kehidupan publik dalam pengambilan kebijakan-bijakan strategis di semua struktur kepemimpinan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr Hendri Sayuti juga mengatakan bahwa Silaturrahim Syawal tersebut penuh makna.

Ia tak lupa memberi apresiasi di bidang pendidikan, salah satunya kepada Universitas Muhammadiyah Riau yang dalam waktu dekat akan keluar izin penyelenggaraan program studi Kedokteran.

“Saya mendapatkan informasi dari orang tua kita ketua BPH Umri Prof HM Nazir, insya allah dalam minggu ini akan turun SK izin membuka Fakultas Kedokteran. Ini tentu kita syukuri bersama. Tetapi ini juga adalah tantangan bagi kita semua bagaimana kita kelola Muhammadiyah terutama pendidikan tinggi ini secara lebih baik," pungkasnya.

Ia berharap meskipun Muhammadiyah telah lama dikenal berpengalaman dalam hal pendidikan tetapi tetap harus berbenah diri menjadi lebih baik lagi

"Sehingga dakwah di bidang pendidikan ini terus-menerus akan berjalan dengan baik," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr Hendri Sayuti MA dan jajaran pimpinan lainnya, Ketua PW Aisyiyah Riau Dr Hikmani, Kapolda Riau yang diwakili Direktur Intelkam Kombespol Efrizal, Ketua DPH LAM Riau Taufik Ikram Jamil, mantan Gubernur Riau Edy Natar Nasution, serta 500an warga Muhammadiyah Riau. (*)

Tags : Sekum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti, Silaturrahim Syawal 1445 Hijriyah, Muhammadiyah Silaturrahim di Pekanbaru, Silaturrahim Syawal 1445 H ,