Csr   2023/02/09 11:48 WIB

PT Inecda Plantation Peduli Terhadap Kesehatan, Seberapa Pentingkah MCU Bagi Karyawan?

PT Inecda Plantation Peduli Terhadap Kesehatan, Seberapa Pentingkah MCU Bagi Karyawan?
Joko Dwiyono, Humas PT Inecda Plantation

KESEHATAN tubuh adalah modal utama untuk menjalani hari dan meraih kesuksesan. Itu lah sebabnya PT Inecda Plantation (IP) menganggap penting terhadap kesehatan karyawannya.

Tetapi ada pernyataan yang menyebutkan; sebuah kesuksesan hidup akan terasa sia-sia jika kita meraihnya dalam keadaan sakit. Kesuksesan akan terasa lengkap jika kita dalam keadaan sehat dan kita bisa menikmati jerih payah kita selama ini.

Lalu seberapa pentingkah MCU bagi karyawan?

Untuk mengetahui lebih awal keadaan kesehatan yang kurang baik, hal inilah yang dilakukan oleh managemen PT Inecda Plantation (IP), perusahaan perkebunan kelapa sawit yang memanfaatkan fasilitas Medical Check Up (MCU) dilakukan rutin setiap 1 tahun sekali bagi seluruh karyawannya.

"Ada 1000 an lebih karyawan kita terus mengikuti MCU meliputi pemeriksaan umum, rontgen thorax, darah lengkap, urine rutine, gula darah dan asam urat," kata Joko Dwiyono, Humas PT IP dalam pembicaraannya yang dikontak, Rabu (8/2/2023) kemarin.

Menurutnya, tujuan melakukan MCU untuk bentuk perhatian management terhadap karyawan.

“Dengan MCU kita jadi mengetahui kesehatan karyawan dan sebagai bentuk pemeriksaan dini jika ada karyawan yang sakit dan perlu pengobatan lebih lanjut sehingga tidak makin parah,” kata Joko.

Dia mengakui semua karyawan PT IP merasa senang dengan dilakukan MCU.

“Termasuk diri saya, juga mengikuti cek kesehatan ini saban tahun, gunanya agar bisa mengetahui tingkat kesehatan diri sendiri dan lebih menjaga kesehatan,” ucapnya.

PT IP sangat konsen terhadap kondisi karyawan, sehingga karyawan tidak hanya sekedar diminta untuk bekerja saja, "jika ingin mencapai tujuan bersama perusahaan juga harus mampu memperhatikan kebutuhan kesehatan sebagai hak karyawan," kata Joko menilai.

Lantas, seberapa pentingkah MCU karyawan? Bagaimana prosedur dan tahapannya?

Joko Dwiyono menilai, ketika seseorang menjalani proses seleksi di perusahaan ini, terlebih dahulu diberlakukan prosedur Medical Check Up (MCU).

"Tes kesehatan karyawan merupakan pemeriksaan kesehatan untuk mengevaluasi kesehatan karyawan maupun calon karyawan," sebutnya.

"Selain pemeriksaan fisik, terdapat beberapa langkah pemeriksaan termasuk tambahan lain seperti urin, audiometri, dan feses."

"MCU karyawan dilakukan guna mengetahui lebih dini apakah pegawai atau calon karyawan memiliki kelainan maupun potensi penyakit tertentu agar dikemudian hari tidak berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius," sebutnya.

Jadi meskipun perusahaan sedikit repot dalam aktifitasnya, tetapi dalam jangka panjang pemeriksaan kesehatan karyawan akan menguntungkan perusahaan secara finansial dengan menghindari pengeluaran biaya dan waktu untuk mencari staf pengganti serta membayar biaya pengobatan di kemudian hari.

Joko Dwiyono menambahkan MCU karyawan juga bermanfaat untuk memastikan penempatan kerja karyawan di posisi jabatannya saat ini sesuai dengan kondisi kesehatan tubuhnya, untuk kinerja dan produktifitas maksimal. (rp.sdp/*)

Tags : Medical Check Up, Perusahaan Lakukan MCU, PT Inecda Plantation Peduli Terhadap Kesehatan Karyawan, Pentingnya MCU,