Linkungan   2023/07/17 22:41 WIB

PT MMJ Jalankan CSR Ditengah Masyarakat, SALAMBA: Bisa Berdampak Positif Bagi Lingkungan

PT MMJ Jalankan CSR Ditengah Masyarakat, SALAMBA: Bisa Berdampak Positif Bagi Lingkungan
Ir Ganda Mora M.Si, Ketua Yayasan Sahabat Alam Rimba (Salamba)

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Keberadaan perusahaan PT Marita Makmur Jaya (MMJ), beroperasi dibidang perkebunan kelapa sawit di Pulau Rupat, Bengkalis dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, terutama melalui program Corporate  Social Responsibility (CSR).

"Jalankan CSR ditengah masyarakat bisa berdampak positif bagi lingkungan."

“Keberadaan perusahaan perkebunan kelapa sawit [MMJ] skala lokal itu cenderung mengalami peningkatan seiring dengan semakin terbuka luasnya peluang pemanfaatan sumber daya alam," kata Ir. Ganda Mora M.Si, Ketua Yayasan Sahabat Alam Rimba (SALAMBA) tadi ini, Senin (17/7).

Dia menilai selama ini melalui program CSR perusahaan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Rupat.

Menurut dia, tanggung jawab sosial perusahaan saat ini mengalami perkembangan cukup besar. Salah satu pendorong itu, yakni perubahan dan pergeseran paradigma dunia usaha.

"Artinya, perusahaan tidak semata-mata mencari keuntungan, tetapi turut pula bersikap etis dengan melakukan kegiatan sosial dan menyelenggarakan program pengembangan serta pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan," kata Ganda.

Sesuai Undang-Undang Nomor 40/2007, terutama pasal 74 yang mewajibkan perusahaan untuk menyisihkan sebagian laba bersih  untuk tanggung jawab sosial dan lingkungan, terutama bagi perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha yang berkaitan dengan sumber daya alam.

”Memang secara umum tidak mengatur berupa jumlah nominal atau berapa besaran laba bersih dari suatu perusahaan yang harus disumbangkan untuk kegiatan sosial. Tetapi, perusahaan berhak melakukan tanggungjawab tersebut,” jelasnya.

Program CSR di perusahaan perkebunan perlu dilakukan, sehingga dapat memberikan masukan berarti kepada pemerintah daerah agar turut memberikan sumbangsih pemikiran untuk merumuskan kebijakan pembangunan daerah.

Diakuinya, meski pada kenyataan di lapangan, masih ada sebagian perusahaan perkebunan belum menjalankan amanat UU tersebut. Baik berkenaan dengan sasaran, besaran dana, bentuk dan pelaksanaan program CSR. (*)

Tags : pt marita mamur jaya, pt mmj, bengkalis, riau, perusahaan perkebunan sawit jalankan csr, kepedulian sosial mmj berdampak positif bagi lingkungan, mmj di pulau rupat,