Daik Lingga   2024/03/15 23:26 WIB

Ramadhan Bersama Warga Desa Kuala Raya Dekat Perairan Laut Cina Selatan Tetap Terlihat Bersemangat

Ramadhan Bersama Warga Desa Kuala Raya Dekat Perairan Laut Cina Selatan Tetap Terlihat Bersemangat
Kepala Desa Kuala Raya, Misran (berkaos putih dan bertopi hitam)

DAIK LINGGA, RIAUPAGI.COM - Dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah Tahun 2024 ini yang merupakan agenda rutin bagi Pemerintah Desa [Pemdes] tetap terlihat bersemangat.

"Ramadhan 1445 Hijriyah bersama warga desa dengan memanfaatkan untuk silaturahmi dan berbuka bersama terlihat semarak," kata Misran, Kepala Desa Kuala Raya tadi melaporkan melalui sarana WhatsApp [WA] nya, Jumat malam (15/3). 

Dia melaporkan, Ramadhan di Desa Kuala Raya yang ada di Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang dekat dengan perairan Laut Cina Selatan itu berjalan aman.

Menurutnya, sore hari masyarakat mencari ikan untuk persiapan makan sahur, dan hingga pada hari ini memasuki berbuka puasa masih sibuk membeli berbagai panganan ringan.

"Begitupun dimalam hari, jamaah yang melakukan ibadah tarawih di Masjid, Surau dan Musolah terlihat ramai yang dilanjutkan dengan Tadarus Al - Quran," sebutnya.

Ia pun mengakui pihak desa juga melakukan Safari Ramadhan berkunjung ke Masjid.

Dalam safarinya, kegiatan di Masjid diawali dengan lantunan Ayat Suci Al-Qur’an, penyerahan dana bantuan kepada pengurus Masjid dan Tausiyah yang dibawakan oleh penceramah, kemudian dilanjutkan dengan buka bersama serta Sholat Magrib berjamaah bersama.

Misran mengatakan, bagi pemerintah desa untuk bulan Ramadhan bisa menjadi jembatan untuk menyapa rakyat sekaligus sebagai bukti kepekaan dan kedekatan pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.

“Tujuan Safari Ramadhan adalah untuk menjalin silahturahmi antara pemerintah desa dan masyarakat juga sebagai sosialisasi program pemerintah sebagai upaya pembinaan umat beragama melalui siraman rohani,” katanya.

Ia menyampaikan beberapa hal yaitu seluruh masyarakat harus selalu mewaspadai dan tidak terpengaruh adanya isu-isu yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan umat beragama.

Kemudian, mengajak agar semua pihak dalam menyambut bulan puasa dengan mempertebal keimanan dan mensyukuri setiap rahmat yang diberikan oleh Allah SWT serta menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat merugikan semua.

Jadi Misran mengajak bersama-sama warga untuk ciptakan suasana yang aman tentram dan damai. "Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Desa Kuala Raya mengucapkan terima kasih kepada pengurus masjid yang bersedia menjadikan tempat kegiatan Safari Ramadhan. Semoga apa yang kita laksanakan mendapat berkah untuk kita semua,” tuturnya. (*) 

Tags : kepala desa kuala raya Misran, ramadhan 1445 Hijriyah, ramadhan bersama warga desa, Desa Kuala Raya Kecamatan Singkep Barat, kabupaten Lingga, Kepri, desa Kuala raya dekat perairan laut cina selatan ,