Headline Advetorial   2023/08/03 10:46 WIB

Bupati Afrizal Sintong Disebut Pemimpin Disenangi Rakyat, 'yang Berani Ciptakan Rohil Lebih Baik'

Bupati Afrizal Sintong Disebut Pemimpin Disenangi Rakyat, 'yang Berani Ciptakan Rohil Lebih Baik'
Afrizal Sintong, S.I.P, Bupati Rokan Hilir [Rohil], Riau.

SEDERHANA dan merakyat, kalimat itu seringkali terucap oleh warga di Kabupaten Rokan Hilir [Rohil] ketika melihat pemimpin yang dikaguminya hadir di tengah-tengah mereka, terlebih saat warga melaksanakan hajatan.

"Sosok figur sederhana dan merakyat itu melekat pada pribadi Afrizal Sintong, yang dinilai paling tepat memimpin daerah yang dikenal sebagai daerah Seribu Kubah itu."

“Dimata kami, Afrizal Sintong (AS) sosok yang sederhana dan merakyat. Kesederhanaan itu penting bagi seorang pemimpin, karena mencerminkan keseharian dan karakter. Itulah sikap yang disenangi rakyat,” kata Azis M Yu BA, seorang warga yang juga Ketua Kelompok Sadar Wisata, Bagan Siapiapi, Rohil.

Azis yang berharap  Pantai Subang untuk menjadi destinasi wisata baru di Dusun Sungai Siandam, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rohil ini menyebutkan, kepribadian mulia itu didukung oleh keahlian dan konsentrasi AS dibidang pertanian yang banyak membantu kalangan petani dan orang kecil. “Sehingga kami sangat berharap, beliau melanjutkan kepemimpinan sebagai bupati,” ujarnya.

Afrizal Sintong dikenal memiliki basis massa yang tidak sedikit di Rokan Hilir. Rumpun keluarganya tersebar hingga di Kota Pekanbaru, Batam/Kepri hingga Jakarta, kata Larshen Yunus, Ketua DPD I KNPI Riau yang dikenal orang dekat AS yang menyampaikan apresiasinya atas penilaian tokoh masyarakat ini.

“Masa mencalonkan diri menjadi Bupati Rohil, dukungan tokoh masyarakat terus mengalir untuk Afrizal Sintong. Sementara hubungan AS dengan Bistamam salah satu tokoh masyarakat Rohil memang sudah sejak dulu erat. Ini tentu modal berharga untuk menciptakan Rohil yang lebih baik,” tandas Larshen Yunus.

Pada Pilkada serentak yang lalu, Afrizal Sintong berpasangan dengan H. Sulaiman SS MH maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohil periode 2021-2024. Mereka didukung tiga parpol, yakni Partai Nasdem, PKB dan Partai Berkarya.

Diawal masa jabatannya sebagai Bupati Rohil, banyak harapan yang tertumpang di pundak Afrizal Sintong. Di lain pihak dengan mengusung jargon klasik banyak pula yang meragukan kemampuan AS untuk menyenangkan dan menenangkan semua pihak.

"Ekspektasi terhadap dirinya sangat tinggi. Bupati Afrizal Sintong harus mewujudkan impian teman-teman yang mendukungnya, para relawannya, para konstituen yang telah memilihnya, dan partai-partai yang mengusungnya," kata Larshen Yunus menilai.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Istri

Ternyata dia berhasil melaluinya. Kecuali beberapa segelintir orang yang kurang beruntung, ternyata mayoritas masyarakat Rohil menyenanginya. Walaupun dia seorang "sarjana pemerintahan" Afrizal Sintong mengerti betul bahwa jabatan Bupati adalah jabatan politis, bukan jabatan teknis.

Tetapi Larshen kembali menilai, kecerdasannya dalam berkomunikasi memudahkannya untuk meluncurkan program-program cerdas yang didukung sekaligus dilaksanakan oleh masyarakat Rohil.

Dengan penampilan dan bahasanya yang sederhana namun lugas, seorang Afrizal Sintong tidak hanya disenangi oleh banyak kalang tatapi juga mampu menggelorakan semangat masyarakat dalam meraih banyak prestasi.

Ada yang mengatakan tidak ada sektor yang luput dari sentuhan tangan dinginnya. Bakar Tongkang yang kini sudah menjadi even Nasional, ternyata di tangan Afrizal Sintong bisa disulap menjadi ajang yang menuai banyak prestasi dan pujian publik Nasional dan Internasional.

Bukan hanya di bidang Wisata yang terus digenjot hingga dikenal dunia, tetapi di segenap bidang pembangunan [infrastruktur] telah mampu berbicara di tingkat pulau Sumatera dan nasional.

Semenjak Afrizal Sintong memimpin Rohil sudah diraih prestasi, baik tingkat nasional dan tingkat provinsi. 

Menyikapi pihak yang tidak sepaham dengannya dalam pelaksanaan berbagai kebijakan, ia tetap sabar. Karena baginya, apa pun bentuknya kritik dianggap sebagai masukan berguna, untuk menyempurnakan kinerja kabinetnya untuk Rohil.

"Tidak perlu  menyenangkan semua orang, tapi silaturrahim harus dijaga dengan siapa pun," kata Afrizal Sintong yang diulang Larshen Yunus kala saat merespon banyak gejolak di awal-awal pemerintahannya.

Ia terus bekerja, merapikan barisan untuk menggenjot prestasi di berbagai bidang pembangunan. Salah satunya dilakukan dengan penyempurnaan “kabinetnya.”

Ia menyadari, para pengambul Keputusan di setiap SKPD mestilah ”orang kuat.” Orang kuat yang dimaksudkannya adalah memiliki komitmen yang jelas, memiliki keterampilan memimpin sebuah SKPD, dan memiliki “jaringan” dengan pihak-pihak yang bisa diharapkan mendukung pembangunan daerah, baik yang berada di Rohil, maupun di Pusat.

"Karena hal itu sangat penting, sekaitan Rohil merupakan daerah yang selalu kekurangan dana untuk membangun daerah," sebut Larshen Yunus.

Yang menarik, Afrizal Sintong tidak menjadikan jabatannya sebagai singgasana yang memabukkan. Ia terus bekerja, dan bekerja. Dari program sekecil apa pun, asal bermanfaat, ia akan mendukungnya.

Ia dengan senang hati akan datang untuk meresmikan sebuah bangunan warga, seperti sebuah mushalla di perkampungan terpencil sekalipun. Ia juga menghargai gagasan pembangunan yang mencuat dari “akar rumput”.

Salah satu contoh gerakan pembangunan berbasis lingkungan. Ia bahkan tak segan-segan ikut bergoro dalam pelaksanaan kebersihan lingkungan, serta menggerakan aparatur Pemkab Rohil untuk ikut mendukung secara bersama.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman

"Baginya komunikasi teramat penting. Prinsip AS, komunikasi bisa mencairkan “kebekuan” antar kelompok. Karena dengan berkomunikasi, kesalahpahaman bisa dihindari sedini mungkin. Baginya, komunikasi dua arah selalu dibina. Baik itu antara rakyat dengan pihak Pemkab Rohil, maupun antara pimpinan SKPD dengan pengambil Keputusan," sebut Larshen.

“Yang saya kagumi dari seorang AS adalah keterbukaan dalam bersikap dan berpendapat, serta menghargai pendapat orang lain. Di sisi lain, berkomunikasi dengannya sangat mudah, bahkan dengan sebuah pesan singkat melalui ponsel pun ia layani,” ujar Larshen lagi.

Afrizal Sintong, S.I.P (lahir 15 Juni 1976) adalah seorang politisi Indonesia. Ia menjabat sebagai Bupati Rokan Hilir 2021-2024 bersama H. Sulaiman SS MH sebagai wakilnya.

Ia maju sebagai calon bupati pada Pemilihan umum Bupati Rokan Hilir 2020 bersama Sulaiman. Mereka diusung oleh Partai NasDem, PKB, dan Partai Berkarya.

Ia pernah menjadi Anggota DPRD kabupaten Rokan Hilir periode 2014-2019. Pada 8 Juni 2021, Ia dilantik menjadi Bupati oleh Gubernur Riau Syamsuar di Balai Pelangi (Kediaman Gubernur Riau), Pekanbaru.

Riwayat Pendidikan

SDN 028 Sintong (1983-1989)
SMPS Karya Bahari (1991-1994)
PKBM Primatrain paket C (2014)
S-1 Ilmu Pemerintahan di Universitas Terbuka Pekanbaru 

Riwayat Pekerjaan

Karyawan PT Tri Patra (1996-2006)
Penghulu Sintong Pusaka (2010-2013)
Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir (2014-2019)
Bupati Rokan Hilir (2021-)

Riwayat Organisasi

Anggota Ikatan Karyawan Melayu Rokan (1996-2006)
Ketua Ikatan Kontraktor Migas Rohil (2004-2010)
Ketua Yayasan Peduli Lingkungan dan Hutan Indonesia (2010-2013)
Panglima Laskar Melayu Rokan Hilir (2016-sekarang)

Bupati Rohil Afrizal Sintong

Seorang visioner segudang prestasi

Afrizal Sintong yang juga akrab disapa Epi Sintong semakin populer ditengah masyarakat setelah beliau berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Rokan HIlir pada tahun 2020 dengan mengalahkan tiga pasangan lainnya.

Desa Sintong merupakan salah satu desa terletak di Kecamatan Tanah Putih merupakan tempat kelahiran Afrizal Sintong pada 15 Juni 1976 silam. Sampai saat ini Afrizal Sointong masih menetap di Desa Sintong Bakti, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil.

Ia telah mengukir banyak prestasi, bahkan punya sederet prestasi yang luar biasa.

Afrizal Sintong juga aktif diberbagai organisasi, baik organisasi di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Beberapa organisasi yang pernah beliau besarkan diantaranya:

  • Ketua Ikatan Kontraktor Migas Rohil 2024-2010
  • Ketua Laskar Melayu Rokan Hilir 2016

Beliau juga tercatat sebagai mahasiswa berprestasi di Universitas Terbuka dengan NIM: 020644055, program studi 71/Ilmu Pemerintahan. Dengan rincian kode MTK APU4334 dengan Nama MTK Kepemimpinan SKS 3, Nilai A dan Mutu 120.Kemudian kode MTK IPEM4208, Nama MTK Sistim Pemerintahan Desa, SKS 2, Nilai A dna Mutu 8,0, selanjutnya kode MTK IPEM 4321, Nama MTK Hukum Tata Pemerintahan, SKS3, Nilai A, Mutu 1,20. Selanjutnya kode MTK ISIP4212, nama MTK Pengantar Ilmu Politik, SKS 3, Nilai A dan Mutu 12,0. Terkahir kode MTK ISIP 4310, Nama MTK Sistim Ekonomi Indonesia, SKS 3, Nilai A dan Mutu 10,5.

Afrizal Sintong juga dinyatakan lulus dengan predikat A terbaik setelah mengikuti ujian tesis di Program Pascasarjana Universitas Islam Riau (UIR) pada Sabtu 29 Juli 2023 yang digelar di Ruang Sidang Lt II Gedung B Pascasarjana UIR.

Dalam proses menyelesaikan tugas akhirnya, Afrizal memilih metode publikasi ilmiah internasional jurnal Scopus Q2 berjudul “Government-Owned Digital Services to Overcome the Spread of Covid-19, Case in Indonesia”.

Penelitian tersebut diambil berangkat dari kapasitas Afrizal Sintong sebagai Bupati atau Kepala Daerah dalam menangani Covid-19 di Rohil.

Dikutip dari update terakhir dari akun Instagram @afrizalsintong_ mengatakan bahwa ujian tesis pada hari itu merupakan hari yang bersejarah baginya karena tidak menyangka karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan hingga S2.

“Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah. Pasalnya saya tak menyangka bisa menyelesaikan pendidikan hingga S2 karena sebelumnya waktu kecil sempat putus sekolah karena ekonomi orang tua yang tidak cukup membiayai saya bersekolah saat itu,” ungkap Afrizal haru.

Tidak lupa Afrizal pun juga berterima kasih sekaligus berharap kepada keluarga dan anak-anak muda Rokan Hilir untuk terus memotivasi diri melanjutkan pendidikan agar SDM Rohil jadi lebih maju.

Sementara itu, Dr. Rendi Prayuda, S.IP., M.Si. bertindak sebagai penguji dalam ujian tesis itu menerangkan dalam jurnal ataupun penelitian yang Afrizal garap membahas pengaplikasian digitalisasi administrasi pemerintah Indonesia dalam menghadapi Covid-19 selama kurun waktu 2020-2022 terakhir.

“Alhamdulillah beliau yang merupakan seorang Kepala Daerah Rohil telah berhasil lulus dengan predikat A dan resmi menyandang gelar M.Si yang merupakan lulusan Magister Ilmu Administrasi, selamat semoga ilmu yang telah didapatkan dapat diaplikasikan untuk kemajuan daerah,” ungkap Rendi.

Adapun Dosen Pascasarjana UIR yang bertindak sebagai penguji dalam ujian tesis Bupati Rohil tersebut diantaranya Prof. Dr. H. Yusri Munaf, S.H., M.Hum., Dr. Moris Adidi Yogia, S.Sos., M.Si., Dr. Dia Meirina Suri, S.Sos., M.Si, dan Dr. Rendi Prayuda, S.IP., M.Si. (*)

Tags : afrizal sintong, bupati rokan hilir afrizal sintong, afrizal sintong sederhana dan merakyat, afrizal sintong pemimpin disenangi rakyat,