Dumai   2022/08/01 12:41 WIB

Walikota H Paisal dan Ribuan Santri Lantunkan Sholawat Nabi, 'di Tahun Baru Islam 1444 Hijriah'

Walikota H Paisal dan Ribuan Santri Lantunkan Sholawat Nabi, 'di Tahun Baru Islam 1444 Hijriah'
Walikota Dumai H Paisal menggelar Tabligh Akbar perayaan 1 Muharram 1444 Hijriah.

DUMAI - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Pemko Dumai menggelar acara Tabligh Akbar dan Sholawatan Akbar di Taman Bukit Gelanggang, Jalan HR Subrantas, Kota Dumai.

Dalam acara ini, Jumat 29 Juli 2012, Pemko Dumai mengundang para santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Bidayatul Hidayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan sejumlah Ponpes yang ada di Kota Dumai.

Sebanyak kurang lebih 6.000 santriwan dan santriwati memenuhi Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai menyemarakkan malam 1 Muharram 1444 Hijriah/2022 Masehi.

Walikota Dumai, H. Paisal merasa bahagia atas terselenggaranya acara akbar tersebut. Selain itu, ia mengucapkan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada semua yang mendukung acara ini.

Tidak lupa, ia juga berterimakasih kepada seluruh ponpes, para kyai, ustaz dan ustazah, serta Forum Koordinasi Pondok Pesantren yang telah bersedia menyambut undangan acara sempena Tahun Baru Islam 1444 Hijriah di Kota Dumai.

"Helat akbar ini perdana kita laksanakan di Kota Dumai, mudah-mudahan syiar agama Islam semakin tersebar di Kota Dumai," ungkap Walikota, Minggu (31/7/2022).

H Paisal tak dapat membendung rasa kagumnya atas semangat yang ditunjukkan oleh santriwan dan santriwati yang ikut serta meriuhkan Taman Bukit Gelanggang dengan lantunan sholawat untuk Nabi Muhammad.

"Mudah-mudahan, melalui lisan yang memanjatkan sholawat Nabi, Kota Dumai mendapat berkahnya di awal tahun 1444 Hijriah ini untuk berbuat dan berkhidmat menuju Dumai Kota Idaman," tuturnya.

Melalui peringatan 1 Muharam ini, Walikota Dumai mengajak kepada seluruh hadirin untuk bermuhasabah dan terus meningkatkan amal ibadah dengan senantiasa mengembangkan wawasan keagamaan secara menyeluruh.

"Dalam momentum ini, mari kita introspeksi diri atas apa yang telah kita lakukan dimasa lalu. Kesalahan yang pernah diperbuat kita perbaiki agar kedepan kita menjadi hamba Allah yang lebih baik," pungkasnya.

Sementara acara berlangsung khidmat, dilanjutkan dengan tausiah agama, yang disampaikan Habib Umar Barakbah dan Ustaz H Dedi Sapri. Inti dari peringatan ini adalah memaknai hijrah yang dilakukan Rasulullah.

"Untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah serta mengimplementasikan dengan menebar rahmat bagi semesta alam," pungkasnya.

Acara dimeriahkan dengan gema Sholawat bersama Hadroh Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah. Ribuan peserta yang hadir pun khidmat melantunkan pujian kepada Rasulullah.

Turut hadir unsur Forkopimda Kota Dumai atau yang mewakili, Pejabat Struktural dilingkup Pemko Dumai, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua MUI, BAZNAS, dan PMD, Para Kyai Ustadz, Pimpinan Ponpes Bidayatul Hidayah Rohil.

Kemudian juga turut hadir, Ponpes Hidayatullah Dumai, Ponpes Baitul Quran Dumai, Ponpes Nurul Huda Dumai, Ponpes Al Amin Dumai, Ponpes Alam Qur'an, beserta Ketua Forum Komunikasi Ponpes se Kota Dumai. (rp.ind/*)

Tags : Walikota Dumai H Paisal, Ribuan Santri Lantunkan Sholawat Nabi, Tahun Baru Islam,