Headline Pekanbaru   2022/01/28 16:8 WIB

Walikota Firdaus Minta Camat, Lurah dan RT/RW Goro Masal 'Atasi Banjir dan Sampah', Tapi 'Warga Juga Harus Mendukung'

Walikota Firdaus Minta Camat, Lurah dan RT/RW Goro Masal 'Atasi Banjir dan Sampah', Tapi 'Warga Juga Harus Mendukung'
Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT tak segan-segan ikut bersih-bersih lingkungan.

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT minta camat, lurah dan RT/RW aktif melaksanakan gotong royong untuk atasi banjir dan sampah.

"Penyebab utama banjir karena drainase yang dipenuhi dengan tumpukan sampah."

"Jadi kepada pak camat, buk camat, pak lurah, buk lurah beserta RT-RW, ajak warga untuk gotong royong, buang sampah yang ada di dalam parit karena itu akan membuat air tidak lancar," pinta Walikota Firdaus didepan wartawan, Kamis (27/1) kemarin.

Menurutnya, persoalan banjir yang terjadi di sejumlah titik karena curah hujan tinggi bukan karena tidak adanya saluran air. Akan tetapi, juga lantaran ada warga yang tidak mendukung pembangunan saluran pembuangan air yang dilakukan pemerintah kota.

"Seperti di Jalan Hangtuah, di situ ada satu titik yang banjir terus. Sudah dibuat saluran air, tetapi banjir juga. Jadi persoalannya bukan karena tidak ada saluran air di kawasan itu, enggak. Itu kan buangannya ke bawah, parit yang mau dibangun ke arah bawah, ada masyarakat yang tidak mau," ungkapnya.

"Jadi, baguspun saluran air kita yang di atas (kawasan banjir), tapi kalau buangan airnya ke bawah tidak ada, (kalau hujan) ya tergenang lagi," sambungnya.

Untuk persoalan banjir di Hangtuah ini, Walikota pun sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar berkoordinasi dengan camat, lurah dan RT/RW setempat sehingga pembangunan drainase bisa dilakukan.

"Masyarakat yang di bawah juga harus mendukung pembangunan saluran air yang melewati pemukiman mereka, sehingga air bisa mengalir dengan lancar," ungkapnya.

Jadi persoalan lingkungan yang terjadi di curah hujan yang tinggi, sangat diperlukan kepedulian warga terhadap lingkungan.

Sebelumnya Walikota Firdaus yang tanpa segan-segan melakukan goro massal belum lama ini melakukan kegiatan bakti sosial pembersihan dan pengerukkan di anak Sungai Sago di Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Pekanbaru Kota ini.

Bakti sosial juga di hadiri pihak PUPR, Camat Pekanbaru Kota Norpendike Prakarsa SSTP para lurah dan masyarakat setempat. Sementara goro itu dibantu juga dari anggota TNI, Bhabinkamtibmas dan Karang Taruna. Bahkan dalam kegiatan gotong royong, Walikota Pekanbaru Firdaus masuk ke dalam aliran anak Sungai Sago untuk membersihkan sampah yang ada di dalam anak sungai.

“Pembersihan sampah di sepanjang aliran anak sungai sangat baik, dengan begitu sampah yang ada di dalam bisa dikeruk sehingga tidak menyebabkan banjir."

"Kita sangat menyambut baik kegiatan dilaksanakan oleh pihak Kecamatan Pekanbaru Kota ini. Karena saat ini masih dilihat juga banyak tumpukan sampah yang ada di dalam aliran anak sungai  sehingga membuat aliran tidak lancar dan tersumbat," katanya.

Walikota juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu peduli dengan lingkungan, terutama keberadaan parit atau anak sungai yang ada di lingkungan tempat tinggal. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Walikota Pekanbaru Firdaus Minta warga Peduli Lingkungan, Camat, Lurah dan RT/RW Goro Masal Atasi Banjir dan Sampah, Warga Diminta Dukung Lingkungan,