Riau   2024/05/07 13:38 WIB

Gebyar Gernas BBI BBWI Bawa Berkah, 'dapat Rekor MURI dan Raup Rp 3,08 Miliar'

Gebyar Gernas BBI BBWI Bawa Berkah, 'dapat Rekor MURI dan Raup Rp 3,08 Miliar'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Transkasi Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada acara Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia, dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI BBWI) tahun 2024, mengalami peningkatan cukup siginifikan bila dibanding pada tahun 2023 yang lalu.

Gebyar Gernas BBI BBWI membawa berkah."

“Alhamdulillah, transaksi UMKM kita, selama tiga hadi Bazar UMKM dibuka bersempena Gernas BBI BBWI meningkat sekitar 90 persen bila dibandingkan tahun yang lalu," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Provinsi Riau, Taufik OH, Senin (6/5).

"Data terakhir kami terima transkasi mencapai Rp3,08 miliar lebih, kalau tahun lalu Rp1,8 miliar,” sambung Sekretaris BBI BBWI itu.

Untuk tahun ini tercatat dari laporan transaksi Bazar UMKM mencapai Rp3,08 miliar lebih. Sedangkan tahun lalu transaksi hanya Rp1,8 miliar.

Untuk pelaksanaan Bazar 3-5 Mei 2024, hari pertama Bazar UMKM tercatat sebanyak Rp762.750.000, transaksi, hari kedua transaksi sebesar Rp1.093.500.000, dan hari ketiga transaksi mencapai Rp1.231.200.000.

Selama pelaksanaan Bazar, kata Taufik, ribuan masyarakat memadati bazar yang diadakan di halaman parkir Kantor Gubernur Riau.

Berbagai macam produk lokal dijajakan dari UMKM yang mengisi stan yang telah disediakan oleh panitia secara gratis.

Masyarakat lebih banyak membeli kuliner, baik kuliner basah maupun kuliner kering. Begitu juga dengan penjualan fashion dan Kriya atau kerajinan tangan.

“Sejak mulai dibukanya Bazar UMKM selalu ramai pengunjung membeli produk lokal kita. Tentunya ini tidak terlepas dari penjualan produk lokal dari 308 UMKM yang mengisi stan bazar yang kita buka secara gratis,” ungkap Taufiq.

"Dan untuk hari ketiga transkasi paling tinggi mencapai Rp1,2 Miliar, paling banyak transkasi kuliner, baik yang basah maupun yang kering," sebutnya.

Taufik menjelaskan, tahun ini Disperindagkop UMKM bersama Dinas Pariwisata mengkolaborasikan Lancang Kuning Carnival dengan Bazar UMKM Gernas BBI BBWI.

Tahun lalu transaksi mencapai Rp65 Miliar. Untuk per tanggal 1 Mei 2024, e-katalog produk tingkat komponen dalam negeri (TKDN) Provinsi Riau telah menyentuh angka Rp1,17 triliun.

“Sementara untuk transaksi UMKM sudah Rp10 miliar per tanggal 1 Mei. Artinya hingga Harvesting pada 23 Juni 2024 nanti bisa lebih dari Rp18 Miliar,” katanya.

Pecahkan 2 Rekor MURI, Acara Penutupan BBI-BBWI 2024 Meriah

Gernas BBI-BBWI beserta Lancang Kuning Carnival tahun 2024 sukses dilaksanakan, bahkan event akbar ini pecahkan dua rekor MURI.

Pada malam puncak, Minggu 5 Mei 2024, antusias masyarakat untuk menyaksikan acara tersebut masih sangat tinggi.

Diacara penutupan turut dimeriahkan Band Fourtwnty dan artis ibu kota yakni Angel Karamoy melalui Grand Carnival Beyond Culture. Dengan menampilkan peserta dari berbagai komunitas budaya dengan busana megah berciri khas budaya Lancang Kuning.

Selain itu, acara ini juga menjadi panggung bagi para seniman, komunitas budaya, dan masyarakat Riau untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

Dari parade budaya, fashion show hingga pertunjukan seni modern, acara ini memperlihatkan keberagaman Provinsi Riau dalam segala aspek.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Sekda Riau, Indra SE menyampaikan BBI-BBWI yang dikolaborasikan dengan Lancang Kuning Carnival ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Riau ke kancah nasional. Sekaligus untuk meningkatkan geliat pariwisata di Provinsi Riau.

"Melalui berbagai event yang ditampilkan kita ingin memperlihatkan kekayaan budaya yang ada di Riau, harapannya Riau ini dikenal masyarakat luas melalui kekayaan budayanya," ungkap Indra, Minggu (5/5) malam saat acara penutupan BBI-BBWI di halaman Kantor Gubri.

Selain itu, Indra juga berharap bahwa acara ini dapat menjadi event yang berkelanjutan di setiap tahunnya.

"Mari kita tingkatkan kolaborasi dan kerjasama untuk memperkenalkan produk-produk UMKM kita, dan sekaligus meningkatkan sektor pariwisata dengan mengangkat kearifan lokal serta kekayaan daerah kita (Riau)," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam pergelaran Gebyar BBI-BBWI di Riau tahun 2024 ini ada dua capaian gemilang yang di dapat Riau. Yakni menyabet dua Piagam Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pertama ada rekor MURI kategori tari serentak dengan melibatkan 10 ribu penari, dan satu lagi rekor MURI memasak mie sagu goreng sebanyak 3.500 porsi. (*)

Tags : Gebyar Gernas BBI BBWI, Bawa Berkah, Rekor MURI, Bazar UMKM BBI BBWI Raup Rp 3, 08 Miliar,