Kuniler   2023/07/02 13:29 WIB

Menu Anti Bosan! Ini Resep Praktis Mengolah Daging Sapi Idul Adha, 'Jadi Sajian Luar Biasa Nikmat dan Gurih'

 Menu Anti Bosan! Ini Resep Praktis Mengolah Daging Sapi Idul Adha, 'Jadi Sajian Luar Biasa Nikmat dan Gurih'
Mengolah daging sapi Idul Adha

KULINER - Pasti kamu masih memiliki stok daging sapi sisa Idul Adha. Daripada buat menu itu-itu saja, masak menu anti bosan yang nikmat dan gurih ini, yuk.

Sebuah resep praktis dalam mengolah daging sapi Idul Adha menjadi sajian anti bosan yang luar biasa akan dibagikan dalam artikel ini. Ikuti dengan seksama agar berhasil memasaknya.

Baca artikel resep menu anti bosan olahan daging sapi Idul Adha ini dari awal sampai akhir. Prosesnya cepat dan bahan-bahannya sangat mudah untuk didapatkan.

Hasilnya adalah daging sapi tumis yang empuk dengan rasa gurih dan nikmat. Meskipun praktis, tapi menu anti bosan ini akan sangat mengenyangkan ketika dimakan bersama nasi hangat.

BeritaSukoharjo.com sudah merangkum semua bahan dan cara pembuatan olahan daging sapi yang praktis dari kanal YouTube fluffy kasih. Simak selengkapnya!
Bahan-bahan:

Bahan marinasi:

500 gram daging sapi
1 sdt merica
5 siung bawang putih
2 sdm kecap manis
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
1/2 sdt bawang putih
2 sdm kecap manis
1 sdt kaldu sapi bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdm gula pasir

Bumbu iris:

12 siung bawang merah
3 siung bawang putih
8 buah cabe merah rawit
2 buah tomat

Bumbu lainnya:

Secukupnya kecap manis
Secukupnya gula pasir
Secukupnya kaldu bubuk
Sedikit garam

Cara membuat:

1. Siapkan bahan-bahan, lalu cuci bersih 500 gram daging sapi bagian has dalam. Kemudian, potong-potong daging sapi menjadi bentuk kecil-kecil.

2. Kemudian, ambil sebuah cobek dan masukkan satu sendok teh merica dan lima siung bawang putih. Ulek kedua jenis bahan sampai halus.

3. Tempatkan potongan daging sapi ke dalam sebuah wadah. Tambahkan bumbu marinasi yang sudah diulek tadi.

4. Masukkan juga dua sendok makan kecap manis, satu sendok teh gula pasir, dan setengah sendok teh garam. Aduk-aduk daging sapi bersama bumbu hingga tercampur rata.

5. Marinasi daging sapi tersebut selama minimal 15 menit. Jika lebih lama tidak apa-apa karena bumbu malah akan lebih sempurna meresap ke daging.

6. Potong-potong 12 siung bawang merah secara kasar saja. Potong-potong kasar juga tiga siung bawang putih. Lanjut potong-potong delapan buah cabe rawit dan potong dua buah tomat kotak-kotak kecil.

7. Panaskan minyak goreng secukupnya dengan api sedang, lalu masukkan daging sapi yang sudah dimarinasi ke dalamnya. Aduk-aduk daging sampai tercampur rata.

8. Tambahkan dengan secukupnya kecap manis, gula pasir, kaldu bubuk, dan sedikit garam. Aduk-aduk rata bersama dagingnya.

9. Masak hingga kuahnya menyusut. Lalu, masukkan potongan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Tambahkan juga potongan tomatnya, aduk-aduk hingga tercampur rata.

10. Masaknya tidak perlu berlama-lama, kalau dagingnya dirasa sudah empuk dan rasanya sudah pas, matikan api. Pindahkan tumis daging sapi simpel tapi nikmat ini ke atas piring saji.

Santap olahan daging kurban Idul Adha ini bersama nasi hangat, pasti akan membuatmu ingin nambah nasi karena rasa nikmat dan gurih yang dimilikinya. Selamat mencoba.***

Editor: Elfi Yandera

Tags : daging sapi, nikmat, Idul Adha, resep, anti bosan,