Indragiri Hulu   2023/11/13 9:59 WIB

MTQ Riau Ke-41 Disambut Hangat Peserta dan Undangan, 'Juga Diapresiasi Plt Gubri atas Keberhasilannya'

MTQ Riau Ke-41 Disambut Hangat Peserta dan Undangan, 'Juga Diapresiasi Plt Gubri atas Keberhasilannya'
Pembukaan MTQ ke-41 di tepian Danau Raja, dihadiri Plt Gubri beserta 12 kabupaten kota, Sabtu 11 November 2023.

INDRAGIRI HULU, RIAUPAGI.COM - Pelaksana Tugas [Plt] Gubernur Riau, Brigjen TNI [Purn] H. Edy Natar Nasution S.IP, memberikan apresiasi tinggi kepada Kabupaten Inhu, atas suksesnya penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an [MTQ] ke-41 tingkat Provinsi Riau. 

"MTQ Riau ke-41 di Inhu disambut hangat peserta dan undangan."

"Alhamdulillah, MTQ ke-41 tingkat Provinsi Riau berhasil dilaksanakan dengan baik, dan saya mengapresiasi setinggi-tingginya untuk Kabupaten Inhu," kata Plt Gubri H Edy Natar Nasution.

Pembukaan MTQ ke-41 di lakukan di tepian Danau Raja, Sabtu 11 November 2023, Plt Gubri menyatakan kebanggaannya terhadap Kabupaten Inhu yang mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara ini dengan baik, semarak, dan lancar.

Plt Gubri berharap bahwa melalui MTQ ini, generasi qurani dapat tumbuh dengan akhlak yang tinggi, menjadi bekal di akhirat kelak. Tema MTQ ke-41, "Merajut Generasi Qur'ani Menuju Indragiri Berilmu Amaliah," menjadi landasan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam sambutannya, Plt Gubri juga menegaskan pentingnya keadilan dalam penilaian oleh dewan hakim dan panitia.

"Selain meningkatkan minat membaca Al-Qur'an, ini juga merupakan prestasi ke depan, hingga tingkat nasional maupun internasional," tandasnya dikutip MC.Riau.go.id.

Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, menyampaikan terima kasih kepada Plt Gubri atas dukungan yang diberikan. Ia menyoroti dampak positif MTQ ke-41 terhadap masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sebelum pembukaan MTQ, telah dibuka bazar UMKM dari seluruh kabupaten/kota se Riau, memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat.

"Pelaksanaan MTQ di Kabupaten Inhu juga memberikan dampak besar pada tingkat kunjungan yang mencapai 20 ribu orang dari berbagai daerah. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk meningkatkan silaturahmi masyarakat se Provinsi Riau dan melahirkan generasi quran ke depan," sebutnya.

Pembukaan MTQ ke-41 Tingkat Provinsi Riau di Inhu berlangsung meriah, masyarakat berbondong-bondong memadati Astaqa Utama di kawasan wisata Danau Raja Rengat, Sabtu 11 November 2023 malam.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Daerah 12 Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, Para pejabat Provinsi Riau dan pejabat 12 Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, Ketua DPRD Riau dan Ketua DPRD 12 Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, Kakanwil Kemenag Provinsi Riau dan Kepala Kemenag 12 Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, serta tamu undangan lainnya.

Diawali tari persembahan dari Sanggar Narasinga II, acara pembukaan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan atraksi, diantaranya penampilan Marching Band dari Satpol PP Kab. Inhu, Defile 12 Kab/Kota, menyanyikan Mars MTQ oleh 150 orang dari Paduan Suara Sanggar An-Najah yayasan Pendidikan Agama Islam Rengat (YPAIR) MTs - MA dan STAI Madinatun Najah Rengat, terakhir penampilan tari Massala dari sanggar tari Dewan Kesenian Indragiri.

Pada pembukaan MTQ ini juga dibacakan lantunan ayat suci Al-Qur'an dari H. Ahmad Azroi Hasibuan S.Pd.I Qori juara Internasional di Thailand tahun 2016, serta pengibaran bendera MTQ dari Paskibraka.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para undangan serta seluruh kafilah 12 kabuaten/kota di Kota bersejarah, Kota Rengat Kab. Inhu.

Bupati Rezita menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Riau, Kanwil Kemenag Riau dan LPTQ Riau yang telah memberi kepercayaan kepada Kab. Inhu sebagai penyelenggara MTQ Tingkat Provinsi Riau ke-41 Tahun 2023.

Rezita menyebutkan, tema MTQ ini adalah "Merajut Generasi Qur'ani, Berilmu Amaliah dan Beramal Ilmiah". Tema ini dimaksudkan sebagai wujud kepedulian untuk membentengi generasi muda melalui pendekatan agama.

Bupati Rezita juga menjelaskan tentang logo MTQ Ke-41 ini yang menggabungkan beberapa unsur yaitu Mushaf Alqur'an beralas rehal, Lima bintang dan bunga seroja, logo ini menjadi cerminan tentang harapan tentang MTQ yang sarat dengan syi'ar islam ini diharapka dapat mempererat persatuan dan persaudaraan sekaligus mampu menjadi stimulan untuk meningkatkan penghayatan, kecintaan, dan pengamalan tentang ajaran Islam.

Selanjutnya Kakanwil Kemenag Prov. Riau Dr, H. Muliardi, MA dalam sambutannya menyebutkan pelaksanaan MTQ Tahun 2023 dari data di aplikasi e-mtq peserta MTQ yang mendaftar sebanyak 752 orang peserta utama orang dan 6 orang peserta cadangan dan setelah dilakukan verifikasi faktual yang terdata peserta MTQ sebanyak 746 orang peserta yang diikuti 12 Kab/Kota se-Provinsi Riau yang memperlombakan 10 cabang lomba.

Muliardi berharap kepada seluruh majelis hakim memberikan penilaian yang sebaiknya, dimana pada tahun ini merupakan tahun kedua menggunakan penilaian secara terbuka diinformasikan melalui web, harapannya MTQ ini menghasilkan para juara yang benar-benar terbaik yang dapat mengharumkan Provinsi Riau di tingkat yang lebih tinggi.

Disamping itu, MTQ bukan hanya sebuah acara rutin lomba menang kalah, tetapi dapat menjadi suntikan energi umat islam di provinsi Riau untuk membumikan Alqur'an dalam kehidupan sehari-hari, sambung Muliardi.

Acara MTQ secara resmi dibuka ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Plt Gubernur Riau didampingi oleh Bupati dan wakil Bupati Inhu, Kakanwil Kemenag Prov. Riau, dan Ketua LPTQ Prov. Riau, sementara Forkopimda Prov. Riau dan Bupati Walikota se-Provinsi riau memukul bedug bersama.

Pada acara pembukaan MTQ ini juga dilaksanakan Penyerahan bonus pemenang Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist nasional ke 17 dari Pemprov Riau, serta penyerahan piala bergilir MTQ Provinsi Riau dari juara umum tahun sebelumnya Bupati Kabupaten Rokan Hilir ke Plt. Gubernur Riau dan dari Plt Gubernur diserahkan ke Bupati Indragiri Hulu untuk diperebutkan pada MTQ tahun 2023. (*)

Tags : musabaqah tilawatil quran, mtq riau ke-41 di inhu, mtq ke 41disambut hangat peserta dan undangan, mtq riau ke41 diapresiasi plt gubri,