Daik Lingga   2020/02/28 23:12 WIB

Sosialisasi Antisipasi Karhutla di Kecamatan Singkep

Sosialisasi Antisipasi Karhutla di Kecamatan Singkep

DABOSINGKEP, RIAUPAGI.com -Musyawarah tentang antisipasi masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilakukan di Sanggar Praja Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga, Jumat (29/2).

Hadir Plt Camat Agus, Kapolsek Singkep AKP Wahyudi, Dan Ramil yang di wakili Zul, Satpol PP Kasi Kom Abdul Manaf, Lurah Sungai Lumpur Baihaki, Lurah Dabo, Lurah Dabo Lama dan Kepala Desa Batu Kacang Suharkopaini, Kades Tanjung Harapan yang di wakili Aprizal.

Plt Camat Singkep Agus dalam kata sambutannya menyatakan, masalah kebakaran.harus diantisipasi secara bersama, saya minta pada kelurahan dan desa di wilayah Kecamatan Singkep supaya dapat menjaga lingkubgannya masing-masing, sebutnya.

Saat ini cuaca kurang bersahabat, tentunya harus saling kontrol supaya tidak terjadi hal-hal yang tak kita inginkan. Saya berharap pada lurah dan desa dapat menyisihkan dananya guna untuk pelatihan bencana alam, selagi anggaran yang dikeluarkan tidak terbentur dengan peraturan yang ada, kata Agus.

Dia juga berharap dibentuknya forum yang dapat ditentukan waktu dan hari yang selanjutnya agar bisa dilakukan croscek kelapangan.

Menanggapi pertanyaan Kades Batu Berdaun tentang dilarangnya membakar sampah, Kapolsek Singkep AKP Wahyudi menyebutkan, warga agar dapat menjaga lingkungan dan jangan sampai api membesar.

Musyawarah semakin menarik dalam pembahasan soal karhutla dengan banyaknya tanya jawab baik dari Lurah Sungai Lumpur dan penyampaian dari Staf Kelurahan Dabo Lama tentang sosialisasi bencana kebakaran dan banjir.

Begitu juga penyampian dari Kepala Desa (Kades) Batu Berdaun Zainal dan Kades Batu Kacang yang mempertanyakan soal aturan pembakaran sampah. Pertemuan musyawarah dan sosialisasi karhutla berlangsung tiga jam, akhirnya banyak diperoleh berbagai arahan serta masukan. (rp.mis/*)

Editor: Samsul Bahri

Tags : -,