News   2024/07/30 15:50 WIB

1.174 Koperasi Perlu Dibenahi, Sekda: 'yang Tidak Aktif Dibekukan Saja'

 1.174 Koperasi Perlu Dibenahi, Sekda: 'yang Tidak Aktif Dibekukan Saja'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM – Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77, ada 1.174 koperasi perlu dibenahi.

"Seiring peringatan Hari Koperasi ke-77 perlu dilakukan pembenahan."

"Yang koperasinya sudah tidak berjalan atau hidup lagi lebih bagus dibekukan saja, bentuk yang baru," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Senin (29/7).

Ia menyarankan adanya pembenahan di sektor koperasi.

Salah satu langkah yang diusulkan yakni membekukan koperasi-koperasi yang dinilai tidak aktif atau tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

Indra Pomi menyarankan agar koperasi yang sudah tidak berjalan atau tidak aktif lebih baik dibekukan. Lalu dibentuk koperasi baru yang lebih produktif.

Menurutnya, koperasi dapat memberikan manfaat besar bagi para anggotanya. Selain itu, hasil dari koperasi juga bisa dinikmati bersama oleh seluruh anggotanya.

"Kami kira peran koperasi sebagaimana yang disampaikan para pendahulu kita seperti Bung Hatta dan lainnya, bahwa koperasi ini memang soko guru perekonomian Indonesia yang memang berasal dari akar budaya bangsa Indonesia, bebas KKN. Kalau dapat hasil, dinikmati bersama," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Sarbaini, membenarkan adanya koperasi yang sudah tidak aktif di Kota Pekanbaru.

Dari total 1.174 koperasi yang ada, tidak semuanya aktif. Maka itu, pihaknya akan merekrut 15 tenaga pendamping di tingkat kecamatan untuk menelusuri koperasi mana saja yang tidak aktif.

"Dari 1.174 koperasi yang ada di Kota Pekanbaru, memang tidak semuanya aktif. Kami akan turun ke lapangan dengan merekrut 15 tenaga pendamping di tingkat kecamatan untuk menelusuri koperasi yang tidak aktif, supaya koperasi ini bisa aktif kembali dan tumbuh berkembang dalam kegiatan-kegiatannya," ungkap Sarbaini.

Sarbaini menyatakan bahwa Dinas Koperasi akan berusaha mengangkat koperasi-koperasi yang ada di Kota Pekanbaru agar dapat berkembang dan menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

"Ke depannya, Dinas Koperasi akan berusaha mengangkat koperasi-koperasi yang ada di Kota Pekanbaru ini agar berkembang gerakannya. Sehingga dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan yang merupakan soko guru dari ekonomi di Indonesia ini," jelasnya.

Saat ini, jumlah anggota koperasi se-Kota Pekanbaru tercatat sebanyak 121.270 orang. Dengan langkah-langkah pembenahan yang diusulkan, diharapkan koperasi di Kota Pekanbaru dapat lebih berperan dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : koperasi, hari koperasi ke 77, pekanbaru, koperasi perlu dibenahi, koperasi tak aktif dibekukan, News,