Pendidikan   2024/06/21 16:1 WIB

1.189 Calon Sisiwa SMA Negeri Plus Bersaing Ketat yang Mendaftar di PPDB Online 2024

1.189 Calon Sisiwa SMA Negeri Plus Bersaing Ketat yang Mendaftar di PPDB Online 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMA Negeri Plus Provinsi Riau telah resmi dibuka.

"Calon Sisiwa SMA Negeri Plus mulai mendaftar di PPDB Onine 2024."

"Kami sudah mulai sosialisasi dari awal Februari, kemudian dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran secara daring," kata Kepala SMA Negeri Plus Riau, Edi Sutono MPd seperti dilansir mcr, Kamis (20/6).

Tercatat sebanyak 1.189 calon peserta didik telah mendaftar untuk mengikuti seleksi masuk sekolah yang menerapkan sistem boarding ini.

Edi Sutono menyampaikan, sosialisasi pendaftaran PPDB di SMAN Plus sudah dimulai sejak Februari lalu.

Proses pendaftaran dilakukan secara online dan melibatkan calon peserta didik dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Setelah pendaftaran, calon peserta didik harus melalui beberapa tahapan seleksi. Yang lulus seleksi berkas berhak mengikuti tes selanjutnya yaitu tes akademik," jelas Edi Sutono.

Tahapan seleksi ini tidak hanya mencakup tes akademik, tetapi juga meliputi tes fisik, tes kesehatan, dan psikotes.

"Rentang waktunya sudah dimulai sejak Februari," tambahnya.

Untuk tahun ini, terdapat beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik, terutama terkait nilai rapor dan sertifikat prestasi.

"Untuk lima mata pelajaran yaitu matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, dan IPS minimal harus bernilai 80. Nilai tersebut berlaku untuk semua semester dari semester satu hingga semester lima," terang Edi.

Selain itu, nilai rata-rata keseluruhan mata pelajaran juga harus minimal 80. Tim dari SMAN Plus akan melakukan verifikasi berkas calon peserta didik untuk memastikan persyaratan tersebut terpenuhi.

"Kemudian juga ada tes kesemaptaan yang meliputi tes kesehatan dan tes fisik,” tambahnya.

Peserta didik yang berhasil melewati semua tahapan seleksi dan tes akan mulai masuk asrama sekitar 11 Juli 2024.

"Pembelajaran efektif tahun ajaran 2024-2025 berdasarkan kalender pendidikan dimulai sekitar 15 Juli," tuturnya.

Dengan kuota penerimaan sebanyak 200 peserta didik, kompetisi untuk masuk ke SMAN Plus Provinsi Riau cukup ketat.

Proses seleksi yang ketat ini diharapkan dapat menjaring peserta didik yang tidak hanya berprestasi secara akademik tetapi juga memiliki kesehatan fisik yang baik.

Bagi calon peserta didik dan orang tua yang ingin mendaftar, informasi lebih lanjut mengenai tahapan seleksi dan persyaratan bisa didapatkan melalui situs resmi SMA Negeri Plus Riau. (*)

Tags : Calon Sisiwa, SMA Negeri Plus, Pekanbaru, Pedaftaran PPDB Onine 2024, Siswa SMAN Plus Bersaing Ketat, Pendidikan,