Sorotan   2020/03/31 22:45 WIB

Virus Corona Bisa Menyebar ke Telepon Genggam dan Uang Kertas?

Virus Corona Bisa Menyebar ke Telepon Genggam dan Uang Kertas?

SOROTAN - Di tengah penyebaran virus corona Covid-19 yang belum bisa dikendalikan di banyak negara, muncul pertanyaan apakah virus bisa menyebar melalui telepon genggam, uang kertas dan koin?

Bagaimana dengan anak-anak, apakah mereka memang lebih tahan terhadap virus ini? Lalu bagaimana pula jika pasien yang telah dinyatakan positif punya hewan piaraan, apakah hewan piaraan juga akan tertular?

Berikut rangkuman sejumlah pertanyaan dari para pembaca dirilis BBC Indonesia, berikut jawabannya:

Apakah telepon genggam kita perlu sering-sering dibersihkan?

Virus corona diyakini menyebar di antara manusia melalui cipratan atau percikan batuk dan bersin. Namun, para pakar memperkirakan virus ini bisa bertahan di permukaan benda, mungkin hingga beberapa hari.
Jadi, ada baiknya jika telepon genggam dibersihkan secara berkala, baik ketika di rumah maupun di kantor.

Namun, produsen-produsen telepon genggam memperingatkan kita untuk tidak membersihkan dengan hand sanitiser atau bahan-bahan yang menggunakan alkohol karena bisa merusak lapisan pelindung layar.

Jika lapisan rusak, ada kemungkinan kuman lebih gampang menempel di layar.

Telepon genggam generasi baru banyak yang tahan air, jadi tak masalah jika membersihkannya dengan sabun dan air dan kemudian dilap dengan handuk sekali buang.

Pastikan telepon genggam Anda memang tahan air. Kalau tidak, alih-alih membersihkan telepon, perangkat Anda malah bisa rusak.

Bagaimana peluang anak-anak terkena?

Secara umum, anak-anak relatif tidak banyak terdampak oleh virus corona, menurut data di China.

Ini mungkin disebabkan anak-anak memang tahan terhadap virus, tidak menunjukkan gejala, atau gejala yang diperlihatkan tergolong ringan yang mirip dengan pilek.

Namun, anak-anak yang pernah punya masalah pernafasan -- misalnya asma -- harus waspada karena bisa saja virus corona menyerang mereka.

Meski demikian, bagi sebagian besar anak-anak, virus akan menyebabkan infeksi pernafasan dan diyakini tidak akan membahayakan.

Apakah bisa menyebar melalui uang kertas dan koin?

Pemerintah China mengatakan uang kertas dan uang logam yang diterima pihak bank harus disterilisasi sebelum diserahkan kepada nasabah, dalam upaya menekan penyebaran penyakit.

Karena itu, ada baiknya melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit dan kartu debit, tapi virus dan kuman juga bisa menempel di kartu tersebut.

Dianjurkan untuk mencuci tangan sebersih mungkin setelah memegang uang kertas, koin, dan kartu bank.

Apa beda antara pilek dan penyakit yang disebabkan oleh virus corona?

Gejala pilek dan penyakit yang disebabkan oleh virus corona memiliki banyak kesamaan.

Karenanya sulit untuk membedakan, kecuali jika kita melakukan tes kesehatan.

Gejala utama virus corona jika sudah menyerang adalah demam dan batuk-batuk. Pilek sering kali memiliki gejala lain seperti radang tenggorokan, sementara untuk virus corona, mereka yang terkena mungkin juga akan mengalami kesulitan bernafas atau merasa seperti tersengal-sengal.

Jika memang merasa telah terkena virus, seseorang sebaiknya tidak datang ke tempat praktik dokter, apotek, atau rumah sakit.

Mereka juga sebaiknya menghubungi nomor layanan yang telah disediakan otoritas kesehatan setempat.

Jika saya terkena virus corona, apakah hewan piaraan yang saya miliki juga akan terkena?

Di Hong Kong, pemerintah setempat minggu ini memperingatkan orang untuk tidak mencium binatang piaraan namun juga meminta agar warga tidak panik dan mengabaikan binatang mereka, setelah satu anjing dinyatakan positif namun lemah terkena virus corona.

Kementerian Pertanian, Perikanan dan Konservasi Hong Kong mengatakan para pakar sepakat bahwa anjing itu terkena penularan ringan dan mungkin terkena dari manusia.

Pemilik anjing memang tertular Covid-19 namun anjing itu sendiri tidak menunjukkan gejala.

Para pakar medis termasuk dari WHO menyelidiki kasus ini untuk menyelidiki apakah anjing itu memang tertular atau terinfeksi dari permukaan yang terkena virus.

WHO mengatakan sejauh tidak ada bukti virus corona menular dari manusia ke hewan piaraan seperti anjing dan kucing.

Virus-virus corona ditemukan di semua spesies binatang.

Biasanya ditemukan di spesies tunggal dan penyebaran lintas spesies sangat jarang terjadi.

Namun disarankan, kita membersihkan tangan setelah memegang hewan piaraan.

Hewan piaraan bisa membawa bakteri seperti E.coli dan salmonella dan bakteri ini bisa menular dari hewan ke manusia. (*)

Tags : -,