Rokan Hilir   2020/05/13 18:43 WIB

Jalan Lintas akan Dipasang Portal

Jalan Lintas akan Dipasang Portal

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.com - Jalan lintas H Annas Maamun Simpang Poros, Kecamatan Rimba Malintang menuju Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sepanjang lebih kurang 10 kilometer (KM) yang sedang dilakukan perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau akan dipasang portal.

Pemasangan portal untuk mengantisipasi dan menjaga kualitas dan ketahanan badan jalan lintas oleh pihak unsur pimpinan pemerintahan dua kecamatan itu sudah dimusyawarahkan dilakukan di kantor camat Rimba Malintang, Rabu (13/5/2020) dihadiri camat Bangko Pusako Bukhori SAg, Camat Rimba Malintang H Darsono, Kapolsek Rimba Malintang Iptu Sodikin SH, Anggota DPRD Rohil dapil 2 (dua), Perwakilan pemuka masyarakat dua kecamatan, Perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Rohil serta unsur terkait.

Kita melakukan pertemuan untuk memusyawarahkan dalam rapat resmi kepemerintahan terkait dua kecamatan secara internal dengan tujuan untuk menciptakan keselamatan kualitas jalan yang berstatus kelas tiga, dimana kemampuan daya tahan badan jalan ini maksimal 12 ton termasuk berat kenderaan, kata Anggota DPRD Kabupaten Rohil dapil dua, Purnomo SAg yang hadir dalam rapat pendirian portal tersebut.

Kita bukan untuk mempersulit para pengguna jalan lintas umum akan tetapi hanya melakukan pembetasan muatan kenderaan yang melintas melalui jalan ini, paparnya.

Dia mengharapkan kepada para pengusaha untuk tidak salah tanggap tentang pemasangan portal, kita lakukan demi untuk ketahanan badan jalan dan insa allah uji coba ini selama 6 (enam) bulan yang nantinya akan membuktikan apakah kerusakan badan jalan akibat tonase muatan kenderaan berlebihan, ungkapnya.

Menurutnya, jika nanti terbukti akibat tonase kenderaan berlebihan maka akan dilakukan ketentuan ketentuan sesuai peraturan yang memiliki kekuatan dasar dasar sanksi yang memiliki kekuatan hukum. Kita merasakan akibat rusaknya badan jalan berdampak mengancam keselamatan pengendara khusus roda dua dan kesehatan warga sekitar pinggir jalan lintas. Mudah mudahan dengan dilakukan pendirian dan pemasangan portal ketahanan jalan H Annas Maamun Simpang Poros menuju Bangko Pusako dapat bertahan lama, sehingga anggaran keuangan negara dapat diperkecil, harap Purnomo.

Penulis : Aminuddin
Editor: Elfi Yandera

Tags : -,