Riau   2020/06/16 21:25 WIB

247 Santri Negatif Corona Kembali ke Gontor

247 Santri Negatif Corona Kembali ke Gontor

Para santri asal Riau telah menjalani test swab hingga dinyatakan negatif Covid-19 atau virus corona dan kini diperbolehkan kembali ke Gontor untuk melanjutkan pendididkannya.

PEKANBARU, RIAUPAGI.com - Sebanyak 247 santri dinyatakan negatif Covid-19 atau virus corona usai menjalani tes swab di laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, Selasa (16/6). Mereka berencana kembali belajar di Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur.

Para santri menjalani tes swab bertahap selam 3 hari terakhir. Total 247 santri dinyatakan negatif dari Covid-19, ujar Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (16/6).

Mimi menyebutkan, proses swab terhadap santri dilakukan bertahap. Pada Minggu (14/6), terdapat 78 orang yang melakukan tes swab, kemudian Senin kemarin 89 orang, lalu Selasa sebanyak 80 orang. Setelah para santri dari pondok pesantren Gontor selesai, tidak ada lagi pengajuan untuk pelaksanaan tes swab dari santri asal pondok pesantren lainnya. Sampai saat ini baru santri asal Gontor yang mengajukan pelaksanaan tes swab. Untuk lainnya belum ada, ucap Mimi.

Sementara itu, untuk kasus pasien positif virus corona hari ini tidak terjadi penambahan. Mimi mengatakan, total kasus positif Covid-19 di Riau masih berada pada angka 126 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 111 orang pasien sembuh, 6 orang meninggal dunia dan sisa 9 orang pasien yang masih dirawat.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sampai saat ini mencapai 1.676 orang. Untuk PDP yang dirawat 66 orang, sedangkan PDP yang telah pulang karena dinyatakan negatif virus Corona sebanyakm 1.438. Sementara jumlah PDP yang meninggal dunia sebanyak 272 orang. Pasien PDP yang meninggal tersebut negatif Covid-19 setelah hasil swab keluar, jelasnya.

Mimi juga mengatakan, untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP), saat ini totalnya mencapai, 74.441 orang. Dari jumlah itu, ODP yang masih dipantau terdapat 3.666 orang, dan ODP yang telah selesai pemantauan sebanyak 70.775 orang.

Penulis: Abdulah Sani
Editor: Elfi Yandera

Tags : -,