Nasional   2020/06/21 12:38 WIB

Presiden Jokowi HUT ke-59 Tanpa Perayaan

Presiden Jokowi HUT ke-59 Tanpa Perayaan

JAKARTA - Tepat hari ini tanggal 21 Juni 2020, Presiden ke-tujuh Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-59. Presiden Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Dirinya mengawali karier politik sebagai Walikota Solo pada tahun 2005.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, akibat adanya pandemi Corona COVID-19, pertambahan usia sang kepala negara kali ini tanpa ada perayaan khusus. Meski demikian, warganet tetap berbondong-bondong untuk mengucapkan selamat ulang tahun untuk orang nomor satu di negeri ini.

Saking ramainya warganet yang menuliskan ucapan selamat, kini ulang tahun kakek Jan Ethes ini pun menjadi trending topik di media sosial Twitter, #HBD59Jokowi menempati urutan pertama tagar terpopuler hari ini, dikutip dari Antara, Minggu (21/6/2020).

Tak kalah antusias dengan para warganet, sejumlah seleb dan tokoh nasional pun turut meramaikan hari ulang tahun Presiden Jokowi dengan mengucapkan selamat di akun media sosial masing-masing. Berikut selengkapnya dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (21/6/2020).

Perayaan HUT sederhana

Meski begitu, Juru bicara Presiden RI Fadjroel Rachman menyatakan, tidak ada perayaan hari kelahiran Jokowi tahun ini. Ya, tidak ada perayaan ultah seperti sebelumnya, kata Fadjroel, Sabtu malam, 20 Juni 2020.

Walau tak ada perayaan, para pembantu Jokowi di Kabinet Indonesia Maju beramai-ramai mengucapkan selamat ulang tahun. Salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengucapkan selamat ulang tahun melalui akun media sosial Instagram miliknya.

Selamat ulang tahun ke 59 Presiden RI, Bapak Joko Widodo. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kesehatan dan segala kebaikan kepada Bapak dalam memimpin Indonesia menghadapi masa sulit ini, tulis Sri Mulyani.

Menko Polhukam Mahfud Md dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga tak mau ketinggalan mengucapkan selamat ulang tahun kepada Jokowi meski sedang bertugas di luar Jakarta. Saat melakukan kunjungan kerja di perbatasan Indonesia-Timor Leste, Mahfud Md dan Tito Karnavian mendoakan agar Presiden Jokowi selalu sehat.

Deretan ucapan selamat HUT Presiden Jokowi

Presiden Jokowi merayakan hari ulang tahun ke-59, Minggu (21/6/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mengucapkan melalui akun Instagramnya @smindrawati.

Selain menggugah video Jokowi, Sri Mulyani pun bercerita akan sosok pria yang dikenal pertama kali sebagai Wali Kota Solo itu. Pribadi yang ramah, terbuka, namun tegas mengawal anak bangsa dalam keberagaman. Pemimpin negara yang amanah memperjuangkan Indonesia Maju, tulis Sri Mulyani.

Dia pun mengucapkan doa kepada Jokowi.

Selamat ulang tahun ke 59 Presiden RI, Bapak Joko Widodo. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kesehatan dan segala kebaikan kepada Bapak dalam memimpin Indonesia menghadapi masa sulit ini, tukas Sri Mulyani.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenang kali pertama ia bertemu dengan Presiden Jokowi 12 tahun lalu.

Menurut Luhut, Jokowi tidak pernah berubah sejak pertama kali ia mengenal dan bertemu dengannya, yakni sosoknya yang berkarakter kuat tapi tetap sederhana.

Jokowi Berulang Tahun ke-59 Tanpa Ada Perayaan

Jokowi berulang tahun ke-59 pada 21 Juni 2020, bertepatan dengan peringatan wafatnya Presiden Pertama RI Soekarno. Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi, merayakan hari ulang tahun ke-59 pada Minggu (21/6/20). Namun, menurut Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman, ulang tahu Jokowi kali ini tidak dirayakan.

Ya, tidak ada perayaan ultah seperti sebelumnya, kata Fadjroel dikutip dari Antara, Sabtu malam (20/6/2020).

Jokowi memang tidak pernah mengadakan perayaan ulang tahun untuk dirinya. Tahun lalu saja, pada saat dia berulang tahun ke-58 tahun, Jokowi memanjatkan rasa syukur. Selama ini saya tak pernah merayakan hari ulang tahun. Tak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur kehadirat Allah SWT, dan negeri yang menanti kerja bersama kita semua. Sekali lagi terima kasih, kata Jokowi saat ulang tahunnya ke-58.

Namun, ulang tahun Jokowi tahun ini dibanjiri ucapan selamat dari rakyat Indonesia lewat Twitter. Bahkan, tagar ##HBD59Jokowi menjadi trending topic di Twitter. Sejumlah public figure pun mengucapkan selamat kepada Jokowi, termasuk Addie Ms. Selamat ulang tahun, Pak @jokowi. Semoga selalu sehat dan tegar. Amiin, tulis Addie MS lewat akun Twitternya @addiems. Juga ada ucapan selamat dari mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Sementara itu, Fadjroel juga mengucapkan selamat dan memanjatkan doa untuk Jokowi agar selalu dalam bimbingan Allah SWT saat memimpin bangsa Indonesia. Selamat ulang tahun ke-59 Minggu (21 Juni 2020), Presiden Jokowi panjang umur, selalu sehat & berbahagia bersama keluarga, selalu dalam bimbinganNYA memimpin bangsa yang besar ini Republik Indonesia menuju kemajuan & kejayaannya di dunia, tulis Fadjroel dalam akun Instagramnya.

Ternyata, ulang tahun Jokowi bertepatan dengan hari wafatnya Presiden Pertama RI Soekarno. Sabtu (20/6/20), para peziarah memanjatkan doa di pusara makam Presiden Soekarno, tepat pada peringatan Haul Presiden Soekarno ke-50 di Blitar, Jawa Timur.

Pada peringatan Haul kali ini, Pemkot Blitar membatasi jumlah peziarah. Tahun lalu, terdapat 7.500 peziarah. Sementara kemarin, hanya ada sekitar 50 orang saja yang berkumpul untuk memanjatkan doa oleh umat lintas agama secara bergantian. Ziarah dan Haul pun dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. (*)

Tags : -,