Rokan Hilir   2020/07/21 17:35 WIB

Polres Rohil Buat Pembinaan Masyarakat

Polres Rohil Buat Pembinaan  Masyarakat

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.com - Program Kampung Tangguh Nasional oleh Kapolri Jenderal Idham Azis diterapkan diseluruh nusantara. Kapolres Rokan Hilir (Rohil) AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melalui what's App (WA) nya menguraikan program Kampung Tangguh terkait dijadikan program jaga kampung di Rohil di lounchingkan tanggal 9 Juli 2020 lalu dipusatkan di wilayah Kecamatan Tanah Putih.

Program jaga kampung kita lakukan pembinaan melalui program pertanian diatas tanah pinjam pakai melalui pemerintah Rohil seluas 2 hektar (Ha) di Kelurahan Banjar XII berdekatan dengan Mapolres Rohil, kata Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, Selasa (21/7/2020).

Dilahan yang pinjam pakai kita bentuk Kelompok Tani Bhayangkara dengan keanggotaan kelompok taninya terdiri dari masyarakat sekitarnya, ini bertujuan agar mudah melakukan pengawasan.

Kita bermita dengan instansi Pemerintah daerah terkait seperti Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Perikanan Kabupaten Rohil. Bibit komoditi pertanian kita sediakan, untuk perikanan dibantu dinas perikan daerah dan untuk perawatan dibantu pupuk dari perusahaan maupun pihak pengusaha lainnya sebagai mitra pendukung program ini. Sedangkan pupuk kandang maupun solid sawit kita sendiri yang mengadakannya untuk pengelolaan dasar, ungkapnya AKBP Nurhadi Ismanto menambahkan.

Pusat pelatihan pertanian dibuat untuk para Bhabinkamtibmas lainnya sebagai upaya pelatihan yang akan diterapkan diwilayah tugasnya di masing masing kepenghuluan maupun kelurahan. Kita berikan penyuluhan bagi para Bhabinkamtibmas dengan sistim learning by doing (berlajar untuk berbuat) agar selanjutnya di daerah tugasnya dapat membina masyarakat guna terciptanya moto jaga kampung Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif dengan melalui program pertanian terwujud ketahanan pangan petani mandiri, jelasnya.

Kapolres Rohil menghimbau kepada para Bhabinkamtibmas untuk lebih meningkatkan tufoksinya di wilayah tugas masing masing dalam pembinaan kemasyarakatan melalui kegiatan pertanian maupun perikanan yang diharapkan melibatkan pihak perusahaan, maupun pengusaha sebagai mitra kerja, sehingga terlihat nyata bahwa Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini saya yakin dan percaya akan tercipta lapangan kerja baru secara tidak langsung, paparnya.

Penulis : Aminuddin
Editor: Abdulah Sani

Tags : -,