Riau   2024/09/25 9:42 WIB

3 Paslon Gubri-Wagubri di Tepuk Tepung Tawar yang Digelar LAM Riau, 'Agar Pilkada Tidak Gontok-gontokan, Saling Menghina dan Menghujat Satu Sama Lain'

3 Paslon Gubri-Wagubri di Tepuk Tepung Tawar yang Digelar LAM Riau, 'Agar Pilkada Tidak Gontok-gontokan, Saling Menghina dan Menghujat Satu Sama Lain'
Pj Gubri Rahman Hadi menghadiri majelis tepuk tepung tawar yang digelar LAM Riau kepada 3 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - 3 pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubenur Riau di tepuk tepung tawar yang digelar Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

"Tepuk Tepung Tawar gunanya agar sebuah hajatan dapat berjalan dengan baik."

"Kita sama-sama berada dan berpijak di tanah Melayu Riau yang kita cintai ini. Tentunya menjadi suatu keharusan bagi kita untuk menjulang kebudayaan jati daerah ini yang bersendikan islam," kata Penjabat (Pj) Gubernur Riau, Rahman Hadi menghadiri yang turut hadir pada Senin 23 September 2024 kemarin.

Rahman Hadi berharap pada 3 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau bisa mengikuti Pilgub dengan baik yang hadir diacara itu majelis tepuk tepung tawar, Pj Gubernur Riau didampingi Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Zulkifli Syukur, Ketua Umum MKA LAM Riau Datuk Seri Marjohan Yusuf, Ketua Umum DPH LAM Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, tokoh adat, tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

Ketiga paslon dilakukan tepuk tepung tawar sesuai nomor urut yang telah ditetapkan KPU Provinsi Riau.

Ketiga paslon diantaranya adalah Abdul Wahid-SF Hariyanto, M Nasir-Wardan dan Syamsuar-Mawardi.

Rahman Hadi mengatakan Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik tepuk tepung tawar dari LAM Riau.

Khususnya dalam menyediakan ruang berhimpun dalam suasana adat resam Melayu untuk kemaslahatan bersama.

Rahman Hadi menyebut peristiwa upacara adat tepuk tepung tawar ialah suatu tradisi berkaitan erat dengan siklus kehidupan yang dilalui seseorang atau sekelompok orang.

Tepuk tepung tawar bermakna memberikan doa restu agar jauh dari marabahaya dan jauh dari yang buruk.

"Kemudian didekatkan kepada segala yang baik supaya berkah berkepanjangan, supaya Restu berkesinambungan, supaya yang diusahakan berhasil," terangnya.

"Demikian yang dipahami oleh pendahulu dan kita pada saat ini sehingga akan dapat menapaki atau memasuki babak baru dalam tugas dan cita-cita selanjutnya dengan hati lapang rasa puas dan semangat yang tinggi," imbuhnya.

Selain itu, Rahman Hadi berharap kedepan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 berjalan dengan lancar.

"Semoga Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Riau dapat berjalan dengan baik," tutupnya. (*)

Tags : 3 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur riau, paslon di tepuk tepung tawar, lembaga adat melayu, lam riau, lam gelar tepuk tepung tawar,