Agama   2023/08/13 17:5 WIB

5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan Mualaf, 'yang Sedang Menghadapi Kehidupan Gelap jadi Terang'

5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan Mualaf, 'yang Sedang Menghadapi Kehidupan Gelap jadi Terang'

JAKARTA -- Sudah menjadi bagian dari hidup adalah bahwa ada hari-hari baik dan ada hari-hari buruk. Sama seperti ada terang dan gelap, begitu pula hidup kita memiliki terang dan gelap.

Khusus bagi seorang mualaf, hidup bisa menjadi sangat sulit, terutama di awal. Karena menemukan ajaran yang masih sangat asing dan orang-orang yang tidak begitu dikenal. Bahkan keluarga, teman atau orang dekat lain sedang meninggalkan diri Anda dalam fase ini yang membuat hidup terasa sangat sulit dan gelap.

 Namun, menjadi tradisi Nabi dan tradisi umat Islam awal untuk kembali ke Alquran di setiap saat, pada kondisi baik atau buruk. Maka, ada lima ayat dari Alquran yang bisa menenangkan atau membantu Anda untuk melewati hari-hari tergelap. Ayat-ayat itu adalah sebagai berikut.

Lima Ayat Alquran Bantu Ringankan Kesulitan
1. Allah Mendengar Hamba-Nya

 Allah SWT berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah: 186).

Ayat ini seakan Dia menunggu kita untuk bertanya, “Di manakah Allah? Dapatkah saya berbicara dengan-Nya?”, dan kemudian Dia menambahkan jawabannya sendiri bahwa Dia memang dekat. Dia mungkin berada di atas tujuh langit, tapi Dia masih Dekat.

Dia mengetahui apa yang tidak diketahui orang lain. Dia melihat air mata yang tidak dilihat orang lain. Dia mendengar bisikan yang bahkan mungkin tidak Anda dengar. Dia adalah Tuhan Yang Maha Mengetahui Yang Maha Kuasa dari semua yang ada. Namun, Dia ada di sana, menunggu panggilan Anda.

Di antara bertriliun-triliun ciptaan-Nya yang ada, Allah bersedia mendengarkanmu. Dia akan merespons juga! Berpalinglah kepada-Nya. Bukalah ayat ini ketika setan membuat Anda berpikir bahwa Allah itu jauh. Dan ingatlah bahwa pintu-Nya terbuka.

 2. Allah Membimbing Hamba-Nya

Allah SWT berfirman:

وَوَجَدَكَ ضَآلًّا فَهَدَىٰ

Artinya: "Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk." (QS. Ad Dhuha: 7).

Bukankah hanya beberapa bulan yang lalu Anda tersesat dan mengembara? Bukankah ada saat ketika Anda mencari dan kemudian Dia membawa Anda dari kegelapan ke dalam terang?

Ini adalah Tuhan yang sama yang melakukannya! Ini adalah Tuhan yang sama yang memberi Anda keyakinan yang membuat Anda menangis bahagia ketika Anda menerimanya. Dia telah membawamu sejauh ini, akankah Dia melepaskanmu hari ini?

Keseluruhan surat ini, Surah Dhuha, dengan sendirinya merupakan penghibur yang hebat di saat-saat sulit, tetapi khususnya ayat ini. Dialah yang telah menciptakan Anda, membentuk Anda dan membawa Anda ke tempat Anda sekarang ini. Jangan khawatir, Dia tidak akan melepaskanmu hari ini. Dialah Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

3. Allah Tahu Apa yang Dibutuhkan Hamba-Nya

Allah SWT berfirman:

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ ٱللَّطِيفُ ٱلْخَبِيرُ

Artinya: "Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?" (QS. Al-Mulk: 14).

Dialah yang menciptakan Anda. Dia menciptakan arteri kecil yang berdetak di pergelangan tangan Anda. Dia menciptakan setiap helai rambut di kepala Anda, rambut yang membentuk bulu mata Anda, dan setiap potongan kulit di tubuh Anda. Dia menciptakan Anda, dan Dia mengenal Anda. Dia tahu apa yang Anda butuhkan, dan Dia tahu kapan Anda membutuhkannya.

Dia tahu betapa menyedihkannya hal-hal itu dan Dia juga tahu solusinya. Kuncinya terletak pada dua nama yang disebutkan. Dia Berkenalan (Al-Khabeer). Dia tahu apa pun yang mempengaruhi Anda, dan Dia Halus. Dia Halus dalam berbuat baik, dan Halus dalam menyusun rencana-Nya.

Saat kita berada di kedalaman rasa sakit kita, Allah sedang merencanakan jalan keluar untuk kita. Dia sedang mempersiapkan jalan bagi kita di mana kita akan sangat senang. Kita hanya perlu bersabar dan menunggu pembebasan-Nya!

 4. Allah Bersama Hamba-Nya

Allah SWT berfirman:

وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنتُمْ

Artinya: "Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada." (QS. Al Hadid: 4).

Tidak peduli seberapa buruk keadaannya, ketahuilah bahwa Dia ada bersama Anda, di mana pun Anda berada. Dia mendengarkan Anda, tahu tentang Anda, mendengar apa yang Anda katakan, dan melihat apa yang Anda lakukan. Dia tidak pernah meninggalkanmu, dan tidak akan pernah.

Saat Anda menghadapi tantangan yang menghalangi Anda, mungkin Anda berharap Anda mati dan membuat hal-hal buruk bagi Anda, ketahuilah Allah bersama Anda, di mana pun Anda berada. Dia disana.

5. Allah Menyembuhkan Hamba-Nya

Allah SWT berfirman:

وَكُلًّا نَّقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنۢبَآءِ ٱلرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِۦ فُؤَادَكَ ۚ وَجَآءَكَ فِى هَٰذِهِ ٱلْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: "Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman." (QS. Hud: 120).

Hampir sepertiga dari Alquran adalah cerita. Allah telah menyebutkan 25 nabi dalam Quran dan segelintir orang soleh non-nabi. Dia juga menyebutkan beberapa pelaku kejahatan juga agar kita dapat menghindari jalan mereka.

Lihatlah kisah-kisah Alquran. Di sana Anda akan menemukan preseden untuk apa yang mengganggu Anda. Jika Anda memiliki ayah yang sangat keras dan tidak beriman yang membenci Islam, temukan penghiburan dalam kisah Ibrahim.

Jika Anda menderita penyakit kronis, temukan penghiburan dan bimbingan dalam kisah Ayub. Jika Anda kehilangan seorang anak, atau orang tersayang, temukan balasannya dalam kisah Yakub. Jika Anda telah diperlakukan secara tidak adil, temukan jalan lain dalam kisah Yusuf.

Kisah-kisah Alquran mencakup hampir setiap skenario yang mungkin terjadi. Allah menjadikan mereka sebagai petunjuk bagimu, dan dengan ini untuk “meneguhkan hatimu”. Bahkan Nabi Muhammad SAW yang sangat menderita diberi penghiburan melalui kisah-kisah ini.

Tags : mualaf, kesulitan hidup, kesulitan mualaf, tips mualaf, muslim,