Agama   2023/05/22 7:56 WIB

5.235 JCH Riau yang Sudah Lunasi BIPIH akan Diberangkatkan ke Tanah Suci

5.235 JCH Riau yang Sudah Lunasi BIPIH akan Diberangkatkan ke Tanah Suci

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Mahyudin menyatakan,  5.235 Jemaah Calon Haji (JCH) Riau yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah.

"Alhamdulillah jamaah Riau sudah melunasi Bipih dan melebihi jumlah kuota reguler yang ditetapkan. Sebanyak 5.235 terdata di sistem SISKOHAT telah melunasi pada akhir tahap ketiga perpanjangan masa pelunasan," kata Kanwil Kemenag, Mahyudin, Minggu (21/5).

Masa pelunasan BIPIH sudah ditutup tanggal 19 Mei 2023 kemarin. Mahyudin, mengatakan terdapat 5.235 jamaah haji Provinsi Riau telah melakukan pelunasan hingga tahapan ketiga.

Ia menyebut dari jumlah yang melunasi tersebut 5.218 jamaah yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara Riau.

Menurut Mahyudin, terdapat selisih antara jamaah yang melakukan pelunasan dengan jamaah yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara Riau. Hal tersebut karena adanya jamaah yang melakukan mutasi masuk dan mutasi keluar.

Hal itu terjadi karena adanya jamaah yang mutasi masuk sebanyak 24 jamaah dan mutasi keluar sebanyak 41 jamaah.

"Selisihnya 17 orang, sehingga jamaah Riau menjadi 5.218. Dari jumlah jamaah 5.218 kita mengalami  kelebihan 171 dari kuota reguler yang tetapkan untuk Riau sebanyak 5.047 jamaah," ujar Mahyudin.

Mahyudin menambahkan kelebihan itu merupakan porsi cadangan yang akan diberangkatkan bila ada jamaah reguler yang gagal atau batal berangkat.

Mahyudin juga mengatakan jamaah reguler yang melunasi pada tahapan ketiga nantinya akan diberangkatkan pada gelombang kedua, seperti yang dilansir dari republika. (*)

Tags : jemaah calon haji, jch riau, 5.235 jch sudah lunasi BIPIH, jch riau akan diberangkatkan ke tanah suci,