Pendidikan   2024/05/16 11:56 WIB

Adanya Kejadian dan Kondisi di Sumbar Pihak Sekolah Diimbau Tangguhkan 'Studi Tour' ke Luar Daerah

Adanya Kejadian dan Kondisi di Sumbar Pihak Sekolah Diimbau Tangguhkan 'Studi Tour' ke Luar Daerah

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto sampaikan imbauan penting terkait kegiatan studi tur yang dilaksanakan pihak sekolah di Provinsi Riau.

"Pihak sekolah dihimbau tangguhkan studi tur ke luar daerah."

"Untuk studi tur itu sah-sah saja. Tapi melihat kejadian dan kondisi di Sumbar sedang bencana kita mengimbau supaya agar kegiatan ini [studi tur] ditunda dulu," kata Pj Gubri SF Hariyanto, Rabu (15/5).

Imbauan ini sebagai tindak lanjut atas bencana banjir bandang yang baru-baru ini melanda wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Hariyanto menegaskan bahwa kegiatan studi tur di sekolah-sekolah harus ditangguhkan sementara waktu, hingga situasi pasca-banjir bandang dapat terkendali dengan baik.

Selain itu hal ini dilakukan demi keamanan dan keselamatan siswa-siswi, guru, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Hariyanto mengingatkan untuk tetap waspada dikarenakan kondisi cuaca yang ekstrem dan rawan bencana yang dapat membahayakan kondisi siswa dan para guru.

Terlebih lagi, ucapnya, banjir bandang di Sumbar menyebakan beberapa ruas jalan nasional rusak parah. Sehingga menyebabkan akses perjalanan terputus.

"Karena juga Ditlantas Polda Riau telah mengimbau untuk tidak mengunjungi Sumbar karena risiko yang ada, jadi lebih baik kita waspada.

Di kelok sembilan juga kondisinya sedang longsor total jadi tidak bisa dilalui untuk sementara waktu ini, jadi kasihan juga anak-anak kita nantinya," sebutnya.

"Jadi kita mengimbau dengan kondisi cuaca saat ini yang rawan akan bencana alam juga kondisi jalan yang putus maka kita himbau kegiatan studi tur ini ditangguhkan untuk sementara," imbuhnya.

Lebih lanjut Hariyanto juga menanggapi kejadian kecelakaan bus pariwisata di Subang, Jawa Barat yang mengangkut rombongan pelajar dari SMK Lingga Kencana Kota Depok. Kejadiaan nahas itu disebabkan oleh kondisi bus yang tidak laik jalan

"Artinya itu salah satu faktornya adalah karena bus yang tidak laik jalan, tanpa sengaja kita menyewa bus tetapi tidak mengecek kesiapannya, karna memang bukan ahlinya. Maka mempersiapkan kondisi kendaraan itu adalah hal dasar yang harus dipenuhi," tutupnya.(*)

Tags : Pj Gubri SF Hariyanto Imbau Pihak Sekolah Tangguhkan Studi Tur ke Luar Daerah,