Pendidikan   2020/08/27 01:36:00 PM WIB

Adolf Bastian, Rektor UPP Rohul 2020-2024

Adolf Bastian, Rektor UPP Rohul 2020-2024

ROKAN HULU, RIAUPAGI.com - Senat telah menetapkan serta umumkan tiga nama calon Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, periode 2020-2024 yang sudah mendaftar. Tujuh calon mendaftarkan diri, serta menyerahkan dokumen persyaratan hanya tiga calon yang dinyatakan lulus administrasi.

Ketiga nama calon Rektor UPP yang sudah diumumkan ke publik, Kamis (27/08/2020), dan mereka sudah menyampaikan visi dan misinya di depan ketua dan anggota senat UPP. Ketiga nama calon Rektor UPP lulus seleksi, yakni Dr Herlinawati MEd, Ir Edward Bahar MP PhD, dan Dr Adolf Bastian M.Pd yang sebelumnya menjabat Rektor UPP.

Ketua Senat UPP yang juga Ketua Panitia Seleksi Calon Rektor UPP, Rise Karmila M.Hum menyatakan, dari hasil musyawarah mufakat semua Anggota Senat merekomendasikan Adolf Bastian M.Pd untuk melanjutkan masa jabatannya sebagai Rektor UPP periode 2020-2024. Ada beberapa alasan mengapa memilih Adolf Bastian melanjutkan periode kedua memimpin kampus UPP yang berlokasi di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rohul.

Adolf dinilai berhasil dan berkomitmen dalam jalankan visi kampus teknopreneur yang sejalan dengan konsep "Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar" yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. "Kita menginginkan visi tersebut tetap berlanjut dan lebih diaktualisasikan," harap Rise.

Selama di bawah kepemimpinan Adolf Bastian periode sebelumnya, kampus UPP dinilai alami peningkatan dan kemajuan pesat, seperti semakin banyaknya anak Rohul yang memilih melanjutnya pendidikan tingginya di kampus kebanggaan masyarakat Negeri Seribu Suluk tersebut. "Kita juga melihat Adolf memiliki jaringan yang luas, sehingga hal itu mempermudah kerjasama, baik itu dengan instansi pemerintah maupun swasta. Dan ini juga tentu berpengaruh terhadap kemajuan UPP ke depannya," harapnya.

Setelah mendengar pengumuman Ketua Senat yang menyatakan Adolf Bastian melanjutkan sebagai Rektor UPP periode 2020-2024, dua calon Rektor UPP lain, yaitu Edward Bahar dan Herlinawati mengaku tidak keberatan serta menerima dan menghargai keputusan Anggota Senat UPP. Herlinawati, salah seorang calon Rektor UPP menerangkan seluruh calon punya visi dan misi sama, yakni berkeinginan memajukan kampus UPP lebih baik lagi ke depannya. "Setiap keputusan berada di tangan Anggota Senat dan Panitia Seleksi. Apapun keputusannya kami hormati dan terima," kata perempuan yang pernah menjabat Dosen di UPP, dan saat ini menjabat sebagai Dekan FKIP Unilak, Pekanbaru.

Rektor UPP terpilih periode 2020-2024, Adolf Bastian, mengaku sangat tertantang agar dirinya terus bekerja keras dalam memajukan kampus UPP lebih baik lagi. "Ini merupakan tantangan dari kepercayaan dari civitas akademika kepada saya untuk memajukan UPP sebagai kampus kebanggaan masyarakat Rokan Hulu ini," ucap Adolf, dan mengharapkan di periode kedua memimpin, dirinya bisa meningkatkan performa UPP sebagai kampus favorit di Rohul maupun di Riau.

Adolf berterima kasih atas kepercayaan masyarakat, pemerintah dan seluruh stakeholder ke dirinya, sehingga dirinya dipercaya kembali menjabat Rektor UPP periode 2020-2024. "Terutama kepercayaan dari pengurus Yayasan Pembangunan Rokan Hulu (YPRH) yang menaungi UPP dan tentunya para pendiri yang telah memberikan jasa terbaiknya untuk kampung tercinta Rohul," kata Adolf.

Penulis: Rian Alfian 
Editor: Elfi Yandera

Tags : Adolf Bastian M.Pd, Rektor Universitas Pasir Pengaraian, Rohul,