Artikel   2022/11/05 8:57 WIB

Ahli Gizi dan Ahli Diet Rekomendasikan Jenis Kacang Paling Sehat, 'untuk Lansia 50 Tahun ke Atas'

Ahli Gizi dan Ahli Diet Rekomendasikan Jenis Kacang Paling Sehat, 'untuk Lansia 50 Tahun ke Atas'
Kacang-kacangan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk wanita berusia 50 tahun ke atas. 

CAMILAN yang enak biasanya identik dengan makanan kaya lemak dan gula yang bisa membuat tubuh tidak sehat. Padahal, ada juga camilan enak namun sehat seperti halnya kacang-kacangan.

Bahkan menurut ahli gizi dari Selandia Baru, Krutika Nanavati, kacang-kacangan juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk wanita berusia 50 tahun ke atas.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam kacang setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Selain itu, kacang-kacangan adalah sumber serat dan protein yang baik, yang dapat membantu Anda tetap merasa kenyang dan puas sepanjang hari,” kata Nanavati.

 Lalu adakah jenis kacang terbaik yang bisa menjadi pilihan camilan? Dilansir dari She Finds, Sabtu (5/11/2022), berikut empat camilan terbaik yang direkomendasikan Nanavati.

1. Almond

Manfaat kesehatan dari almond berasal dari kandungan lemak tak jenuh tunggal, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain lemak tak jenuh tunggal, kacang almond juga kaya akan satu vitamin penting yaitu vitamin E.

“Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan. Asupan antioksidan yang cukup akan bekerja untuk menjaga tubuh terlindungi dari berbagai risiko kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan banyak lagi,” kata Nanavati.

2. Kenari

Mencamil kenari secara teratur adalah cara lain untuk memberi tubuh manfaat kesehatan. Kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang telah terbukti mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Seperti halnya almond, kacang kenari juga dikemas dengan antioksidan untuk membantu mencegah penyakit serius. “Cobalah menambahkannya ke oatmeal atau memanggangnya menjadi roti yang lezat, atau memakannya secara utuh,” kata Nanavati.

3. Pistachio

Nanavati mengatakan, kacang pistachio menawarkan banyak manfaat kesehatan berkat semua nutrisinya yang luar biasa. Pistachio adalah sumber serat, protein, dan lemak sehat yang baik. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam pistachio termasuk lutein dan zeaxanthin, juga bisa membantu melindungi tubuh dari degenerasi makula terkait usia.

4. Kacang mete

Kacang mete termasuk kacang yang menawarkan porsi lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung seiring bertambahnya usia.

“Mete adalah sumber copper (mineral mikro) yang baik dan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan jaringan ikat,” jelas Nanavati.

Tentu saja, kacang yang bisa dijadikan camilan sehat tidak hanya empat jenis saja. Hampir semua kacang bisa menjadi camilan atau bahan penurun berat badan terbaik untuk berbagai resep. Dari pecan hingga hazelnut, bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk Anda.   

Kacang yang sehat 

Kacang bisa disebut sebagai camilan yang sempurna. Selain karena teksturnya yang renyah, mudah dimakan dan dibawa bepergian, rasanya juga sangat lezat. Memadukan kacang dengan taburan cokelat juga tidak ada salahnya.

Namun dalam hal nutrisi, tidak semua kacang diciptakan sama. Ahli Diet Malena Perdomo, MS, RDN, CDE, berbagi tentang manfaat kacang-kacangan untuk kesehatan yang bisa disebut paling sehat.

 “Kacang dikemas dengan lemak baik (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda), dan menyediakan banyak vitamin serta mineral, asam folat, vitamin E, vitamin B6 dan mineral seperti magnesium, kalium, tembaga, seng, selenium dan fosfor," kata Malena. 

Kacang juga mengandung serat dan protein. Ahli diet merekomendasikan mengonsumsi berbagai kacang untuk mendapatkan manfaat penuh dari semua nutrisinya.

Berikut delapan jenis kacang yang paling sehat, seperti dilansir dari laman Myrecipes, Rabu (12/1/2022).

Kacang almond

Almond mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Kacang memiliki jumlah serat makanan yang lebih tinggi daripada kacang lainnya dengan 4 gram per porsi satu ons (sekitar 23 almond). Almond juga memiliki vitamin E dan protein paling banyak dari semua kacang pohon, menyediakan 6 gram protein per porsi. 

Kombinasi serat, lemak baik, dan protein itu terbukti mampu membuat orang kenyang lebih lama. Terakhir, almond telah terbukti mengurangi peradangan pada penderita diabetes tipe 2.

Kacang pistacio

Kandungan tertinggi kacang ini adalah potasium (291 miligram) per ons dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya. Kacang ini juga tinggi vitamin B6. Pistacio merupakan salah satu kacang serat tertinggi. Pistacio juga dapat membantu faktor risiko penyakit jantung, tekanan darah, berat badan, dan status oksidatif. 

Kenari

Kacang kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Makanan juga telah terbukti meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah tubuh. Selain itu, kenari dapat melawan peradangan. Porsi satu ons kenari adalah 12 - 14 kacang.

Kacang mete

Satu porsi kacang mete mengandung sekitar 18 kacang, yang menyediakan lima gram protein. Kacang mete memiliki jumlah zat besi per ons tertinggi dan zinc per ons tertinggi dari semua kacang. Kandungan itu penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Bagi seorang vegetarian yang mencari makanan kaya zat besi, maka pasti ingin mulai mengemil kacang mete. Kacang mete juga berfungsi sebagai sumber tembaga dan magnesium yang sangat baik.

Kacang hazel

Hazelnut memiliki 4 gram protein per ons (sekitar 20 kacang) dan merupakan sumber vitamin E yang sangat baik. Dibandingkan dengan kacang pohon lainnya, jenis ini adalah yang tertinggi dalam folat. Ini adalah nutrisi sangat penting untuk kehamilan dan salah satu yang tertinggi dari lemak tak jenuh tunggal.

Kacang macadamia

Kalori kacang bervariasi dari 160 hingga 200 kalori per ons. Satu ons kacang macadamia menyediakan 200 kalori, yaitu sekitar 10 hingga 12 kacang. Ini adalah kacang dengan lemak tak jenuh tunggal tertinggi dari semua kacang. Jika menjalani diet ketogenik, tidak perlu ragu dengan kacang macadamia. Kacang ini juga dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk stres oksidatif dan peradangan.

Kacang pecan

Satu ons pecan adalah sekitar 20 bagian, yang mengandung 196 kalori dan jumlah serat makanan yang baik (2,7 gram). Kacang pikan juga tinggi mengandung lemak tak jenuh tunggal. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pecan dapat menurunkan kolesterol LDL "jahat" pada orang dengan kadar kolesterol normal.

Kacang pinus

Kacang pinus mengandung sumber vitamin E dan fosfor yang baik, ditambah vitamin K yang tinggi. Satu ons kacang pinus mengandung sekitar 167 kacang. (*)

Tags : kacang sehat, kacang pistachio, cemilan lansia, kacang paling sehat, kacang tersehat, kacang sehat, kacang almond, manfaat kacang,