Headline Riau   2020/12/07 12:41 WIB

Akhirnya Gubernur Syamsuar Sembuh, 'Dokter Belum Izinkan Pulang' 

Akhirnya Gubernur Syamsuar Sembuh, 'Dokter Belum Izinkan Pulang' 
Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi

Selama tiga hari Gubernur Riau Syamsuar dirawat di rumah sakit setelah terkonfirmasi Covid-19 sementara istri Gubernur Misnarni juga mendapat perawatan yang lebih dulu terpapar corona. Keduanya ditempatkan di kamar yang sama selama menjalani isolasi.

PEKANBARU - Juru Bicara Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, jika dilihat secara umum memang kondisi kesehatan Gubri terus membaik sejak menjalani perawatan di rumah sakit. Namun tim dokter tentunya memiliki pertimbangan untuk mengizinkan pasien pulang.

"Kalau kondisi Gubri stabil dan terus membaik, tapi masih perlu menjalani perawatan. Tim dokter akan terus melihat kondisinya hingga beberapa hari ke depan. Mudah-mudahan Pak Gubernur bisa menjalani isolasi mandiri," katanya didepan media.

Untuk memastikan Gubri bisa menjalani isolasi mandiri, tim dokter yang menangani akan melihat beberapa variabel terlebih dahulu. Jika dari beberapa variabel, disimpulkan penilaiannya tidak ada yang mengkhawatirkan, maka Gubri bisa menjalani isolasi mandiri di rumah. "Jadi yang menentukan itu (isolasi mandiri, red) nantinya tim dokter, bukan pasien. Pasien harus ikut kata dokter," sebutnya.

Sedangkan kondisi istri Gubri juga terus membaik. Bahkan per Ahad (6/12) kondisi istri gubernur tersebut terlihat segar. "Ibu Gubernur (istri Gubri, red) juga kondisinya terus membaik. Bahkan semakin terlihat segar," kata Indra.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau Mimi Yuliani Nazir menginformasikan adanya penambahan 225 pasien positif Covid-19 per Ahad (6/12). Dengan demikian, total pasien positif di Riau hingga saat ini sebanyak 21.095 orang. "Sedangkan untuk pasien sembuh bertambah 192 orang. Sehingga total yang sudah sembuh di Riau sebanyak 18.779 orang. Untuk kabar dukanya, terdapat penambahan tiga pasien yang meninggal dunia sehingga total 477 orang meninggal akibat Covid-19 di Riau," jelasnya.

Mimi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan. Karena meskipun tidak sakit, belum tentu orang yang ditemui negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virus. "Untuk itu bila keluar rumah gunakanlah masker, selalu menjaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun," imbaunya. 

Mimi juga menyinggung kondisi Gubernur Syamsuar saat ini sudah membaik dan stabil. "Hari ketiga dirawat kondisi pak Gubernur (Syamsuar) Alhamdulillah stabil," kata Mimi..Istri Gubernur juga membaik. Bahkan batuknya sudah ada perubahan dan mulai berkurang. Meski dirawat di rumah sakit, lanjut Mimi, Gubernur Riau masih tetap berkomunikasi dan koordinasi dengan Wakil Gubernur Riau, Sekdaprov Riau dan pejabat Pemprov Riau terkiat kondisi pekerjaan di kantor. "Sampai saat ini pak Gubernur masih komunikasi dengan pak Wagub, pak Sekda dan pejabat lainnya. Kan bisa komunikasi Video Call lewat Whatsapp dan telepon," terangnya. (*)

Tags : Gubernur Riau, Syamsuar, Kondisi Gubri Membaik, Tim Dokter Belum Izinkan Pulang ,