Headline News Kota   2021/10/14 15:28 WIB

Aksi Imigran di Depan Kantor Gubri dapat Sorotan Anggota Dewan

Aksi Imigran di Depan Kantor Gubri dapat Sorotan Anggota Dewan

PEKANBARU - Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Yasser Hamidy menyoroti aksi demo puluhan imigran di depan Kantor Gubernur Riau, Senin 11 Oktober 2021) kemarin.  

"Tidak mungkin pemerintah kota menelantarkan (imigran), pasti pemko memberikan layanan semaksimal mungkin. Mulai dari segi kesehatan, segi tempat tinggal dan lain-lainnya. Pemko Pekanbaru juga sudah bekerjasama dengan Kemenkumham Riau memberikan vaksinasi covid-9," ujar Yasser Hamidy, Kamis (14/10).

Para imigran meminta agar dapat segera pergi ke negara ketiga perlu dikoordinasikan bahkan pemerintah pusat bisa segera mengambil sikap terkait nasib para imigran. Pasalnya selama ini Pemko Pekanbaru sudah memberi perhatian dan hak yang sewajarnya kepada imigran.

Menurutnya, apa yang menjadi penyebab dari para imigran ini belum juga di terbangkan ke negara yang mereka tuju juga harus diberikan pemahaman oleh pemerintah daerah, Kemenkumham dan juga International Organization for Migration (IOM) selaku organisasi yang mengurus para imigran. "Semua pihak harus terlibat memberikan pengertian untuk para imigran yang berada kota pekanbaru," bebernya.

Politisi PKS ini juga mengingatkan agar pemerintah pusat tidak berpangku tangan melihat permasalahan ini, karena masalah imigran ini bukan hanya tanggungjawab dari pemerintah daerah saja. Melainkan juga permasalahan dunia internasional. "Imigran ini permasalahan internasional, bukan masalah lokal saja. Jadi semua pihak harus terlibat," tegasnya.

Agar permasalahan imigran ini tidak berlarut-larut, Yasser berharap pemerintah pusat untuk dapat menutup jalur masuk para imigran ini. Seperti halnya yang sudah dilakukan oleh beberapa negara di dunia. "Tapi kalau misalnya negara lain juga sudah melakukan penolakan, ya indonesia juga bisa sebenarnya kalau memang mau, cuma apakah kita sudah mengkajinya. Tentu itu harus ada kajian-kajiannya," tutupnya. (rp.sul/*)

Tags : Aksi Imigran, Pekanbaru, News Kota, Imigran Demo di Kantor Gubri ,