News   2024/07/08 17:54 WIB

Aktivitas Penumpang Pelabuhan Sekupang Meningkat Seiring Momen Libur Sekolah

Aktivitas Penumpang Pelabuhan Sekupang Meningkat Seiring Momen Libur Sekolah

BATAM - Aktivitas penumpang Pelabuhan Sekupang meningkat karena momen libur sekolah pada tahun ini masih berlangsung.

"Aktivitas penumpang Pelabuhan Sekupang meningkat."

“Memang ada peningkatan penumpang pada momen libur sekolah tahun ini,” kata Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Samosir Parsaoran, Senin (8/7) siang.

Momen tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahmi bersama keluarga menuju kampung halaman, ataupun sekedar liburan sekolah. Tak khayal momen ini sejumlah pelabuhan ramai penumpang, khususnya di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam mencatat aktivitas penumpang pelabuhan terlihat ramai pada momen libur sekolah dibandingkan pada hari biasanya.

Menurutnya, tercatat sebanyak 3.153 penumpang berangkat dari Pelabuhan Domestik Sekupang pada tanggal 6 Juli 2024. Sementara itu sebanyak 2.670 penumpang lainnya turun di Pelabuhan Domestik Sekupang pada momen libur sekolah ini.

“Paling banyak itu masih antar pulau seperti ke Tanjung Batu dan juga Tanjung Balai Karimun,” tambahnya.

Sementara itu pada Minggu 7 Juli tercatat ada sebanyak 3.622 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Domestik Sekupang dan 2.448 penumpang turun di Pelabuhan tersebut. Angka jumlah penumpang ini diprediksi akan kembali melandai seiring berakhirnya masa libur atau pada saat masuk sekolah.

“Selain jumlah penumpang jumlah kapal yang berlayar pun juga bertambah pada momen libur sekolah ini. Tercatat sampai saat ini rata-rata ada 31 hingga 35 kapal tiap hari,” tuturnya.

Bandingkan dengan kondisi normal yang berkisat di 20 sampai 25 kapal setiap hari dengan jumlah penumpang 1.800 hingga 2.000 pe umpang yang berangkat dan datang setiap harinya.

Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang, Riyanto menyebutkan, memasuki musim libur semester siswa pelajar, ada peningkatan jumlah kunjungan dan keberangkatan penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang. Peningkatan penumpang terjadi pada rute lintasan pelayaran jarak dekat.

“Sebentar lagi kan mau libur sekolah, ada pulang kampung, atau liburan. Jadi seperti biasanya ada sedikit peningkatan,” ujar Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang, Riyanto.

Kendati begitu, Riyanto menyampaikan jajarannya bersama stake holder lainnya komitmen memberikan layanan maksimalkan terhadap seluruh pengguna jasa pelabuhan.

“Sama dengan tahun lalu ada peningkatan namun tak banyak seperti momen hari raya besar umumnya,” kata Riyanto. (*)

Tags : pelabuhansekupang, batam, aktivitas penumpang, penumpangdi pelabuhan sekupang meningkat, momen libur sekolah, News,