Batam   2024/07/26 0:31 WIB

Aktivitas Penumpang Terminal Ferry Domestik dan Internasional Pelabuhan Batam Tembus 4,2 Juta Orang

Aktivitas Penumpang Terminal Ferry Domestik dan Internasional Pelabuhan Batam Tembus 4,2 Juta Orang

BATAM - Aktivitas penumpang di Terminal Ferry Domestik dan Internasional Pelabuhan Batam, pada periode semester I tahun 2024 mengalami kenaikan.

"Aktivitas penumpang terminal ferry domestik dan internasional di Pelabuhan Batam meningkat."

“Total aktivitas penumpang, baik datang maupun berangkat di Terminal Ferry Domestik dan Internasional totalnya 4.284.570 juta orang,” kata Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Dendi Gustinandar, pada wartawan, Jumat (26/7).

Total penumpang yang berangkat dan tiba di Batam mencapai 4,2 juta orang.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan 6 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2023.

Dendi Gustinandar mengatakan, pada semester I di 2024 ini, jumlah penumpang kapal di Terminal Ferry Domestik sekitar 1,9 juta orang. Kemudian, untuk di Terminal Ferry Internasional tercatat hampir mencapai 2,3 juta penumpang.

Di Terminal Ferry Internasional Batam, sebanyak 1,75 juta penumpang berangkat dan datang tujuan Singapura. Kemudian, ada 550 ribu orang yang berangkat dan datang tujuan Malaysia.

“Di Terminal Ferry Internasional, data menunjukkan bahwa ada 76 persen penumpang yang datang dan berangkat, dominasinya untuk tujuan Singapura,” kata dia.

Sebagai perbandingan, pada periode yang sama di 2023 lalu, penumpang yang datang dan berangkat via Terminal Ferry Domestik Batam berada diangka 1,8 juta orang. Untuk di Terminal Ferry Internasional, sekitar 2,1 juta jiwa.

“Kalau di tahun 2023, untuk semester I itu total penumpang yang datang dan berangkat lewat Terminal Ferry Domestik dan Internasional diangka 4.033.965 orang,” ujarnya. (*)

Tags : aktivitas penumpang, terminal ferry domestik internasional, batam, pelabuhan ferry batam, 4, 2 juta penumpang penuhi pelabuhan ferry,