Batam   2024/07/27 1:55 WIB

Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra Didukung 10 Partai untuk Maju di Pilkada Batam

 Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra Didukung 10 Partai untuk Maju di Pilkada Batam
Amsakar Ahmad – Li Claudia Candra

BATAM - Sudah 10 partai yang kompak mengusung pasangan Amsakar Achmad – Li Claudia Chandra di Pilkada Batam 2024 ini. Terbaru, dukungan datang dari Partai Hanura.

Pietra Machreza Paloh, Dewan Pakar Partai NasDem, pun meminta jajarannya tegak lurus ikuti arahan pusat.

Ketua Umum DPP Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) itu meminta pada kader mendukung penuh dan memenangkan pasangan Amsakar dan Li Claudia sebagai wali kota dan wakil wali kota periode selanjutnya.

Soal proses pendaftaran, dimana Amsakar sempat tak diterima mendaftar di DPW NasDem Kepri, Pietra menilai itu hanyalah masalah teknis saja. Sementara, kiblat sepenuhnya ialah pada DPP NasDem.

“Informasinya begitu (ada ganjalan saat Amsakar mendaftarkan diri di DPW NasDem Kepri). Tapi itu bukan masalah berarti, cuma masalah teknis,” katanya, Kamis (25/7).

Pietra memberi amaran kepada seluruh kader NasDem untuk menghormati segala keputusan dari pusat. DPP NasDem menilai bahwa Amsakar adalah sosok yang tepat dan piawai memimpin Batam untuk ke depan. Tak cuma partainya saja, sejumlah partai raksasa lain juga memberi penilaian serupa.

Baginya, Amsakar telah terbukti dalam menjalankan tampuk pemerintahan sebagai Wakil Walikota Batam dua periode. Selain itu juga, ‘Bang Am’ merupakan sosok demokrat yang telah malang melintang di Bandar Dunia Madani.

“Sudah 26 tahun (Amsakar) mengabdi untuk Kota Batam. Beliau itu sosok yang mempunyai eksklusifitas,” ujarnya.

Sementara untuk Li Claudia, baginya sosok tersebut ialah orang yang kompeten. Punya segudang pengalaman dan bisa menjalankan tugas dan fungsinya.

Di sisi lain, Pietra menggambarkan bahwa politik itu dinamis, tidak memiliki gambaran baku. Begitu pula dengan figur Li Claudia, orang yang menurutnya mengerti tentang fungsi dan alur politik.

“Ibu Li Claudia ini sangat kompeten. Pernah Wakil Ketua DPRD Tangsel. Bekal yang dimilikinya sangat memumpuni. Ditambah lagi dengan Partai Gerindra, itu bisa menjadi kekuatan khusus,” katanya.

Rekomendasi Partai Nasdem untuk pemilihan Walikota Batam 2024 mendatang yang diberikan Amsakar tidak serta merta akan menggerakan mesin partai di akar rumput. Hal tersebut dilihat sejak awal, dinamika diinternal antara keinginan DPW dan DPP yang terkesan berlawanan.

Pengamat politik di Kepri, Rahmayandi Mulda yang juga Dosen Ilmu Sosial dan Politik Universitas Kepulauan Riau (Unrika) mengatakan, rekomendasi yang diberikan Partai NasDem kepada Amsakar adalah hal yang cukup dinamis dalam dinamika partai pimpinan Surya Paloh itu.

Menurutnya, sangat menarik untuk diamati apakah nantinya mesin partai bekerja sepenuh hati mendukung Amsakar dan pasangannya Li Claudia, atau bahkan tidak.

“Saya pikir mesin NasDem baik DPW atau DPC tidak bekerja secara maksimal. Mereka akan terpecah secara internal, ada yang pro dan kontra apabila Marlin Agustina (Wakil Gubernur yang juga istri Ketua DPW Partai Nasdem Kepri) dapat kendaraan dari partai lain. Tetapi jika Marlin tidak dapat kendaraan, mereka akan tetap mendukung Amsakar walaupun tidak sepenuhnya,” ujarnya, Jumat (26/7).

Rahmayandi menyarankan agar Amsakar bisa berjalan dengan aman menuju Pilkada. Sebaiknya Amsakar menyatukan semua partai yang ada dalam koalisinya jika tidak ingin dilawan oleh internal koalisi partai maupun. (*)

Tags : Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra, Pilkada Serentak 2024, Pilkada Batam, Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra Didukung 10 Partai, Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra Maju di Pilkada Batam,