Headline Teknologi   2020/08/03 09:25:00 AM WIB

Apple 'Kubur' Aplikasi-Game Asal China

Apple 'Kubur' Aplikasi-Game Asal China

TEKNOLOGI - Raksasa teknologi Apple, menghapus 29.800 aplikasi dari platform aplikasi Cina, termasuk lebih dari 26.000 game. Pencopotan itu terjadi di tengah tindakan keras pemerintah setempat terhadap aplikasi permainan tanpa izin.

Apple telah memberi tenggat waktu pada awal tahun ini hingga Juni 2020 kepada para penerbit game untuk menyerahkan nomor lisensi yang dikeluarkan pemerintah, demikian dirilis Chanel News Asia, Minggu (2/8/2020).

Penyedia aplikasi android China telah lama mematuhi peraturan ini. Namun tidak jelas mengapa Apple memberlakukan penghapusan aplikasi begitu ketat tahun 2020. Tak hanya itu, perusahaan pembuat ponsel ini juga menghapus lebih dari 2.500 title dari app store-nya pada minggu pertama Juli. Salah satu game yang terpengaruh penghapusan adalah Zynga dan Supercell.

Tak hanya itu, perusahaan pembuat ponsel ini juga menghapus lebih dari 2.500 title dari app store-nya pada minggu pertama Juli. Salah satu game yang terpengaruh penghapusan adalah Zynga dan Supercell. Sebagai informasi, pemerintah Cina telah lama berupaya menegakkan peraturan ketat pada industri game-nya untuk menghapus konten sensitif.

Untuk membeli game dalam app store, akan melalui proses persetujuan yang panjang dan rumit. Hal ini tentu berdampak juga pada pendapatan developer, hanya pengembang game besar yang mungkin bisa bertahan. "Ini paling mempengaruhi pendapatan pengembang kecil dan menengah. Tapi semua bisa terdampak karena kesulitan mendapatkan lisensi bisnis, dan akhirnya menghancurkan seluruh industri game iOS di China," kata manajer pemasaran untuk AppIn China, Todd Kuhn. (*)
 

Tags : Game, Aple, index,