Riau   2024/04/14 16:52 WIB

Arus Balik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Sumatera Meningkat Tajam Saat Libur Lebaran

Arus Balik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Sumatera Meningkat Tajam Saat Libur Lebaran

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sejak momen lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, lalu lintas di dua Jalan Tol di Riau, ditambah satu ruas tol fungsional masih ramai dilalui.

"Volume kendaraan di Tol Sumatera meningkat tajam saat libur Lebaran."

"Momen lebaran, rata-rata trafik di JTTS cukup ramai dengan lalu lintas harian (LHR) rata-rata termasuk dua tol di riau," kata Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (HK), Adjib Al Hakim, Jumat (12/4).

Dua akses jalan bebas hambatan menjadi pilihan, karena menjadi penghubung sekaligus mempersingkat waktu tujuan. Catatan dari petugas tol menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah kendaraan yang melintasi jalan tol.

Tol Pekanbaru-Bangkinang mencatat 7.678 kendaraan, meningkat 87 persen dari LHR normal, sementara Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) mencatat 16.380 kendaraan, meningkat 27 persen dari LHR normal.

Selain itu, terdapat peningkatan lalu lintas yang signifikan juga terjadi di jalan tol fungsional tambahan.

Pada ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar tercatat 3.845 kendaraan selama hari H dan H+1 lebaran.

Tidak hanya di Riau, lalu lintas juga padat di beberapa jalan tol lainnya di Sumatera.

Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (Terpeka) mencatat 18.115 kendaraan, meningkat 70 persen dari LHR normal.

Sementara Tol Palembang-Prabumulih (Palindra & Inprabu) mencatat 17.104 kendaraan, meningkat 77 persen dari LHR normal.

Adjib Al Hakim memberikan imbauan kepada pengguna jalan tol agar memeriksa kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi prima, dan tidak mengemudi dalam keadaan mengantuk.

Ia juga mengingatkan untuk memastikan Kartu Uang Elektronik dalam kondisi baik dan saldo tercukupi sebelum melakukan perjalanan.(*)

Memasuki periode arus balik Lebaran tahun 2024, volume lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Riau pada H+3 dan H+4 Lebaran pada 12-13 April, mencapai angka sebesar 33.565 kendaraan.

Tiga ruas jalan tol yang menjadi jalur utama arus balik tersebut adalah Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, dan Jalan Tol Bangkinang-XII Koto Kampar.

Menurut EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Adjib Al Hakim, peningkatan ini mencerminkan mulai terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan arus balik Lebaran di JTTS.

"Kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang) mencapai 10.618 kendaraan, meningkat 110 persen dari VLL normal," kata Adjib Al Hakim.

Dia menjelaskan bahwa kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) mencapai 19.057 kendaraan, meningkat 29 persen dari volume normal.

Sementara untuk VLL ruas tol fungsional tambahan, yakni Jalan Tol Bangkinang – XIII Koto Kampar, pada periode yang sama terdapat total 3.890 kendaraan yang melintas.

Adjib memprediksi bahwa puncak arus balik di JTTS akan terjadi pada H+4 Lebaran, yakni pada 14 April 2024. Meski demikian, pihaknya akan terus menginformasikan perkembangan terkini secara berkala.

Selain itu, dia juga mengimbau pengguna jalan tol untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi prima, dan menghindari mengemudi dalam keadaan mengantuk.

"Menepi dan beristirahat apabila mengantuk, mempelajari tarif JTTS, memastikan kartu uang elektronik dalam kondisi baik serta saldo tercukupi sebelum melakukan perjalanan, serta selalu mengutamakan keselamatan," tandasnya. 

Semenatara arus balik Lebaran di tol Trans Sumatera meningkat tajam.

Perjalanan arus balik lebaran tahun ini di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencatat angka yang mengesankan.

PT Hutama Karya (Persero) (HK) melaporkan, pada periode H+2 dan H+3, sebanyak 140.519 kendaraan melintasi JTTS, meningkat hingga 113,95 persen dari hari biasa.

"Memasuki arus balik lebaran tahun 2024, kami mencatat volume lalu lintas (VLL) yang melintasi JTTS mulai 12-13 april 2024, ada sebanyak 140.591 kendaraan," ucap EVP Sekretaris Perusahaan PT HK, Adjib Al Hakim.

"Artinya ada peningkatan signifikan sekitar 113,95 persen dari VLL normal," sambungnya.

Adjid juga memberikan rincian volume kendaraan di beberapa ruas JTTS, dengan peningkatan yang mencolok di beberapa titik.

Di Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (Terpeka), volume kendaraan mencapai 22.473 kendaraan, meningkat 77 persen dari VLL normal.

Sementara di Tol Palembang-Prabumulih (Palindra & Inprabu), tercatat 22.744 kendaraan atau meningkat 94 persen dari VLL normal.

Peningkatan yang cukup tajam juga terjadi di Tol Indrapura-Lima Puluh (Inkis), dengan volume kendaraan mencapai 22.703, lebih tinggi 185 persen dari VLL normal.

Menanggapi lonjakan ini, Adjib mengimbau pengguna jalan tol untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum perjalanan, memastikan keselamatan sebagai prioritas utama.

"Puncak arus balik di JTTS diperkirakan akan terjadi pada H+5 lebaran, yaitu 14 april 2024," tambahnya.

Dalam menghadapi lonjakan volume kendaraan, penting bagi pengguna jalan tol untuk berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama. (*)

Tags : arus balik lebaran, volume kendaraan, tol sumatera, arus balik kenderaan meningkat tajam, libur lebaran ,