Politik   2024/04/29 16:50 WIB

Arus Dukungan Sangat Deras untuk Muhammad Rudi yang Sudah 'Menggetarkan di Sentaro Bumi Kepri', Pengamat: 'Berpeluang Besar Kalahkan Petahana'

Arus Dukungan Sangat Deras untuk Muhammad Rudi yang Sudah 'Menggetarkan di Sentaro Bumi Kepri', Pengamat: 'Berpeluang Besar Kalahkan Petahana'
Haji Muhammad Rudi, Wali Kota Batam.

BATAM, RIAUPAGI.COM - Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi [HMR] digadang-gadang bakal maju sebagai Calon Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) di Pilgub 2024.

"Jika maju, HMR dinilai berpeluang besar mengalahkan petahana Ansar Ahmad."

“Semua pihak mengakui Batam dibawah kendali Rudi benar-benar maju," kata Peneliti Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP), Sheviana Paramitha kepada wartawan, Senin (29/4/2024).

"Kalau kita tarik ke belakang atau sebelum Rudi datang, Batam menghadapi berbagai tantangan, seperti pertumbuhan ekonomi yang lambat dan kurangnya infrastruktur yang memadai," sebutnya.

"Rudi mampu mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan menjadikan Batam sebagai “Bandar Dunia yang Madani"."

Sheviana Paramitha menilai HMR mempunyai sejumlah modal penting yang bisa menjadi alasan kuat untuk bisa mengalahkan Ansar di Pilgub Kepri 2024 mendatang.

Kini baliho HMR sudah bertebaran di Tanjungpinang-Bintan. Baliho Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mulai bertebaran di daerah-daerah Kabupaten/Kota di Kepri.

Setidaknya baliho Muhammad Rudi terpasang di Jalan Agus Salim, persimpangan Jalan Ketapang, Batu 16 dan Tanjung Uban, Bintan.

Baliho tersebut bertuliskan huruf kapital “Tenang aja..H. Muhammad Rudi ada untuk Provinsi Kepri”.

Di sisi kanan baliho tampak karikatur bergambar Muhammad Rudi menaiki motor vespa dengan latar warna biru langit.

Dosen UMRAH Tanjungpinang dan Direktur Public Trust Institute Perwakilan Kepulauan Riau, Robby Patria mengatakan keberadaan baliho ini sebagai kode akan berhadapan dengan Ansar Ahmad pada pemilihan Gubernur Kepri November 2024 mendatang.

“Baleho itu pertanda Haji Muhammad Rudi memberi kode di pusat kemenangan Ansar di Tanjungpinang dan Bintan akan berhadapan dengan Muhammad Rudi yang juga asli Tanjungpinang,” kata Robby.

Robby meyakini Kepala BP Batam itu akan maju pada Pilkada Kepri dan pemasangan baliho di beberapa lokasi adalah salah satu strategi meraup simpati masyarakat.

“Itu tanda Muhammad Rudi akan maju Pilkada Kepri 2024 nanti. Sehingga baleho HMR ada di mana-mana. Setelah Batam diyakini akan menang, maka Pulau Bintan mulai menjadi pertaruhan strategi kemenangan,” tuturnya.

Kembali disebutkan Sheviana Paramitha, modal utama HMR, tentu saja kesuksesannya memimpin Batam selama dua periode. Dibawah kepemimpinannya, Batam mampu menjadi pusat ekonomi dan pariwisata yang maju.

Kesuksesan memimpin Batam tersebut kata Sheviana, membuat warga Kepri secara umum ingin daerahnya maju seperti Batam.

Hal ini yang membuat HMR bisa mendapat dukungan masif tidak hanya dari warga Batam tetapi juga dari seluruh wilayah di Kepri.

“Kalau Rudi maju di Pilgub, tentu saja warga Batam akan solid mendukungnya karena sudah teruji sukses selama memimpin Batam. Kemudian warga dari daerah lain tentu mengharapkan daerahnya juga maju seperti Batam,” ujarnya.

"Maka kemungkinan besar mereka akan berbondong-bondong mengarahkan dukungannya kepada Rudi," sambungnya.

HMR juga dinilai bisa mengalahkan petahana karena Ansar akan kehilangan separuh kekuatannya setelah kemungkinan besar tidak akan berpasangan dengan Marlin Agustina.

Istri dari HMR ini dikabarkan akan maju sebagai Calon Wali Kota Batam.

“Biasanya petahana akan dijagokan menang. Tapi saya melihat jika Ansar tidak berpasangan dengan Marlin pasti kekuatannya menurun,” pungkasnya.

"Diakui atau tidak saat Pilkada 2020 lalu, Marlin menyumbang suara yang signifikan. Jadi saat kekuatan Ansar menurun, Rudi sangat mungkin mengambil alih untuk menjadi orang nomor satu di Kepri," sebut Sheviana Paramitha.

Maju di pilgub kepri lewat partai nasdem

Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, menegaskan maju dalam Pemilihan Gubernur Kepulauan Riau (Pilgub Kepri).

“Saya sudah ngomong dimana-mana, saya mau maju jadi gubernur. Udah saya statement, dimana pun saya udah ngomong,” kata Rudi, Kamis (14/03) lalu.

Namun Rudi belum bisa memastikan pasangan yang akan mendampinginya pada Pilgub Kepri akan digelar November 2024 mendatang.

“Masih belum, masih jauh lagi, masih ada 2-3 bulan kedepan. Yang penting saya menyatakan diri saya akan maju nanti,” ucapnya.

Ketika disinggung soal partai politik (Parpol) yang akan mengusungnya, Rudi mengatakan akan melakukan pendekatan dengan sejumlah Parpol.

“Partainya harus saya lobi dulu. Yang jelas NasDem la,” katanya.

Ketua DPW Partai Nasdem Kepri itu memang terlihat gencar untuk maju pada Pilgub Kepri. Sejumlah balihonya pun telah tersebar di beberapa wilayah, seperti Batam, Tanjungpinang dan Bintan.

Pemuda Peduli Lingga dukung HMR

Beberapa daerah melontarkan dukungan pada H Muhammad Rudi [HMR] seperti Komunitas yang beranggotakan 52 orang pemuda-pemudi asli Lingga tersebut meyakini, H. Muhammad Rudi merupakan figur yang tepat guna mewujudkan pemerataan pembangunan Provinsi Kepri ke depan.

“Kami bersepakat untuk mendukung H. Muhammad Rudi sebagai calon Gubernur Kepri 2024. Kami secara sukarela siap berjuang untuk memenangkan beliau di Lingga,” tegas Mahasiswa Politeknik Lingga yang sekaligus Ketua Komunitas PPL, Sufi Chairunnas usai kegiatan deklarasi, Sabtu (13/4).

Sufi mengungkapkan, komitmen ini sangat beralasan. Mengingat, H. Muhammad Rudi memiliki segudang prestasi selama memimpin Batam.

Beberapa di antaranya adalah keberhasilan dalam membawa Batam bangkit lebih cepat dari Pandemi Covid-19 dan menjadikan kota tersebut sebagai lokomotif perekonomian Provinsi Kepri sejak lima tahun terakhir.

Tidak hanya itu, lanjut Sufi, suami dari Hj. Marlin Agustina tersebut juga mampu mendatangkan banyak investor besar sehingga memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan Batam sebagai kota baru.

“Dengan pengalaman beliau, kami yakin Provinsi Kepri akan lebih maju. Pak Rudi adalah simbol agar pembangunan bisa merata ke depannya,” tambah Sufi.

Senada, pemuda lain bernama Muhammad Fadilah mengatakan, pihaknya akan berusaha keras untuk memenangkan H. Muhammad Rudi pada kontestasi politik yang berlangsung tanggal 27 November 2024 nanti.

Ia yakin dan percaya, H. Muhammad Rudi adalah seorang tokoh yang dapat membawa perubahan bagi Provinsi Kepri. Khususnya di Lingga.

“Kami siap mendukung perjuangan Pak H. Muhammad Rudi,” ungkapnya.

Begitu pula dengan Radi Delvano, mahasiswa Politeknik Batam yang berasal dari Kecamatan Singkep.

Radi berkomitmen untuk mendukung penuh perjuangan H. Muhammad Rudi ke depan.

“Kami akan bersama-sama untuk melakukan sosialisasi terkait prestasi Pak Rudi kepada masyarakat Lingga. Ini saatnya Kepri untuk maju di bawah kepemimpinan H. Muhammad Rudi,” pungkasnya.

Relawan HMR Karimun siapkan strategi 

HMR mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat di Kepri, termasuk dari Karimun.

Di kabupaten ini, terbentuk gerakan relawan HMR Karimun yang siap memenangkan Rudi di Pilgub Kepri 2024. Relawan ini terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda Karimun yang menginginkan perubahan dan kemajuan di Kepri.

Koordinator Relawan HMR Karimun, M. Yazid, mengatakan bahwa relawan ini terbentuk berdasarkan aspirasi masyarakat Karimun yang melihat kinerja dan prestasi HMR selama memimpin Batam.

Menurutnya, HMR adalah sosok yang paling tepat untuk menjadi Gubernur Kepri karena telah membuktikan kemampuannya dalam membangun Batam, menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif, meningkatkan kesejahteraan warga Batam, dan mendatangkan investasi skala besar ke Batam.

“Kami melihat bahwa Batam sudah maju dan berkembang pesat di bawah kepemimpinan bapak H. Muhammad Rudi,” kata Yazid saat mendampingi HMR menghadiri acara silaturahmi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Karimun di Mesjid Agung Karimun, Selasa (5/3) kemarin.

"Kami ingin hal yang sama juga terjadi di Karimun dan seluruh Kepri. Kami yakin bapak H. Muhammad Rudi bisa membawa perubahan dan kemajuan di Kepri jika beliau terpilih menjadi Gubernur," sebutnya.

Yazid menambahkan bahwa masyarakat Karimun saat ini masih merasa kurang puas dengan pembangunan dan perekonomian di kabupaten mereka.

Ia mengatakan bahwa masyarakat Karimun mengharapkan adanya percepatan pembangunan, peningkatan kualitas hidup, dan pembukaan peluang kerja dan usaha bagi masyarakat Karimun.

“Kami ingin ada sinergi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten dalam membangun Karimun. Kami ingin ada ekses dan keuntungan dari pembangunan dan investasi yang ada di Kepri. Kami ingin ada lapangan kerja dan usaha yang luas bagi masyarakat Karimun, khususnya masyarakat kecil,” tutur Yazid.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, relawan HMR Karimun telah menyiapkan strategi dan program kerelawanan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Salah satu tokoh pemuda Karimun yang juga anggota relawan, Dian Ihkwan, mengatakan bahwa relawan akan segera melakukan deklarasi dukungan kepada HMR dan melaksanakan kegiatan-kegiatan penggalangan dan pemenangan suara di Karimun.

“Kami sudah merancang struktur dan program kerelawanan yang akan kami laksanakan. Kami akan segera mendeklarasikan dukungan kami kepada bapak H. Muhammad Rudi dan langsung tancap gas untuk melakukan sosialisasi, konsolidasi, dan mobilisasi masyarakat Karimun untuk memilih bapak H. Muhammad Rudi di Pilgub Kepri 2024. Kami sangat optimis HMR akan menang di Karimun karena masyarakat Karimun menghendaki perubahan dan kemajuan seperti Batam,” pungkas Dian.

HMR juga didukung Ultras 

Dukungan untuk H Muhammad Rudi [HMR] sebagai kandidat potensial yang akan bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri nanti terus mengalir di beberapa kabupaten/kota.

Teranyar, "Bapak Pembangunan Batam" tersebut mendapat dukungan penuh dari relawan HMR yang berada di Kabupaten Bintan.

Ketua Viking Bintan Island sekaligus Koordinator Ultras HMR Bintan, Kang Riezky menyatakan komitmennya untuk memenangkan Muhammad Rudi pada Pilgub Kepri nanti.

Dengan rekam jejak yang impresif selama memimpin Kota Batam, kata Riezky, sosok Muhammad Rudi menjadi harapan baru bagi masyarakat agar pemerataan ekonomi dan pembangunan di Provinsi Kepri bisa terwujud.

"Kami siap berkolaborasi dengan Ultras HMR Tanjungpinang untuk memenangkan Bapak H. Muhammad Rudi. Saya yakin, di tangan Pak Rudi, Kepri akan lebih maju dari segala sisi khususnya dalam hal ekonomi," tegasnya, Kamis (7/3).

Di samping itu, Riezky menyebut bahwa kinerja Muhammad Rudi sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selama memimpin Batam, suami Marlin Agustina tersebut mampu membawa Batam bangkit lebih cepat dari hantaman badai Pandemi Covid-19.

"Perkembangan Batam memberikan dampak kepada seluruh daerah di Kepri. Ini tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk bersama Pak Rudi," tegasnya lagi.

Senada, Humas Viking Bintan Island, Kang Hakim mengatakan bahwa figur Muhammad Rudi memiliki rekam jejak yang luar biasa.

"Perkembangan infrastruktur Batam begitu pesat. Ini yang menjadi harapan besar kami agar pembangunan di Provinsi Kepri bisa merata di tangan Pak Rudi nanti," ungkapnya.

Di sisi lain, Hakim menyebut jika Muhammad Rudi merupakan bagian dari Viking Provinsi Kepri. Sehingga, kemenangan Muhammad Rudi di Pilgub Kepri nanti sudah menjadi tanggung jawab seluruh anggota dan pengurus Viking yang ada.

"Sudah sepantasnya kami dari Viking Bintan Island untuk mendukung beliau untuk menjadi Kepri 1," pungkasnya.

'Pemuda Karimun Idolakan HMR karena berprestasi dan visioner'

Pemuda Karimun yang tergabung dalam Persatuan Pemuda Meral (Pameral) dan Hulubalang Junjung Negeri (HJN) Kecamatan Meral mendeklarasikan dukungan untuk H Muhammad Rudi sebagai Calon Gubernur Kepri 2024 nanti.

Ketua Pameral, Rusdi mengatakan, H Muhammad Rudi merupakan figur yang berprestasi selama memimpin jalannya roda pemerintahan di Kota Batam.

Di tangan Muhammad Rudi, lanjut Rusdi, Batam berkembang pesat sebagai Kota Baru yang mampu menarik minat investor.

“Prestasi Pak Rudi ini merupakan modal penting untuk Provinsi Kepri ke depan. Sosoknya yang berani dan visioner cocok untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Kepri,” tegas Rusdi, Senin (22/4/2024).

Senada, Sekjen Pameral, M Abdul Yazid mengatakan, H Muhammad Rudi menjadi harapan baru untuk Provinsi Kepri agar lebih maju dari segi ekonomi dan pengembangan industri. Khususnya di sektor jasa, manufaktur dan pariwisata.

Yazid yakin, pengalaman H Muhammad Rudi selama memimpin Pemerintah Kota Batam dan BP Batam adalah modal yang luar biasa bagi perkembangan Kepri ke depannya.

“Kita ingin, pertumbuhan ekonomi dan pengembangan infrastruktur di Karimun dan daerah lainnya bisa seperti Batam hari ini. Tentu membutuhkan pemimpin yang berprestasi dan visioner,” ungkapnya kepada awak media.

Di samping itu, Yazid juga menyayangkan isu-isu miring yang berhembus guna menyudutkan H Muhammad Rudi. Khususnya ihwal pengembangan Pulau Rempang yang menjadi kebijakan pemerintah pusat melalui BP Batam.

“Kita harus lebih cermat dalam menyerap informasi. Kalau belum tahu detail terkait kebijakan yang ada, jangan langsung menyebarkannya sebagai fitnah yang dapat merugikan,” tambah Yazid.

Datok Setie Amanah atau Sekjen Hulubalang Junjung Negeri (HJN) Kecamatan Meral, Richiy Brantasona juga mengatakan demikian.

Menurut Richiy, masyarakat Kepri harus lebih cermat dan teliti dalam mencerna informasi jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepri 2024.

“Kita tidak ingin, masyarakat terpecah belah. Kroscek kebenaran informasi yang beredar di media sosial, jangan sampai malah saling tuding sehingga merugikan diri sendiri,” tegas Richiy.

Ia mengatakan, HJN siap untuk mendukung perjuangan H Muhammad Rudi sebagai Calon Gubernur Kepri 2024.

“Kami siap mengawal agar Pak Rudi bisa menjadi pemimpin Kepri selanjutnya. Semoga Kepri bisa lebih maju dalam sisi ekonomi,” pungkasnya.

Persatuan Keluarga Flores ingin HMR jadi GubKepri

Persatuan Keluarga Flores Provinsi Kepulauan Riau memberikan amanat kepada HM Rudi untuk bertarung di Pemilihan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau 2024-2029.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua Persatuan Keluarga Flores Provinsi Kepulauan Riau, Ignatius Toka Solly, S.H.

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, serta pertolongan para leluhur keluarga besar Flores Provinsi Kepulauan Riau menyatakan dalam satu hati, satu pikiran satu jiwa, satu roh, satu kekuatan dengan secara totalitas loyalitas dan solidaritas mengutus kakak Haji Muhammad Rudi untuk menjadi gubernur provinsi Kepulauan Riau 2024-2029,”

“Kedua, kami menghimbau seluruh kaum keluarga besar flores Provinsi Kepulauan Riau dari 7 kabupaten dan kota untuk bersama satu barisan memperjuangkan dan memenangkan kakak Haji Muhammad Rudi menjadi gubernur provinsi Kepulauan Riau periode 2024 2029,” tegas Ignatius Toka Solly, S.H

Ignatius berharap para paguyuban yang berbeda PKF NTT yang berada di tujuh Kabupaten atau Kota untuk bisa memperjuangkan Kakak HM Rudi untuk menjadi Gubernur Provinsi Kepulauan Riau.

“Ini sudah merupakan suara rahimnya Flores, karena itu mari kita satukan hati, satu rasa dan satu perasaan. Sebagai orang yang memiliki adat, tidak boleh menjadi seorang pengkhianat dan pecundang, sebab Kakak HM Rudi telah dinobatkan menjadi anak cucu turunan dan keluarga besar orang Flores.

“Mari kita Satu Hati Satu Rasa satu perasaan satu jiwa satu kekuatan satu roh di atas bumi segantang lada di atas pijakan tanah bertuah ini semoga kakak Haji Muhammad Rudi menjadi pemimpin Kepri ke depan,”tegasnya

Diamanatkan nya HM Rudi, lanjut Ignatius berdasarkan hasil pertemuan secara maraton oleh 12 kepala suku FKP Provinsi Kepulauan Riau, dimana pertemuan pertama digelar 11 maret dan pertemuan kedua pada 17 maret 2024.

12 kepala suku dalam PKF dalam rumah besar PKF Provinsi Kepulauan Riau, terdiri dari Ikatan Keluarga Lembata, Keluarga besar Florestimur, Ikatan Keluarga Besar Maumere, Ikatan Keluarga Besar Lio Ende, Ikatan Keluarga Maumere, Paguyuban Nagekeo, Persatu Keluarga Ngada Bajawa, Himpunan Canai Manggarai, Persatu Orang Timur, Persatuan Belu Malaka, Persatuan Keluarkan Sumba, dan Persatuan Keluarga Alor.

“Ini adalah keputusan para pemangku adat, para ketua ketua suku, para sesepuh-suku di tataran pimpinan. Setelah mengamanatkan Kaka HM Rudi, kami berencana akan mendeklarasi amanat ini dengan menghadirkan seluruh keluarga besar flores Provinsi Kepri dengan kita mengundang kakak HM Rudi."

“Kita akan mengkoordinasikan supaya di tengah kesibukannya beliau Kaka HM Rudi untuk bisa hadir di tengah deklarasi besar itu. Harapan Kita kepada kakak HM Rudi bisa hadir ditengah-tengah Kesibukan beliau,” tutupnya. (*)

Tags : H Muhammad Rudi, Walikota Batam, HMR dapt Dukungan Sangat Deras, Pilgub Kepri 2024, Muhammad Rudi Berpeluang Kalahkan Petahana,