Riau   2023/02/11 13:8 WIB

Asita Apresisasi Penerbitan Event Pariwisata 2023, 'yang Diharap Bisa Dongkrak Wisatawan ke Riau'

Asita Apresisasi Penerbitan Event Pariwisata 2023, 'yang Diharap Bisa Dongkrak Wisatawan ke Riau'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau mengapresiasi peluncuran Event Pariwisata 2023 Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau pada Jumat 10 Februari 2023.

"Asita Riau apresisasi peluncuran Event Pariwisata 2023."

"Kita berharap peluncuran Event Pariwisata 2023 ini bisa mendongkrak kunjungan wisata ke Riau. Karena ada 600 peserta dari seluruh kabupaten kota di Riau, bahkan luar provinsi juga akan hadir," kata Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah, pada media, Jumat.

Ia mengapresiasi Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau meluncurkan Kalender Event Pariwisata 2023.

Apalagi Asita Run 2023 meramaikan lebih dari 100 102 event bakal digelar di daerah dengan julukan “Riau The Homeland of Melayu” itu.

Peluncuran Kalender Event Pariwisata Riau 2023 mengusung tema “Riau Berkisah Retropolis”.

"Semoga pariwisata Riau bisa bangkit dan terus tumbuh. Serta Asita Run juga berdampak ke berbagai sektor, khususnya bagi pelaku usaha yang ada di Kota Pekanbaru dan sekitar," harapnya.

Asita Run 2023 akan start di Purna MTQ Kota Pekanbaru. Dengan dua kategori yaitu Fun Run 5,2 Km dan Road Run 15 Km.

Sebagai informasi, ada 10 top event unggulan di antara 102 event pariwisata Riau itu. 10 event tersebut yakni Januari 2023 ada Festival Perang Air (Cian Cui) di Kabupaten Kepulauan Meranti. Lalu, Festival Subayang di Desa Gema, Kabupaten Kampar pada Maret mendatang.

Lalu, April ada Festival Lampu Colok dan Festival Rupat pada Mei di Kabupaten Bengkalis. Pada Juli ada Festival Bakar Tongkang di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir. Lalu, Pacu Jalur yang akan digelar di Tepian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi pada Agustus 2023.

Kemudian September bakal ada event Kenduri Riau di Kota Pekanbaru. Selanjutnya pada Oktober ada event Siak Bermadah di Kabupaten Siak. Lalu November Bono Surfing atau Bekudo Bono di Kabupaten Pelalawan dan Tour de Siak di Kabupaten Siak pada Desember.

Proses kurasi 10 top event dikurasi oleh tim kurator dari Dispar Riau. Di mana event tersebut memenuhi standart economic value, cultural value dan media value. (*)

Tags : Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies, Asita Riau Apresiasi Dispar, Peluncuran Event Pariwisata 2023 Riau,