Riau   2023/11/04 9:12 WIB

ASN yang Hadapi Masa Pensiun Tetap Jaga Kesehatan dan Terus Aktif Berkegiatan, 'Agar Terhindar dari Penyakit Mematikan'

ASN yang Hadapi Masa Pensiun Tetap Jaga Kesehatan dan Terus Aktif Berkegiatan, 'Agar Terhindar dari Penyakit Mematikan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengingatkan para pensiunan untuk aktif dalam kegiatan yang bermanfaat, tetap jaga kesehatan selama masa pensiun.

"ASN yang hadapi masa pensiun tetap jaga kesehatan dan terus aktif berkegiatan."

"Setelah pensiun, kita harus memiliki kegiatan. Tidak perlu khawatir setelah pensiun, asalkan ada kegiatan, itu yang baik dan akan menjaga kesehatan kita," kata Gubri Syamsuar yang baru saja mengakhiri dan mengundurkan diri dari masa jabatannya pada Jumat 10 November 2023 kemarin.

Ia memberikan Surat Keputusan (SK) Pensiun kepada 65 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Riau. Kegiatan ini berlangsung di Ballroom Dang Merdu Bank Riau Kepri Syariah.

Menurutnya, para pensiunan memiliki banyak opsi kegiatan yang dapat mereka ikuti. Termasuk terlibat dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ia memperhatikan pertumbuhan UMKM yang pesat di Kota Pekanbaru dan meyakini bahwa pensiunan juga bisa berperan.

Syamsuar menambahkan bahwa para pensiunan sebelumnya telah mendapatkan pembekalan dari berbagai pihak, termasuk Taspen. Sehingga mereka memiliki keterampilan yang cukup untuk melibatkan diri dalam berbagai kegiatan.

Sebagai pensiunan, Ia menganjurkan tetap mengisi waktunya dengan berbagai aktivitas dan kegiatan.

Baginya, setelah lama bekerja, berhenti tanpa ada kegiatan bisa membuat tubuh tidak nyaman dan menyebabkan penyakit.

Ia juga mendorong para pensiunan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan mengembangkan keahlian mereka.

"Kitakan sudah lama bekerja, kalau tiba-tiba berhenti itu bukan enak, mala penyakit yang datang, hanya main dengan cucu, makan, dan salat. Kalau pensiun tidak ada kegiatan atau kesibukan, maka yang datang penyakit," sebutnya.

Pesan itu menjadi pengingat penting bagi para pensiunan untuk tetap aktif, terlibat dalam kegiatan bermanfaat, dan menjaga kesehatan selama masa pensiun mereka. 

Sementara jumlah PNS yang memasuki pensiunan sebanyak 65 yang teleah menerima SK. Gubernur Riau, Syamsuar memberikan Surat Keputusan (SK) Pensiun kepada 65 orang di Ballroom Menara Dang Merdu BRK Syariah, Pekanbaru.

Gubernur Syamsuar memberikan ucapan selamat kepada para penerima SK Pensiun dan memberikan pesan yang sangat relevan.

Gubernur Syamsuar mengingatkan para pensiunan untuk terus mendarmabaktikan diri dan mengabdi kepada masyarakat, meskipun sudah memasuki masa pensiun.

Menurutnya, menjalani kegiatan setelah pensiun adalah kunci agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

"Setelah pensiun kita musti ada kegiatan. Kita kalau sudah pensiun tidak perlu risau. Kita tidak risau tapi ada kegiatan, itulah yang baik dan menyehatkan untuk diri kita," ucapnya.

Gubernur Syamsuar juga mengungkapkan harapannya agar para penerima SK pensiun hari ini tetap diberikan kesehatan dan mendapatkan balasan yang setimpal dari Yang Maha Kuasa atas kinerjanya selama bertugas dalam membangun negeri.

"Selamat kepada bapak ibu yang telah menerima SK pensiun hari ini, walaupun kita pensiun kita tetap bisa mengabdi kepada masyarakat minimal pada kegiatan-kegiatan sosial," tuturnya.

Selain penyerahan SK Pensiun, para pensiunan juga akan mendapatkan pembekalan dan sosialisasi tentang layanan kepegawaian pensiun, layanan Taspen, dan layanan perbankan bagi PNS Pemprovinsi Riau yang mencapai BUP.

Acara ini menjadi momen penting bagi para pensiunan yang telah berkontribusi dalam membangun Riau, dan pesan dari Gubernur Syamsuar mengingatkan mereka untuk tetap aktif dan berguna bagi masyarakat. (*)

Tags : aparatur sipil negara, asn hadapi pensiun, pensiunan pns tetap jaga kesehatan, asn pensiun terus aktif berkegiatan,