Headline Pekanbaru   2022/04/04 12:50 WIB

Awal Ramadhan Aneka Makanan Takjil Ditawarkan, 'Pedagang Mulai Banjiri Jalan'

 Awal Ramadhan Aneka Makanan Takjil Ditawarkan, 'Pedagang Mulai Banjiri Jalan'

PEKANBARU - Sama seperti bulan Ramadan tahun –tahun sebelumnya, para pedagang makanan untuk berbuka puasa atau takjil mulai membanjiri jalan protokol di Kota Pekanbaru.

Berdasarkan pantauan di sejumlah jalan protokol di Kota ini, mulai hari pertama Ramadhan, terlihat pedagang menjajakan dagangannya mulai pukul 14.30 WIB, seperti di Jalan Hangtuah, Jenderal Sudirman, Jalan Paus dan Jalan Suekarno Hatta.

Pedagang takjil musiman ini menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa seperti kolak pisang, es buah serta sayur matang.

Sari (40) pedagang takjil di Jalan Soekarno Hatta (Simpat Empat Arengka) mengatakan, sudah dua tahun setiap Ramadhan berdagang di sana, karena keuntungannya cukup menggiurkan.

"Tahun lalu saya pun berdagang di sini, warga yang membeli kebanyakan dari kalangan pegawai yang baru saja keluar kantor pada pukul 15.00 WIB," kata dia.

Dia mengatakan, dirinya menjual berbagai macam menu makanan berbuka seperti kolak pisang, empek-empek dan es buah.

Ia mengatakan, harga yang ditawarkan pun relatif murah dari Rp7.000 hingga Rp10.000 per porsi.

Hal senada disampaikan pedagang lainnya di seputaran Jalan Paus. "Saya berjualan sayur matang sudah sejak tiga tahun lalu setiap puasa, minimal pembelian Rp8.000 ribu," kata Rima (43).

Keuntungan yang didapatnya, selama satu hari relatif tidak bisa ditentukan, akan tetapi pada hari pertama memang cenderung sepi dan lebih ramai pada hari kedua. Selain di jalan protokol, sejumlah pedagang memadati pasar tradisional. 

Terlihat pada hari pertama puasa pasar Ramadan mulai bermunculan sejumlah pedagang takjil mulai ramai berjualan di pinggir jalan.

Pedagang takjil hampir ditemukan di sepanjang Jalan HR Soebrantas, Arifin Achmad, Cipta Karya, Suka Karya, dan Soekarno-Hatta.

Pedagang takjil dan makanan siap santap di Jalan HR Soebrantas mengaku baru buka hari ini. Namun, jajanan yang disajikannya sudah banyak dilirik pelanggan.

"Hari ini baru buka, karena kan puasa baru mulai hari ini," kata Rima lagi.

Ia menjajakan dagangannya mulai pukul 14.00 WIB hingga waktu buka puasa. "Semoga bisa laris manis, aamiin," harapnya. (rp.elf/*)

Tags : Ramadhan 1443 Hijriyah, Ramadhan 2022, Ramadhan di Pekanbaru, Pedagang Tawarkan Aneka Makanan Takjil, Pedagang Mulai Banjiri Jalan,