Riau   2024/02/22 16:59 WIB

Balai Pelaksana Jalan Nasional Mulai Tangani Jalan Longsor Lintas Riau-Sumbar di Kuansing 

Balai Pelaksana Jalan Nasional Mulai Tangani Jalan Longsor Lintas Riau-Sumbar di Kuansing 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Jalan longsor di Bukit Batabuh, Kuansing mulai ditangani Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau.

"BPJN Riau mulai tangani jalan longsor." 

“Saat ini masih dilakukan penangangan darurat, yakni dengan melakukan pelebaran badan jalan ke arah lereng atas dan penutupan bidang longsor dengan terpal untuk mencegah/m atau mengurangi erosi akibat aliran air dan hujan,” kata Kepala BPJN Riau Yohanis Tulak. didepan media, Kamis (22/2).

Jalan lintas yang menghubungkan antar kabupaten di Riau dan juga Provinsi Riau-Sumatera Barat (Sumbar) itu serig terjadi longsor khususnya di Kawasan Bukit Batabuh, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kuantan Singingi (Kuansing).

Ia menyebut hingga saat ini masih berjalan penanganan darurat dan pengaturan lalu lintas di lokasi. Di mana pihaknya sudah menurunkan personel, alat dan bahan sejak kejadian longsor pada Minggu 18 Februari 2024 di Km 199 ruas jalan Pekanbaru-Kabupatan Kuansing-Batas Sumbar.

Namun penangangan yang dilakukan tersebut sifatnya hanya sementara. Dimana, selanjutnya pihaknya akan melakukan penyelidikan tanah untuk desain struktur perkuatan tebing dan badan jalan.

“Setelah penangangan darurat, kami akan melakukan penyelidikan tanah disekitar lokasi untuk mengetahui struktur perbuatan tebingnya,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melintas untuk dapat mematuhi pengaturan lalu lintas. Karena saat ini sedang dilakukan pekerjaan perbaikan jalan.

“Diimbau dan mohon pengertian masyarakat pengguna jalan supaya mematuhi pengaturan lalu lintas pada koridor ruas jalan yang mengalami longsor, selama masa penanganan serta tetap berhati hati dalam berlalu lintas,” imbaunya. (*)

Tags : Balai Pelaksana Jalan Nasional Mulai Tangani Jalan Longsor Lintas Riau-Sumbar di Kuansing ,