News Kota   2022/09/13 16:10 WIB

Bandara SSK II Pekanbaru Kembali Layani Penerbangan Internasional

Bandara SSK II Pekanbaru Kembali Layani Penerbangan Internasional

PEKANBARU - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru kembali melayani penerbangan internasional reguler setelah sempat ditutup akibat pandemi.

"Bandara SSK II Pekanbaru kembali layani penerbangan Internasional."

"Penerbangan Internasional Batik Air Malaysia dengan nomor penerbangan OD310 ini mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru dari Melaka pada pukul 12.20 WIB yang membawa sebanyak 46 penumpang," kata Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, M Hendra Irawan pada media, Senin (12/9).

Beroperasi kembali rute internasional dimulai oleh maskapai Batik Air Malaysia yang melayani rute Melaka-Pekanbaru-Melaka.

Penerbangan reguler internasional tersebut merupakan yang pertama dilayani Bandara SSK II Pekanbaru usai ditetapkan menjadi salah satu entry point internasional berdasarkan SE Satgas Covid-19 No.25 Tahun 2022 dan SE Kemenhub Nomor 88 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi.

PT Angkasa Pura II menyambut baik beroperasinya kembali penerbangan rute Internasional reguler dari Batik Air Malaysia yang menghubungkan Pekanbaru dengan Melaka.

"Kami berharap rute penerbangan internasional lainnya dapat beroperasi kembali mengingat sejak ditetapkannya sebagai salah satu entry point internasional, Bandara SSK II Pekanbaru baru melayani penerbangan charter," sebut Hendra Irawan.

Irawan juga mengapresiasi dan terimakasih atas terjalinnya komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh stakeholder meliputi Airnav Indonesia, maskapai, Kantor Imigrasi, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru, Karantina Pertanian, Karantina Ikan, Diskes Riau dan Diskes Kota Pekanbaru.

"Sehingga standar keamanan, keselamatan dan pelayanan serta penerapan protokol kesehatan selama pandemi sesuai ketentuan PPLN terbaru dapat terpenuhi dan operasional di lapangan dapat berjalan dengan lancar," ucapnya.

Station Manager Lion Pekanbaru, Dendra Ramadhan mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung sehingga rute internasional MKZ-PKU-MKZ dapat kembali beroperasi.

"Alhamdulillah antusias dari masyarakat kita di Pekanbaru dan sekitarnya sangat baik atas dibukanya penerbangan ini, yang ditandai dengan jumlah penumpang yang cukup banyak yaitu dari Melaka sebanyak 46 orang dan dari Pekanbaru sebanyak 63 orang," sebut Dendra.

"Dengan mulai terbang perdananya Batik Malaysia hari ini, kami juga berharap semoga penerbangan internasional bisa terus berkelanjutan dan bisa bertambah lagi destinasi internasional lainnya," pungkasnya. (*)

Tags : Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara SSK II Kembali Buka Penerbangan Internasional,