News Kota   2022/10/04 17:44 WIB

Bandara SSK II Tambah Rute Penerbangan Internasional ke Kuala Lumpur dan Singapura

Bandara SSK II Tambah Rute Penerbangan Internasional ke Kuala Lumpur dan Singapura

PEKANBARU- Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru kembali menambah layanan rute penerbangan internasional untuk tujuan Kuala Lumpur PP dan Singapura.

"Penerbangan internasional dioperasikan kembali dari Kuala Lumpur dan Singapura."

"Seiring dengan dioperasikannya kembali penerbangan langsung internasional Kuala Lumpur dan Singapura menunjukkan transportasi udara kembali bergairah," kata M. Hendra Irawan selaku EGM Bandara SSK II Pekanbaru pada media, Selasa (4/10).

Ini ditandai dengan penerbangan perdana dari maskapai Air Asia dengan nomor penerbangan AK-427 ini mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru dari Kuala Lumpur pada pukul 07.25 WIB dengan membawa sebanyak 135 penumpang,

M. Hendra Irawan mengatakan kedatangan 135 penumpang itu disambut oleh prosesi water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru.

Penumpang yang datang juga disambut dengan pemberian souvenir dari pihak maskapai dan pemberian cenderamata oleh EGM Bandara SSK II M Hendra Irawan kepada crew Air Asia.

Selain menambah pilihan penerbangan bagi masyarakat yang akan berpergian ke Kuala Lumpur, PT Angkasa Pura II juga berharap penerbangan tersebut akan menjadi bagian dari percepatan pemulihan konektivitas jalur udara antara Indonesia dan Malaysia secara umum dan antara Pekanbaru dan Kuala Lumpur secara khusus dalam rangka mendukung pertumbuhan pariwisata khususnya peningkatan wisatawan mancanegara asal Malaysia.

"Setelah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru, pesawat Malaysia Airlines tersebut berangkat kembali ke Kuala Lumpur dengan membawa 138 penumpang menggunakan nomor penerbangan AK-426 pada pukul 08.00 WIB," ujarnya. 

Begitupun maskapai Singapura juga akan membuka kembali rute penerbangan ke Pekanbaru.

Penerbangan langsung Pekanbaru-Singapura akan dibuka kembali.

Hal ini menyusul sudah dibuka penerbangan internasional di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Penerbangan internasional internasional lebih dulu dibuka sejumlah maskapai dengan tujuan Kuala Lumpur dan Melaka, Malaysia. Kali ini dikabarkan maskapai Scoot bakal buka kembali rute dari Singapura ke Pekanbaru.

Menurut Hendra Irawan, maskapai asal Singapura itu akan membuka rute penerbangan dari Bandar Changi Singapura ke Bandara SSK II Pekanbaru mulai 24 Oktober mendatang.

"Insyaallah, rencananya 24 atau 27 Oktober," ujar M Hendra Irawan.

Pasca pembatasan akibat covid-19, ada tiga maskapai internasional yang sudah membuka rute penerbangan langsung ke Bandara SSK II Pekanbaru.

"Yaitu Batik Air Malaysia dengan rute Pekanbaru-Melaka, kemudian Malaysia Airlines dengan rute Pekanbaru-Kuala Lumpur dan Air Asia dengan rute penerbangan Pekanbaru-Kuala lumpur," ujarnya. (*)

Tags : Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara SSK II Tambah Rute Penerbangan Internasional, Rute Penerbangan Kuala Lumpur dan Singapura, News Kota,