News   2023/12/26 23:7 WIB

Banjir Sudah Landa Delapan Daerah, BPBD Edy Afrizal: 4 Kabupaten Sudah Minta Logistik

Banjir Sudah Landa Delapan Daerah, BPBD Edy Afrizal: 4 Kabupaten Sudah Minta Logistik

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Riau memperkirakan banjir sudah melanda delapan daerah.

"Banjir melanda dibeberapa daerah sudah minta bantuan logistik."

"Bantuan yang sudah kita kirim ke Kuansing, bengkalis, Rohul dan kampar," kata Kalaksa BPBD Riau, Edy Afrizal, Selasa (26/12).

Banjir melanda delapan daerah di Provinsi Riau, yakni Kabupaten Kampar, Kuansing, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Inhu, Rohul dan Kota Dumai. Dalam menghadapi situasi ini, BPBD Riau telah mengambil langkah cepat.

Edy Afrizal mengungkapkan, dari delapan daerah yang terkena banjir, empat di antaranya telah mengajukan permohonan bantuan logistik, terutama makanan.

Bantuan yang dikirim disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah. Sebagai contoh, untuk Kuansing, bantuan mencakup gula 100 kg, 96 kaleng sarden, 48 liter minyak goreng, 100 lembar selimut, 100 lembar kain sarung, 100 goedie bag, 408 pcs sabun cair, dan 432 pcs sabun batang.

Edy Afrizal menyatakan, BPBD Riau terus berkomunikasi dengan daerah terkait untuk memastikan bantuan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Mungkin daerah yang belum mengajukan berarti masih bisa ditangani sendiri. Tapi kita masih lakukan komunikasi. Ini upaya kita jemput bola," ujarnya.

Edy Afrizal menegaskan, personel BPBD Riau sudah siap siaga, dan jika dibutuhkan, mereka siap diterjunkan ke lokasi banjir untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Situasi ini menggarisbawahi koordinasi dan kesiapan pihak berwenang dalam merespons bencana alam yang melibatkan partisipasi aktif seluruh pihak terkait. (*)

Tags : banjir, riau dilanda banjir, delapan daerah dilanda banjir, empat kabupaten di riau mintan bantuan logistik, News,