Pekanbaru   2023/04/10 14:17 WIB

Bank Syariah Indonesia Berkolaborasi dengan Masjid Al Falah Gelar Gema Ramadan 2023 

Bank Syariah Indonesia Berkolaborasi dengan Masjid Al Falah Gelar Gema Ramadan 2023 
Prosesi Potong pita pembukaan event BSI Gema Ramadan di Masjid Al Falah Pekanbaru oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution.(foto: istimewa)

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) Area Pekanbaru menggelar kegiatan BSI Gema Ramadan 1444 Hijriah sebagai upaya untuk menyemarakkan bulan penuh berkah sekaligus meningkatkan literasi dan inklusi perbankan syariah di Indonesia.

BSI berkolaborasi dengan Masjid Raya maupun Masjid yang berada di lingkungan instansi dari nasabah BSI di seluruh Indonesia untuk lebih mengembangkan Islamic Ecosystem.

Untuk di daerah Kota Pekanbaru, BSI Area Pekanbaru menggelar Gema Ramadan di Masjid Al Falah, Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru, yang diisi dengan tabligh akbar, baazar UMKM dan kuliner, lomba Ramadan, kegiatan sosial dan BSI open booth activity.

Area Manager BSI Pekanbaru, Jessi Rachmat Mulya menyebutkan, BSI Gema Ramadan 1444 H merupakan upaya BSI dalam meningkatkan kinerja bisnis sekaligus melakukan literasi dan inklusi perbankan juga mendorong transaksi syariah selama bulan Ramadan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong transaksi UMKM selama Ramadan.

BSI Gema Ramadan 1444 H dibuka di Masjid Raya Istiqlal, Jakarta dan dilanjutkan di masjid-masjid lain di sejumlah kota di Indonesia seperti Aceh, Pekanbaru, Batam, Pematang Siantar, Palembang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya, Samarinda, dan Makassar.

Selain tabligh akbar, acara tersebut juga dimeriahkan dengan baazar UMKM dan kuliner, lomba Ramadhan, kegiatan sosial, dan BSI open booth activity.

"Acara BSI gema Ramadan 1444 H ini adalah upaya BSI untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan perbankan syariah. Ini juga sekaligus menjadi literasi pada masyarakat bahwa sekarang untuk melakukan pembayaran zakat, infaq dan sedekah bisa melalui BSI mobile," kata Jessi, Kamis (6/4/2023).

Jessi menyebut, keberadaan masjid saat ini bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga telah berkembang menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, Jessi mengajak masyarakat untuk ikut serta meramaikan acara BSI Gema Ramadan 1444 H.

"Manfaat yang bisa didapat oleh masyarakat antara lain memberikan fasilitas jasa keuangan syariah, literasi amaliah Ramadan lewat kegiatan tabligh akbar dan kajian Ramadan, santunan anak yatim, dan berbagi takjil. Juga ada tempat pusat kegiatan Ramadan seperti bazar UMKM," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) H Edy Afrizal Natar Nasution yang secara resmi membuka kegiatan BSI Gema Ramadan 1444 H di Masjid Al Falah Pekanbaru berharap BSI dapat melaksanakan kegiatan ini setiap bulan Ramadan.

"Dengan adanya kegiatan gema Ramadan ini mendorong lebih dari 20 UMKM di sekitar area masjid Al Falah untuk tumbuh," ucap Edy Natar.

Tercatat sepanjang acara berlangsung transaksi menggunakan BSI di area ini didominasi oleh penggunaan merchant QRIS maupun tunai. Sebanyak 20 booth ikut berpartisipasi memeriahkan Gema Ramadan di kota ini.

Dalam kesempatan ini, BSI juga memberikan bantuan operasional masjid sebesar Rp30 juta yang diterima langsung oleh H Muhammad Dadang Antoni selaku ketua pengurus Masjid Al Falah.

Rangkaian kegiatan BSI Gema Ramadhan 1444 H juga dilakukan di Masjid Raya pada kota-kota besar di Indonesia, yaitu Masjid Oman Al Makmur (Aceh), Masjid Raya Pematang Siantar (Pematang Siantar), Masjid Nurul Islam (Batam) dan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang).

Kemudian, Masjid Islamic Center Rajabasa (Lampung), Masjid Salman ITB (Bandung), Masjid Baiturrahman Simpang Lima (Semarang), Masjid Al Akbar (Surabaya), Masjid Islamic Center Samarinda (Samarinda) dan Masjid Al Markaz (Makassar).(rilis)

Tags : pt bank syariah indonesia, bsi berkolaborasi dengan masjid al falah, bsi dan masjid al falah gelar gema ramadan 2023, pekanbaru ,