Pekanbaru   2024/02/19 10:56 WIB

Pemilik KTP Luar Riau Banyak yang Ikut Nyoblos di TPS Warga, 'Jadi Buat Pemungutan Suara Ulang'

Pemilik KTP Luar Riau Banyak yang Ikut Nyoblos di TPS Warga, 'Jadi Buat Pemungutan Suara Ulang'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Ilham Muhammad Yasir, mengungkap ada 14 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Riau yang berpotensi dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

"Banyak pemilih KTP di luar Riau ikut nyoblos di TPS."

"Soal Pemungutan suara ulang, dari hasil pendataan terakhir ada 14 TPS. Di Bengkalis 3, kemudian Meranti 1, di Rohil 1, Inhil 1, Siak 1, kemudian di Dumai 6 TPS," kata Ilham Muhammad Yasir, Jumat (16/2).

"Sementara pemilih yang bukan KTP Riau tetapi ikut memilih juga terjadi di TPS 059 di lingkungan RT03/RW02 Kelurahan Sidomulio Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru."  

Menurutnya, hal itu dikarenakan adanya beberapa kesalahan prosedur, baik kesalahan dari pemilih maupun kesalahan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Adapun 14 TPS yang akan melakukan pemungutan suara ulang tersebut tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Hasil kajian pengawas TPS dan KPPS pun, lanjut Ilham, telah masuk dan sudah disampaikan secara berjenjang kepada kabupaten/kota.

"Nanti kabupaten/kota menelaah, kalau memang benar unsur-unsurnya maka diplenokan. Hari ini pleno, besok (Sabtu, 17 Februari 2024) sudah bisa dijadwalkan pemungutan suara ulang," ujarnya.

Ilham menambahkan beberapa penyebab PSU diantaranya ada pemilih yang mencoblos dua kali dan ada pula pemilih dengan KTP luar Riau namun memaksa memilih di Riau.

"KTP di luar Riau kan tidak boleh mencoblos di Riau, kecuali dia mengurus pindah. Nah ini yang paling banyak kasusnya," jelas Ilham.

"Mereka memaksa-maksa untuk memilih sehingga berkonfliklah dengan KPPS, lalu petugas KPPS memilih mengalah dengan pemahaman bahwa tidak akan jadi masalah. Tapi ini kan salah sebenarnya, karena pemilih dari luar Riau tidak boleh memilih di Riau," sambungnya. (*)

Tags : pemilu 2024, pekanbaru, pemilih di luar riau ikut nyoblos di TPS, pemilu 2024 akan dilakukan pemungutan suara ulang,